Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Acuatim cream 10 g (Nadifloxacin)

Update terakhir: SEP 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.588.697 orang

Acuatim cream adalah cream topikal yang digunakan untuk mengobati acne vulgaris/jerawat yang parah. Acuatim cream mengandung Nadifloxacin, obat yang termasuk antibiotik fluoroquinolon topikal.Berikut ini adalah informasi lengkap Acuatim cream yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Pabrik

Otsuka

Golongan

Harus dengan resep dokter

Kemasan

Acuatim cream dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :
  • Tube 10 g cream (white, odorless)

Kandungan

Tiap gram Acuatim cream mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :
  • Nadifloxacin 10 mg

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Nadifloxacin adalah antibiotik fluoroquinolone topikal yang digunakan untuk mengobati acne vulgaris/jerawat parah. Antibiotik ini juga digunakan untuk mengobati infeksi bakteri kulit. Mekanisme aksi Nadifloxacin adalah dengan cara menghambat enzim DNA gyrase yang terlibat dalam sintesis DNA bakteri dan replikasi, sehingga menghambat multiplikasi bakteri. Nadifloxacin selain memiliki efek terapetik sebagai  antibakteri, juga memiliki efek sebostatik dan anti-inflamasi, sehingga berkontribusi terhadap perbaikan kondisi klinis pasien.

Indikasi

Kegunaan Acuatim cream (Nadifloxacin) adalah untuk mengobati acne vulgaris/jerawat yang parah. Selain itu bisa juga digunakan untuk mengobati infeksi oleh bakteri kulit.

Kontra indikasi

  • Jangan gunakan cream jerawat ini untuk pasien dengan riwayat hipersensitivitas/alergi terhadap Nadifloxacin atau antibiotik golongan kuinolon lainnya.

Efek Samping Acuatim cream

Kebanyakan efek samping Acuatim cream (Nadifloxacin) bersifat ringan sampai sedang yang akan segera hilang ketika pemberian obat dihentikan. Berikut adalah beberapa efek samping yang bisa terjadi :

Perhatian

Hal-hal yang perlu diperhatikan pasien selama menggunakan obat jerawat ini adalah sebagai berikut :
  • Hindari kontak dengan mata. Jika terjadi segera bilas dengan air mengalir.
  • Gunakan cream jerawat ini dengan durasi sesingkat mungkin untuk menghindari kemungkinan terjadinya resistensi antibiotik.
  • Penggunaan cream ini harus dihentikan jika efek terapeutik yang diinginkan tidak tercapai pada dosis yang dianjurkan dalam 4 minggu untuk pengobatan jerawat/acne vulgaris.
  • Pengobatan sebaiknya tidak dilanjutkan setelah lesi yang meradang hilang.
  • Fotosensitivitas/kulit lebih sensistif terhadap cahaya telah dilaporkan pada pasien yang memakai antibiotik kuinolon sintetis secara oral. Waspadai kemungkinan ini terjadi saat menggunakan cream ini.
  • Keamanan penggunaannya pada bayi prematur, bayi baru lahir, bayi dan anak-anak belum ditetapkan. (Data klinis pada subjek tersebut tidak mencukupi.)

Penggunaan oleh wanita hamil

Keamanan penggunaannya selama kehamilan belum ditetapkan. (Data klinis pada subjek tersebut tidak mencukupi.)

Interaksi obat

Berikut adalah interaksi dengan obat-obat lain :
  • Belum ada data yang mencukupi.

Dosis Acuatim cream

Acuatim cream (Nadifloxacin) diberikan dengan dosis berikut:
  • Oleskan cream pada lesi 2 x sehari.
  • Dalam kasus acne vulgaris/jerawat, bersihkan kulit sebelum diolesi cream.
Note :
  • Cream ini ditujukan untuk aplikasi topikal (dermal/kulit) saja dan tidak ditujukan untuk penggunaan oftalmologi/mata. Jangan diaplikasikan pada kornea atau konjungtiva.

Terkait

  • Merk-merk obat dengan kandungan zat aktif Nadifloxacin
  • Daftar obat jerawat
Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan Acuatim cream harus sesuai dengan yang dianjurkan.

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Cefspan 100mg cap 1

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp