8 Minuman yang Ampuh Untuk Menurunkan Berat Badan

Minuman seperti teh hijau, kopi, dan minuman berprotein tinggi telah terbukti dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan rasa kenyang, dan mengurangi rasa lapar, yang semuanya dapat mendorong penurunan berat badan. Berikut adalah delapan minuman yang dapat dimasukan ke dalam pola diet Anda, jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan.
Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
8 Minuman yang Ampuh Untuk Menurunkan Berat Badan

Ketika dikonsumsi bersama dengan perubahan gaya hidup sehat, minuman tertentu dapat lebih efektif menurunkan berat badan. 

Minuman seperti teh hijau, kopi, dan minuman berprotein tinggi telah terbukti dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan rasa kenyang, dan mengurangi rasa lapar, yang semuanya dapat mendorong penurunan berat badan

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Berikut adalah delapan minuman yang dapat dimasukan ke dalam pola diet Anda, jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan.

1. Teh hijau

Teh hijau sering dikaitkan dengan kesehatan. Tidak hanya mengandung antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, teh hijau juga merupakan salah satu minuman yang paling efektif digunakan untuk menurunkan berat badan.

Dalam beberapa penelitian, mengkonsumsi teh hijau telah terbukti dapat mengurangi berat badan dan lemak tubuh. Dengan demikian minum teh hijau dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan mendorong penurunan lemak.

2. Kopi

Kopi digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia untuk meningkatkan tingkat energi dan meningkatkan suasana hati. Kopi mengandung kafein, zat yang bertindak sebagai stimulan dalam tubuh dan dapat bermanfaat bagi penurunan berat badan.

Minuman berkafein seperti kopi dapat merangsang penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme, mengurangi asupan kalori dan merangsang pembakaran lemak.

3. Teh hitam

Seperti teh hijau, teh hitam mengandung senyawa yang dapat merangsang penurunan berat badan. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Teh hitam adalah jenis teh yang telah mengalami lebih banyak proses oksidasi (paparan udara) dibandingkan jenis teh lainnya, sehingga teh hitam menghasilkan rasa yang lebih kuat dan warna yang lebih gelap.

Teh hitam mengandung polifenol yang disebut flavonoid, antioksidan yang telah terbukti dapat mengurangi berat badan. Satu studi menunjukkan bahwa minum teh hitam dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan mendorong penurunan berat badan.

4. Air mineral

Meningkatkan asupan air mineral adalah salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Minum lebih banyak air juga dapat bermanfaat bagi ukuran pinggang Anda dengan membuat Anda kenyang di antara waktu makan dan meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar.

Penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat membuat Anda sukses ketika mencoba mengurangi kalori dan menurunkan berat badan. 

Minum lebih banyak air dapat membantu membakar kalori dan mengurangi asupan saat makan, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

5. Minuman cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat, senyawa yang dapat menstimulasi penurunan berat badan dengan menurunkan kadar insulin, memperbaiki metabolisme, menekan nafsu makan, dan membakar lemak.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa asam asetat dapat mencegah penambahan berat badan dan mengurangi penumpukan lemak di perut dan hati.

Meskipun penelitian terbatas, ada beberapa bukti bahwa cuka sari apel efektif dalam menurunkan berat badan pada manusia. Meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan, mengkonsumsi satu sendok cuka sari apel setiap hari dapat menurunkan berat badan.

6. Teh jahe

Jahe adalah tanaman yang populer digunakan sebagai bumbu untuk menambah rasa pada berbagai hidangan dan digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati sejumlah kondisi seperti mual, pilek, dan radang sendi.

Penelitian pada manusia dan hewan juga menunjukkan bahwa akar beraroma ini memiliki efek menguntungkan pada penurunan berat badan. 

Penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa jahe dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi nafsu makan, dan meningkatkan metabolisme, sehingga bermanfaat saat mencoba untuk menurunkan berat badan.

7. Minuman protein tinggi

Minuman yang mengandung protein tinggi dapat mengurangi rasa lapar, mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang, efek ini sangat penting ketika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan.

Protein meningkatkan kadar hormon penurun rasa lapar seperti GLP-1 sambil mengurangi ghrelin, hormon yang mendorong nafsu makan. Minuman protein mengurangi nafsu makan dan mempercepat rasa kenyang. 

Bubuk protein dapat dengan mudah ditambahkan ke dalam minuman apa pun sebagai camilan atau suplemen harian.

8. Jus sayuran

Meskipun jus buah telah dikaitkan dengan penambahan berat badan, minum jus sayuran mungkin memiliki efek sebaliknya. 

Orang-orang yang banyak mengkonsumsi jus sayuran secara signifikan meningkatkan konsumsi sayuran mereka dan secara signifikan mengurangi asupan karbohidrat mereka, dua faktor yang penting untuk menurunkan berat badan.

Tapi, mengkonsumsi sayuran utuh lebih baik untuk menjaga kesehatan karena tingginya jumlah serat yang hilang dalam proses pembuatan jus. 

Namun, mengkonsumsi jus sayuran rendah kalori dapat meningkatkan asupan sayuran dan bahkan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Should You Quit Drinking to Lose Weight?. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/should-i-quit-drinking-to-lose-weight-3495749)
Weight loss drinks: Healthful options for a diet and what to avoid. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326312)
Want to Lose Weight? Here's What You Should and Shouldn’t Drink. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-best-worst-drinks-weight)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app