Makanan dan Diet Sehat

Ketahui 5 Pola Makan Yang Cocok Untuk Menguruskan Badan

Dipublish tanggal: Mar 9, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 27, 2019 Waktu baca: 3 menit
Ketahui 5 Pola Makan Yang Cocok Untuk Menguruskan Badan

Menguruskan badan masih menjadi hal yang menyulitkan bagi wanita.  Kebanyakan dari kita sulit untuk menurunkan berat badan dan menjaga pola makan itu sendiri, yang berakibat gaya hidup tidak sehat dan menjadi gemuk. 

Untuk itu alangkah baiknya jika Anda mengatur pola makan sehingga asupan tetap terjaga dengan bahan yang sehat.  Untuk itu kami akan mempermudah Anda dalam mengatur pola makan tersebut dengan beberapa cara yang tidak merepotkan. 

Jika Anda ingin memiliki hidup yang lebih sehat, maka Anda dapat mengikuti cara ini, simak artikel berikut. Inilah 5 Pola Makan Untuk Menguruskan Badan Dengan Cara Yang Sehat

Makan 3 kali sehari

Pola makan klasik yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam akan efektif untuk menurunkan berat badan, ketika setiap porsi cukup besar untuk membuat Anda kenyang, tetapi asupan total kalori harian lebih rendah dari yang Anda keluarkan. Penting bagi Anda untuk mengonsumsi setidaknya 30 gram protein setiap kali makan.

Untuk memaksimalkan sintesis protein. Sintesis protein adalah strategi kunci untuk melindungi otot Anda selama diet. Otot yang kuat dan sehat sangat penting untuk metabolisme pembakaran energi dan lemak. Maka dari itu, protein di sini memegang peranan penting untuk tubuh Anda dalam Menguruskan badan.

Pola ini cocok untuk: Mereka yang memiliki jadwal kerja yang kaku,  yang hanya memungkinkan untuk makan pada waktu yang ditetapkan tanpa ada kesempatan meninggalkan meja kerja untuk  ngemil sore. 

Jadi jika Anda seorang kantoran yang sangat sibuk, maka perhatikan asupan dengan makan 3 kali sehari. 

Makan porsi kecil 4-5 kali sehari

Pola ini sangat populer di kalangan para pelaku diet. Anda dianjurkan makan tiga kali sehari, diseling dua kali ngemil di antara jadwal makan utama. 

Pengaturan makan seperti ini, akan membuat Anda merasa kenyang dan memberikan keseimbangan kalori sepanjang hari. 

Dengan memakan dalam jumlah sedikit maka tubuh akan merasa asupan telah cukup dan merasa kenyang, sehingga ini cukup ampuh untuk Anda yang ingin menguruskan badan. 

Pola ini cocok untuk: Orang yang hobi ngemil. Anda dapat menghalau nafsu makan berlebih tanpa mengubah gaya makan terlalu drastis. Yang penting, pilih makanan rendah kalori, lemak dan gula. 

Pola diet ini juga cocok untuk orang dengan hipoglikemia reaktif, suatu kondisi di mana kadar gula darah turun terlalu rendah tak lama setelah makan, yang membuat penderitanya pusing dan lemas.

Makan selama sesi olahraga

Olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga kemampuan  otot Anda untuk membakar karbohidrat jadi lebih optimal. Untuk menjaga kadar insulin, makan selama sesi olahraga boleh dicoba. 

Pilih makanan yang merupakan sumber karbohidrat dan protein dari sumber yang juga sehat seperti sayuran hijau, biji-bijian, ikan dan daging rendah lemak. 

Menguruskan badan dengan Vegan sebelum pukul 6 sore

Pola diet ini dipopulerkan oleh penulis New York Times, Mark Bittman, yang berhasil memangkas  17 kg bobot tubuhnya. 

Menurut Bittman, mulai dia bangun tidur sampai pukul enam sore, dia hanya menyantap buah, sayur, kacang-kacangan dan biji-bijian. 

Menghindari segala jenis makanan hewani, membuat asupan kalori Anda menjadi rendah. Bahkan, meski pada malam harinya Anda menyantap daging, total kalori yang Anda konsumsi sepanjang hari tetap lebih rendah daripada jika Anda makan produk hewani sepanjang hari.

Makanlah makanan yang benar-benar makanan

Ini harus menjadi moto makanan Anda: “Tidak ada orang yang menjadi gemuk karena memakan sayuran.” Makanan yang disebut “makanan yang sebenarnya” adalah yang alami, baik hewani maupun nabati, yang masih terlihat seperti bentuk aslinya dan belum melalui banyak proses penambahan bahan-bahan kimia di pabrik. 

Meningkatnya makanan olahan di pasaran, ditambah dengan marketing yang cerdas, menjadi penyebab mengapa lebih dari 66% masyarakat Barat mengalami kegemukan

Setiap saat Anda harus memakan sesuatu tanyakan diri Anda pertanyaan simpel: apakah ini makanan betulan?

Itulah hal yang dapat Anda lakukan untuk menguruskan badan, sebenarnya semuanya harus di awali dari niat. Tentukan dulu niat Anda apa, bukan hanya sebagai tren kecantikan wanita yang bertubuh kurus, namun utamakan  kesehatan Anda. Jika Anda kurus maka akan terhindar terhadap dari penyakit-penyakit yang berbahaya. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Time restricted eating: Does it work, plus beginner's tips. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322365)
Understanding meal patterns: definitions, methodology and impact on nutrient intake and diet quality. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4501369/)
Weight Loss & Diet Plans - Find healthy diet plans and helpful weight loss tools. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/default.htm)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app