Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Adlyxin : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 17, 2019 Tinjau pada SEP 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 759.738 orang

Bagi para penderita diabetes, pengobatan sudah dapat dilakukan dengan mudah dan aman, hal ini dikarenakan penderita diabetes membutuhkan bantuan untuk memproduksi insulin dengan lebih efisien. Jika Anda atau kerabat Anda menderita diabetes tipe 2, adlyxin bisa dijadikan salah satu pilihan untuk pengobatan. Apa itu adlyxin dan bagaimana penggunaannya? Apakah aman? Berikut penjelasan lebih lanjut!

Pengertian Adlyxin

Adlyxin merupakan salah satu jenis obat suntik yang digunakan untuk membantu penderita diabetes tipe 2 dan bukan untuk penderita diabetes tipe 1. Perlu diketahui bahwa adlyxin bukanlah insulin, namun obat ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan membantu pankreas untuk memproduksi insulin dengan lebih efektif. 

Adlyxin belum terlalu banyak mendapat perhatian dalam penelitian apakah aman untuk anak-anak atau dapat digunakan dengan penderita dengan riwayat penyakit gastroparesis (kelainan dalam pergerakan otot dalam perut) dan penyakit pancreatitis (inflamasi atau peradangan dalam pankreas). 

Menggunakan Adlyxin dengan Benar

Adlyxin merupakan obat suntik yang mengandung lixisenatide. Penggunaan obat suntik memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan obat dalam bentuk pila atau tablet. Sehingga, pasien harus lebih ekstra berhati-hati agar infeksi tidak terjadi. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan suntikan adlyxin.

  1. Selalu mengikuti dosis yang dianjurkan, tidak memperbanyak atau mengurangi dosis.
  2. Mengikuti petunjuk penyuntikan. Tanyakan pada dokter untuk menunjukkan cara penyuntikan pada kulit sehingga dapat dilakukan di rumah setiap hari.
  3. Selalu mengaktifkan suntikan sebelum menggunakan. Pasien sudah harus paham caranya sebelum membawa obat adlyxin ke rumah.
  4. Tidak membagi suntikan pada siapapun walaupun jarum sudah diganti. Resiko infeksi sangat tinggi jika meminjamkan suntikan kepada orang lain.
  5. Menyuntikan pada tempat yang berbeda-beda dan bukan pada urat nadi.
  6. Selalu menyuntikan pada jam yang sama setiap hari. Waktu terbaik adalah 1 jam sebelum makan pagi.
  7. Selalu waspada akan efek samping adlyxin. Selalu konsultasikan kepada dokter berbagai gejala yang muncul. 

Dosis penggunaan Adlyxin

Dosis akan ditentukan oleh dokter setelah melakukan pemeriksaan kepada pasien sesuai dengan riwayat kesehatan pasien. Perlu diingat bahwa kekurangan dosis atau kelebihan dosis akan berakibat buruk bagi yang mengonsumsinya. Selalu menggunakan sesuai dengan takaran yang diberikan. 

Penggunaan adlyxin memiliki aturan yang cukup ketat dikarenakan banyaknya interaksi dengan riwayat kesehatan pasien. Selain itu, adlyxin merupakan obat suntik yang penggunaannya tidak semudah obat oral. Kebersihan alat dan juga tempat saat melakukan pengobatan juga perlu diperhatikan. 

Jika Anda atau kerabat merupakan penderita diabetes tipe 2 dan berencana mengonsumsi Adlyxin selalu konsultasikan penggunaannya dan memperhatikan efek samping yang akan ditimbulkan. 

Efek samping penggunaan Adlyxin

Penggunaan adlyxin juga dapat menimbulkan efek samping seperti:

  1. Reaksi alergi seperti ruam pada kulit, jantung berdebar, pembengkakan pada mulut, muka atau bagian tubuh lainnya.
  2. Tekanan darah rendah (Hypoglicemia) dengan gejala rasa lapar terus menerus, sakit kepala, berkunang-kunang, dan lain-lain.
  3. Gagal ginjal, pasien yang memiliki riwayat penyakit ginjal akan mudah disertai muntah berkepanjangan, diare dan kekurangan cairan yang memperparah kerusakan ginjal

Perhatian

Walaupun adlyxin terbukti secara klinis membantu penderita diabetes tipe 2, namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsinya. Sebelum mendapatkan resep obat ini, pasien harus memberi tahu kondisi atau riwayat kesehatannya kepada dokter, apabila:

  1. Pasien sedang hamil atau menyusui Adlyxin mengandung lixisenatide yang pada percobaan terhadap hewan memiliki efek samping yang fatal terhadap janinnya. Walaupun studi terhadap kehamilan manusia belum dapat dikonfirmasi, namun hampir bisa dipastikan jika adlyxin dapat membahayakan janin manusia.
  2. Memiliki riwayat penyakit terutama yang berhubungan dengan organ dalam tubuh Pasien yang memiliki riwayat penyakit seperti pankreatitis, gastroparesis, atau penyakit lambung harus menjelaskan pada dokter. Adlyxin bisa memperparah atau kemungkinan tidak bekerja efektif pada pasien dengan penyakit tersebut.
  3. Pasien sedang menjalankan program KB (Keluarga Berencana) Beberapa sumber mengatakan bahwa adlyxin tidak bekerja efektif terhadap pasien yang menggunakan pil KB yang berhubungan dengan hormon.
  4. Memiliki Kecenderungan alkoholik Jika pasien memiliki kebiasaan meminum minuman beralkohol jelaskan pada dokter berapa sering dan jumlah minuman yang sering dikonsumsi. 



Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp