Agar : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: May 10, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 220.051 orang

Agar merupakan zat berbentuk jelly yang biasa didapat dari ganggang laut. Agar atau biasa disebut kanten, merupakan suplemen diet yang cukup populer di Jepang.

Zat ini dipercaya memiliki nutrici yang cukup kaya didalamnya, bahkan Agar mengandung level nutrisi yang lebih tinggi dibanding makanan-makanan lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Namun level nutrisi yang dimiliki oleh setiap zat Agar tidaklah sama. Tergantung dari tempat dimana ganggang laut tersebut dibudidayakan, maka nutrisi yang didapatkanpun cukup beragam.

Agar juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat dental impression dan dapat juga difungsikan sebagai pengemulsi, gel, suspensi, dan hydrophilic suppositories.

Manfaat penggunaan Agar

Anda dapat mengkonsumsi Agar dalam bentuk suplemen siap minum untuk menangani :

  1. Obesitas
  2. Diabetes
  3. Konstipasi

Pengkonsumsian zat dari tanaman herbal ini dipercaya dapat membantu bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Karena kandungannnya yang kaya akan vitamin dan mineral, namun memiliki kadar lemak yang rendah, menjadikannya makanan diet yang sangat tepat.

Dosis penggunaan Agar

Dalam penggunaan secara umum, dosis yang direkomendasikan ialah 4 sampai dengan 16 gram Agar sebanya satu atau dua kali sehari, diminum dengan 250 millimeter air.

Bagi Anda yang ingin mengkonsumsi dalam bentuk bubuk, dosis yang dapat kami rekomendasikan ialah 2 sendok teh bubuk Agar diminum dengan 8 ons air sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Sebagai sarana untuk menangani diabet, dosis yang direkomendasikan ialah Anda menggunakan gel Agar sebanyak 180 gram sehari diikuti dengan rutinitas makan malam selama 4 minggu.

Untuk anak-anak yang mengalami penyakit kuning, Anda dapat mencampurkan zat Agar sebanyak 2,600 sampai dengan 16,000 miligram kedalam susu yang akan diminum. Dibagi menjadi 4 sampai dengan 8 dosis yang dibedakan sesuai kebutuhan anak tersebut.

Namun sejatinya dosis penggunaan Agar yang paling tepat untuk Anda hanya dapat diperoleh melalui pertimbangan yang diberikan dari dokter professional berupa perhitungan dari umur, kesehatan, dan kondisi lain yang dimiliki oleh tubuh Anda.

Hindari penggunaan Agar kepada ibu hamil dan juga ibu yang sedang dalam tahap menyusui buah hatinya. Karena belum ada bukti penelitian lebih lanjut tentang efeknya terhadap mereka.

Efek samping penggunaan Agar

Agar jika digunakan dengan tepat dan melalui pengawasan medis profesionnal tentu akan menjadi berkat bagi tubuh Anda. Meskipun begitu, tetap ada efek samping yang dapat Anda alami akibat satu alasan atau lain.

Berikut merupakan beberapa efek samping yang dapat terjadi kepada Anda yang mengkonsumsi zat ini :

  1. Penyumbatan di usus
  2. Gangguan dalam menelan

Kedua gangguan diatas biasa timbul akibat Agar yang Anda konsumsi tidak dibarengi dengan jumlah air yang cukup.

Karena kurangnya jumlah air, Agar yang Anda telan akan membesar dan menutup saluran pencernaan baik di usus maupun esofagus, yang akhirnya menyebabkan pembengkakan.

Perhatian dan peringatan

Perlu Anda ingat kembali bahwa penggunaan Agar meskipun sudah dinilai aman, jika digunakan tanpa pengawasan profesional dapat membawa efek buruk terhadap kondisi tubuh Anda. Oleh karena itu, carilah ahli maupun profesionnal sebagai pembimbing dalam pengkonsumsian herbal ini.

Ada beberapa ketakutan bahwa pengkonsumsian Agar maupun suplemen diet lainnya dapat meningkatkan resikon kanker kolon. Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah beresiko mengalaminya, ada baiknya untuk menghindari pengkonsumsian suplemen jenis ini.

Serta setelah penggunaan dari Agar, jika terjadi perburukan kondisi dari penyakit yang Anda alami. Segera konsultasikan kembali dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp