8 Cara Membuat Kopi Anda Menjadi Super Sehat

Dipublish tanggal: Jul 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
8 Cara Membuat Kopi Anda Menjadi Super Sehat

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Bagi sebagian orang, kopi adalah sumber antioksidan tunggal terbesar dalam makanan, yang melampaui kombinasi buah dan sayuran.

Cara Membuat Kopi Anda Sehat

Berikut adalah beberapa tips untuk mengubah kopi Anda dari minuman sehat menjadi sangat sehat

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Tidak minum kafein setelah pukul 2 p.m.

Kopi adalah salah satu sumber kafein alami terkaya dalam makanan. Kafein adalah stimulan, yang merupakan salah satu alasan utama kopi begitu populer. Kafein memberi Anda sentakan energi dan membantu Anda tetap terjaga ketika Anda merasa lelah.

Tetapi jika Anda minum kopi di sore hari, hal ini dapat mengganggu siklus tidur Anda. Kurangnya tidur yang cukup sering dikaitkan dengan beragam jenis masalah kesehatan.

Untuk alasan inilah, tidak dianjurkan untuk minum kopi di sore hari. Pilihlah kopi tanpa kafein atau pilihlah secangkir teh, yang mengandung jauh lebih sedikit kafein daripada kopi.

2. Jangan tambahkan kopi anda dengan gula

Meskipun kopi itu sendiri sehat, Anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi sesuatu yang berbahaya. Misalnya saja dengan menaruh sejumlah besar gula di dalamnya. Gula termasuk salah satu bahan terburuk dalam diet modern.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Gula, terutama karena jumlah fruktosa yang tinggi, terkait dengan semua jenis penyakit serius seperti obesitas dan diabetes. Jika Anda ingin menggunakan pemanis dalam kopi Anda, gunakan pemanis alami yang lebih sehat seperti madu.

3. Pilih merek berkualitas atau kopi organik

Kualitas kopi dapat sangat bervariasi tergantung pada metode pengolahan dan bagaimana biji kopi ditanam. Biji kopi cenderung disemprot dengan pestisida sintetis dan bahan kimia lainnya yang tidak bagus untuk dikonsumsi manusia.

Namun, efek kesehatan pestisida dalam makanan masih kontroversial. Saat ini, bukti masih terbatas bahwa mereka dapat menyebabkan kerusakan ketika ditemukan pada tingkat produksi yang rendah.

Namun demikian, jika Anda khawatir tentang kandungan pestisida dalam kopi, pertimbangkan untuk membeli biji kopi organik. Umumnya, biji kopi organik mengandung pestisida sintetis dalam jumlah yang jauh lebih rendah.

4. Hindari minum terlalu banyak

Meskipun asupan kopi yang moderat itu sehat, minum terlalu banyak kopi dapat mengurangi manfaatnya secara keseluruhan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Asupan kafein yang berlebihan mungkin memiliki berbagai efek samping yang merugikan. Secara umum, rekomendasi kopi yang dianjurkan tidak melebihi 2,5 mg per kg berat badan per harinya.

Mengingat bahwa secangkir kopi rata-rata mungkin mengandung sekitar 95 mg kafein, ini setara dengan sekitar dua cangkir kopi per hari untuk seseorang dengan berat badan 80kg.

Namun, jumlah yang jauh lebih tinggi dari kafein (400-600 mg) per hari (sekitar 4-6 cangkir) tidak terkait dengan efek samping yang merugikan pada kebanyakan orang.

5. Tambahkan kayu manis ke kopi anda

Kayu manis adalah ramuan lezat yang bercampur sangat baik dengan rasa kopi. Studi menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida pada penderita diabetes.

Pastikan untuk tidak memasukkan terlalu banyak ke dalam cangkir Anda. Sementara kayu manis dalam jumlah kecil sehat, terlalu banyak dapat menyebabkan beberapa efek samping yang merugikan.

6. Hindari krim rendah lemak dan buatan

Krim komersial rendah lemak dan buatan cenderung telah diproses dan mungkin mengandung bahan yang harus dipertanyakan. Namun, tidak ada banyak penelitian mengenai efek kesehatan krim kopi non-susu. 

Bila ingin menggunakan krim, pilihlah susu alami sebagai pilihan utama Anda. Studi menunjukkan bahwa produk susu mengandung beberapa nutrisi penting. Sebagai contoh, susu adalah sumber kalsium yang sangat baik dan dapat mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang.

Selain itu, susu sapi mengandung beberapa vitamin K, yang juga terkait dengan kesehatan tulang yang meningkat.

7. Tambahkan kakao ke kopi anda

Kakao atau cokelat sarat dengan antioksidan dan terkait dengan segala macam manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko penyakit jantung. Coba tambahkan sedikit bubuk kakao ke kopi Anda untuk menambah rasa.

8. Menyeduh kopi anda menggunakan filter kertas

Kopi yang diseduh mengandung cafestol, suatu diterpene yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Namun, Anda dapat menguranginya dengan menggunakan filter kertas saat menyeduh kopi.

Menyeduh kopi dengan kertas saring secara efektif menurunkan jumlah cafestol tetapi tidak menyaring kandungan kafein dan antioksidan yang melewatinya.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
6 Ways to Make Your Morning Coffee Even Healthier. Health.com. (https://www.health.com/nutrition/coffee-healthy)
Tips to Brew Coffee That Won't Irritate Your Stomach. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/coffee-that-wont-cause-stomach-upset-4146967)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app