Kebiasaan Sehat

Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Sehat

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Mar 23, 2020 Tinjau pada Mei 20, 2019 Waktu baca: 3 menit
Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Sehat

Jika Anda merasa malu atau sudah bosan dengan badan yang kurus, tidak ada salahnya menaikkan berat badan agar tercapai berat badan ideal, tentunya dengan metode menambah berat badan yang sehat namun dapat menambah berat badan dengan cepat. 

Tahukah Anda berat badan yang sehat pada orang dewasa sebaiknya dibentuk oleh massa otot yang bertambah. Sehingga ketika berat badan naik, tubuh terlihat proporsional dan sehat, bukan bertambah gemuk karena banyaknya jaringan lemak dominan dengan perut buncit yang tidak sehat.

Penambahan berat badan terjadi ketika terdapat sisa energi yang berasal dari makanan setelah dikurangi aktivitas fisik dan fungsi organ tubuh. Sisa energi akan disimpan oleh hati, membentuk jaringan lemak dan massa otot sehingga berat badan bertambah. Latihan fisik yang memadai diperlukan agar massa otot terbentuk dengan baik. 

Ketika makanan yang kita makan jumlahnya sedikit sedangkan aktivitas fisik sedang tinggi, maka berat badan malah akan menurun. Begitu pula sebaliknya. Berdasarkan konsep di atas, berikut beberapa tips sehat untuk menambah berat badan dengan cepat.

Menambah Berat Badan Lewat Makanan

Makan Teratur dan Mencukupi

Makanlah secara teratur tiga kali sehari dengan porsi besar dan diselingi dengan porsi kecil. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh Anda, walaupun idealnya jumlah kalori yang dibutuhkan harus dihitung terlebih dahulu, namun akan sulit tanpa bantuan dari ahli gizi

Oleh karena itu, sebagai patokan yang lebih sederhana cermati jumlah porsi makan Anda sebelumnya, lalu tingkatkan jumlahnya dan perbaiki jenisnya jika perlu ketika Anda memulai program penambahan berat badan ini. Makan setelah melakukan olahraga dapat meningkatkan metabolisme sehingga kalori yang diserap oleh tubuh bekerja lebih efektif.

Makan Sumber Lemak yang Sehat

Lemak yang sehat bisa didapatkan dari makanan seperti kacang-kacangan, produk susu (bahkan tersedia susu penambah berat badan), daging, buah alpukat, dan minyak zaitun. Jauhi lemak jenuh (lemak jahat) yang diperoleh dari makanan olahan seperti junk food, karena walaupun dapat menambah berat badan namun dominan dengan jaringan lemak dan malah menambah risiko kolesterol tinggi dalam darah.

Sumber Makanan Tinggi Protein

Protein sangat diperlukan untuk menambah berat badan. Selain membangun otot, protein juga penting untuk menunjang fungsi tubuh dan membangun sel-sel tubuh lainnya seperti komponen darah, tulang, kulit, dan rambut. Contoh makanan kaya protein yaitu daging, keju, susu, ikan, dan telur. Untuk vegetarian, protein dapat ditemukan dalam produk kedelai seperti tahu serta kombinasi makanan, seperti beras atau jagung dengan kacang. 

Makanan Tinggi Karbohidrat

Karbohidrat berperan dalam penambahan berat badan dengan membangun otot dan memfasilitasi semua fungsi vital tubuh. Karbohidrat adalah sumber energi utama yang diperlukan tubuh. Karbohidrat yang kita makan akan berubah menjadi glukosa atau gula dalam darah. Sisa glukosa akan disimpan di hati serta jaringan lemak dan otot. 

Beras merah, pasta, kentang dan biji-bijian masuk dalam kategori sumber karbohidrat yang baik. Karena gula akan dilepaskan perlahan-lahan ke dalam aliran darah dan memberikan pasokan energi selama jangka waktu yang panjang tanpa menyebabkan lonjakan insulin yang menyebabkan penyimpanan lemak berlebih. 

Tetap Terhidrasi

Minumlah banyak air, susu, jus segar dan minuman energi untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Minumlah setidaknya 8-10 gelas air setiap harinya. Namun ingat, jangan minum air sebelum makan karena dapat menurunkan asupan kalori.

Menambah Berat Badan Lewat Aktivitas Fisik

Olahraga

Agar berat badan bertambah seiring dengan meningkatnya massa otot, maka lakukan latihan tubuh secara menyeluruh artinya jangan melakukan olahraga atau latihan hanya pada otot-otot tertentu. Tapi lakukanlah gerakan yang memungkinkan seluruh otot ikut terlibat, sebagai contoh senam, angkat beban, menari. Hindari cardio seperti berlari, sprint, atau maraton karena bukan menambah berat badan namun malah menurunkan berat badan.

Biarkan Otot Anda Beristirahat

Setelah berolahraga cukup intens, istirahatkan otot selama 2 hari berturut-turut. Otot Anda akan dibangun kembali selama waktu istirahat tersebut, sehingga akan menambah berat badan dengan bertambahnya massa otot.

Tidur Cukup

Anda harus tidur 8-9 jam setiap malam untuk mendapatkan hasil maksimal. Ketika tidur, tubuh tidak melakukan apa-apa selain berbaring. Hal ini dapat membangun otot dengan lebih optimal. Apabila Anda tidur kurang dari 6 jam, maka Anda tidak akan mendapatkan semua manfaat dari olahraga dan diet yang Anda lakukan.

Itulah beberapa tips cara menambah berat badan dengan cepat, namun tetap memperhatikan aspek kesehatan sehingga tercapai berat badan ideal. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Gain Weight Fast and Safely. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/how-to-gain-weight)
19 foods to gain weight quickly and safely. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321518.php)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app