8 Makanan Terbaik untuk Menyehatkan Vagina

Vagina bagian yang sangat penting dalam kebutuhan seksual dan untuk mendapatkan keturunan. Meskipun letaknya tersembunyi Anda tetap perlu melakukan perawatan terbaik.
Dipublish tanggal: Jun 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Makanan Terbaik untuk Menyehatkan Vagina

Vagina merupakan bagian tubuh wanita yang tidak boleh diabaikan untuk dijaga kebersihan dan kesehatannya. Vagina bagian yang sangat penting dalam kebutuhan seksual dan untuk mendapatkan keturunan. 

Meskipun letaknya tersembunyi Anda tetap perlu melakukan perawatan terbaik. Konsumsilah makanan yang menyehatkan untuk vagina sebagai berikut.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

1. Ikan

Makanan yang dapat dikonsumsi untuk menyehatkan area vagina adalah ikan. Salah satu manfaat ikan dapat mengatasi nyeri atau pun keram saat akan mengalami menstruasi. Manfaat ini bisa didapatkan karena adanya pelepasan senyawa inflamasi atau disebut prostaglandin yang akan membantu kontraksi otot rahim.

Ikan yang direkomendasikan dengan kandungan asam lemak omega-3 terbaik adalah salmon dan tuna. Kandungan ini yang akan bekerja untuk inflamasi. Anda bisa mengonsumsinya menjelang jadwal menstruasi. Pastikan ikan yang dikonsumsi dalam keadaan bersih dan segar.

2. Yogurt

Makanan yang tak kalah menyehatkan untuk vagina Anda adalah yogurt. Kandungan di dalam yogurt dapat membantu menjaga bakteri baik lactobacillus, Bakteri ini yang akan bekerja untuk membantu tubuh Anda mempertahankan pH sehingga vagina tetap dalam keadaan sehat.

Jika kondisi vagina Anda sudah sehat maka risiko pengembangan infeksi jamur tidak akan terjadi di area vagina. Dianjurkan sekali untuk mengonsumsi yogurt secara rutin. Anda bisa menjadikannya menu sarapan pagi dengan campuran oat.

3. Kedelai

Jenis makanan berikutnya yang menyehatkan untuk vagina yaitu makanan dengan kandungan kedelai. Ada edamame, tahu, dan tempe untuk membuat vagina memiliki kelembaban yang pas. Kelembapan vagina dipengaruhi oleh kadar estrogen di dalam tubuh Anda. 

kandungan ini akan  membantu menjaga vagina agar menjadi lebih elastis dan dilumuri dengan kadar cairan yang pas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Makanan yang murah dan mudah didapatkan ini ternyata memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi vagina. Kandungan isovlafins yang berperan menyerupai estrogen dan juga memiliki sifat hidrofilik. 

Sifat yang memberikan banyak kadar air untuk vagina, sehingga mengurangi risiko terjadinya kondisi kering yang tidak baik pada vagina.

4. Bawang putih

Bawang putih yang digunakan sebagai bumbu makanan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan vagina. Bawang putih yang dikonsumsi dapat bermanfaat untuk melawan pertumbuhan jamur Candida

Bawang putih juga bermanfaat untuk mencegah risiko keputihan dan infeksi pada vagina, sehingga vagina dalam keadaan yang sehat.

5. Kacang almond

Anda yang suka makanan ringan atau camilan bisa mengonsumsi kacang almond. Makanan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan vagina. Manfaatnya dapat mencegah terjadinya infeksi pada bagian saluran kemih. 

Anda bisa mengonsumsi tanpa ada efek samping lainnya. Kacang almond juga tidak akan menyebabkan vagina memiliki bau yang tidak sedap.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

6. Ubi jalar

Kandungan vitamin A pada ubi jalar sangat membantu menyehatkan vagina. Vitamin A diperlukan untuk menyehatkan bagian dinding rahim. Anda bisa memiliki anak lebih cepat atau bisa dikatakan kondisi rahim akan lebih kuat.

7. Cabai

Buat Anda yang menyukai makanan pedas tenang saja, cabai aman untuk dikonsumsi. Kandungan di dalam cabai sangat membantu meningkatkan sirkulasi darah agar menjadi lancar. Manfaat ini akan berimbas untuk merangsang kesehatan vagina.

8. Vitamin C

Anda juga memerlukan vitamin C untuk membuat vagina tetap dalam keadaan sehat karena vitamin C dapat membantu melawan infeksi vagina. Kandungan vitamin C bisa didapatkan dengan mudah dari jambu biji, nanas, jeruk, dan berbagai jenis makanan lainnya.  

Jenis-jenis makanan ini semuanya bisa didapatkan dengan mudah dan harganya terjangkau. Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menjaga kesehatan vagina. Usahakanlah untuk mengonsumsi makanan ini secara rutin. Bahkan bisa dibuat daftar menu yang dimasukkan setiap harinya.  

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2017). Cholangiocarcinoma (bile duct cancer). (http://www.mayoclinic.org/bile-duct-cancer/)
Cholangiocarcinoma (bile duct cancer). (n.d.). (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0001336/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app