Kehamilan

Ayo Ketahui Berapa Lama Waktu Tidur Yang Dianggap Ideal?

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
Ayo Ketahui Berapa Lama Waktu Tidur Yang Dianggap Ideal?

Pengalaman melahirkan bisa berbeda dari satu wanita ke wanita lainnya, dan bahkan berbeda untuk wanita yang sama dari satu kehamilan ke kehamilan berikutnya. Kebanyakan wanita merasa khawatir dan tidak sedikit yang ketakutan dalam menghadapi persalinan nanti. 

Kebanyakan wanita membayangkan betapa sakit dan lamanya persalinan yang akan mereka hadapi nanti. Disamping itu wanita hamil juga merasa khawatir jika mereka akan melahirkan saat mereka sedang berada di tempat dan waktu yang tidak tepat seperti di dalam perjalanan, di mall atau saat sedang bekerja.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Tubuh bisa mengeluarkan tanda-tanda bahwa wanita mungkin akan segera melahirkan. Di bawah ini seorang perawat senior dari universitas cambridge akan membahas enam tanda umum yang akan menjadi pertanda seorang wanita akan segera melahirkan.

1. Posisi bayi yang terasa semakin turun ke panggul bagian bawah

Pada wanita yang baru hamil pertama kali, Beberapa jam sampai beberapa minggu sebelum persalinan dimulai, mereka mungkin merasa seolah-olah bayi telah jatuh ke posisi yang lebih rendah pada panggul.

Hal Ini menandakan bayi sudah dalam posisi untuk persiapan kelahiran. Pada wanita yang telah melahirkan sebelumnya, hal ini mungkin tidak terjadi sampai tepat sebelum persalinan dimulai.

Saat bayi berada pada posisi yang lebih rendah,mungkin akan memudahkan sang ibu untuk bernafas lebih lega. Tapi karena posisi bayi yang lebih rendah pada perut, mungkin bayi akan mendorong organ lain pada daerah panggul seperti kandung kemih, sehingga akan membuat sang ibu buang air kecil lebih sering.

2. Kontraksi yang kuat dan teratur

Menjelang akhir kehamilan, kontraksi rahim mulai memindahkan bayi ke posisi yang lebih rendah di jalan lahir, dan akhirnya dengan kontraksi yang kuat, akan membantu sang bayi untuk keluar ke dunia.

Kontraksi awalnya muncul pada bagian punggung dan kemudian muncul pada bagian perut. Saat kontraksi terjadi, perut menjadi keras, seperti bola basket dan berkedut beberapa kali dan kemudian rileks kembali.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Membedakan kontraksi palsu dari yang sebenarnya

Kontraksi sering kali mengecoh, seringkali kita mengira bahwa terjadi kontraksi yang kuat dan mengira persalinan akan segera terjadi. Namun sesampainya di rumah sakit, dokter Anda mengatakan bahwa persalinan tidak akan terjadi paling tidak sampai 2 bulan kemudian.

Jika seorang wanita hamil memiliki lebih dari enam kontraksi setiap jamnya, dan mereka menjadi lebih kuat dengan irama yang teratur dan Kontraksi tidak hilang bahkan jika seorang wanita mengubah posisi, maka dapat disimpulkan bahwa kontraksi tersebut adalah kontraksi sejati yang menandakan bayi akan lahir.

Sebaliknya Kontraksi palsu (disebut kontraksi Braxton Hicks) sering terjadi pada interval waktu yang tidak teratur. Tidak seperti kontraksi yang akan menandakan persalinan, kontraksi palsu biasanya terasa di bagian depan tubuh di perut bagian bawah, biasanya lemah dalam kekuatan dan mungkin berhenti saat seorang wanita berjalan, beristirahat atau mengubah posisinya.

3. Keluarnya Air ketuban

Janin tumbuh dan berkembang di rahim wanita di dalam kantung selaput yang terisi cairan ketuban. Bila kantung kantung yang berisi cairan ini pecah, maka jelas bahwa kelahiran akan segera terjadi. 

Namun perlu diingat pada beberapa wanita volume cairan ketuban pada rahim mereka hanya sedikit, terkadang pada beberapa wanita, tidak dapat merasakan adanya air yang keluar walaupun selaput ketuban sudah pecah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Disarankan bagi ibu-ibu hamil untuk segera menelepon dokter kandungan atau bidan mereka saat adanya tanda-tanda bahwa selaput ketuban mereka pecah. Namun perlu diperhatikan bahwa apakah itu air ketuban atau urin yang keluar karena penindihan kantung kemih oleh bayi.

Begitu air ketuban keluar, bayi tidak lagi dikelilingi oleh cairan pelindung dan berisiko terkena infeksi bahkan sang bayi akan kesulitan untuk bernafas. Inilah sebabnya mengapa dokter dan bidan ingin melahirkan bayi secepatnya setelah selaput ketuban sudah pecah.

4. Sakit punggung dan kram yang memberat

Selama persalinan, seorang wanita mungkin merasakan tekanan atau kram yang meningkat di daerah panggul dan rektumnya. Saat waktu kelahiran semakin dekat, Sang Ibu mungkin akan merasakan sakit yang lebih parah di punggung bawahnya.

5. Adanya pendarahan dari jalan lahir.

Seiring persalinan tiba, atau beberapa hari sebelumnya, seorang wanita mungkin melihat adanya pengeluaran cairan dari jalan lahir yang berwarna pink, coklat atau sedikit berdarah. 

Pelepasan ini disebabkan oleh pelepasan sumbat mukosa (lapisan pada dinding rahim) yang menghalangi serviks selama masa kehamilan. Dinding mukosa mengendur saat serviks mulai melebar atau terbuka, selama masa pertama persalinan.

6. Diare atau mual

Beberapa wanita akan mengalami sering buang air besar pada saat  persalinan akan terjadi atau mereka mungkin merasakan mual dan muntah karena alasan yang tidak jelas. 

Hal ini tidak diketahui penyebabnya apakah karena meneran saat buang air besar yang mempengaruhi proses kelahiran, atau proses kelahiran yang mempengaruhi gangguan pada sistem pencernaan.

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app