6 Tips Agar Terbiasa Berjalan Kaki

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
6 Tips Agar Terbiasa Berjalan Kaki

Beberapa orang merasa sulit untuk membiasakan diri berolahraga rutin setiap hari, padahal untuk memulai kebiasaan baik ini sebenarnya tidaklah sulit. Pada dasarnya melakukan olahraga tidak harus pergi ke gym atau memilih jenis olahraga berat yang menguras fisik. Salah satu cara untuk membiarkan tubuh tetap bergerak adalah cukup dengan membiasakan diri berjalan kaki setiap hari selama beberapa menit.

Baca juga: Manfaat Jalan Kaki

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ada pula yang mengeluhkan bahwa olahraga dengan berjalan kaki hanya akan membuang waktu dan lebih baik menggunakan waktu tersebut untuk melakukan aktivitas lain. Padahal dengan berjalan kaki selama 30 menit, itu sudah cukup baik untuk kesehatan. Anda juga bisa melakukan kegiatan lain secara bersamaan dalam aktivitas harian Anda. Lalu apa saja tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap berolahraga namun tidak menyita waktu Anda dalam melakukan kegiatan lain?

Berapa jumlah langkah kaki yang dibutuhkan setiap hari agar tubuh sehat?

Jalan kaki terkadang dianggap sebagai aktivitas sepele, padahal dengan berjalan kaki Anda dapat membakar kalori dan lemak sehingga membantu menjaga berat badan yang ideal. Selain itu, jalan kaki dapat membantu Anda memperbaiki suasana hati serta meningkatkan kondisi kesehatan. Tetapi sebenarnya berapa langkah yang dianjurkan untuk dipenuhi dalam sehari untuk mendapatkan tubuh yang sehat?

Jika dalam sehari Anda hanya berjalan kaki kurang dari 5.000 langkah, ada baiknya untuk lebih aktif dalam membiasakan diri berjalan kaki. Karena gaya hidup yang kurang baik dengan kebiasaan malas bergerak dapat menimbulkan risiko peningkatan penyakit kronis di kemudian hari. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu menambah porsi jalan kaki dalam sehari.

Rekomendasi jumlah langkah minimal yang disarankan adalah berkisar antara 5.000-7.500 per hari dan hal tersebut masih tergolong dalam aktivitas ringan. Sementara jika Anda terbiasa berjalan kaki di angka 7.500-10.000 langkah setiap hari maka Anda akan lebih mudah mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

6 Tips agar terbiasa berjalan kaki

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke gym atau berolahraga, Anda dapat mulai kebiasaan sehat dengan berjalan kaki di antara berbagai aktivitas harian Anda. Untuk menjalani hal tersebut, ada beberapa tips agar Anda terbiasa berjalan kaki, di antaranya:

1. Gunakan pedometer

Jika Anda ingin mengetahui berapa banyak langkah yang sudah Anda jalani, Anda dapat menggunakan pedometer. Penggunaan pedometer akan membantu memudahkan Anda dalam menghitung jumlah langkah kaki secara otomatis. Pedometer saat ini sudah banyak dijual di pasaran atau Anda juga dapat menggunakan aplikasi di smartphone Anda sebagai pengganti pedometer.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Dengan melihat angka pada pedometer yang masih belum memenuhi target harian biasanya secara tidak langsung itu akan memberikan dorongan pada diri Anda untuk menambah porsi langkah di hari tersebut.

2. Cari alasan untuk berjalan kaki lebih banyak dari biasanya

Kebiasaan berjalan kaki harus dimulai secara bertahap dan dapat Anda lakukan dari hal kecil terlebih dahulu. Sebagai tahap awal, Anda dapat mulai dengan mencari alasan yang tepat untuk mulai berjalan kaki, sebagai contoh, Anda dapat pergi ke kantor dengan transportasi umum atau memilih tempat parkir yang lebih jauh dari biasanya.

Adaptasi yang tepat secara perlahan akan membuat Anda lebih mudah dalam menjalaninya dan tidak terlalu merasa terbebani. Setelah mulai terbiasa, Anda dapat meningkatkan porsi jalan kaki lebih banyak.

3. Pilih tangga daripada lift

Kemudahan mobilitas dapat menjadi salah satu kebiasaan yang kurang baik. Salah satunya penggunaan lift atau eskalator yang membuat orang enggan untuk berjalan kaki. Hal inilah yang dapat menjadi penghalang untuk memenuhi jumlah langkah kaki yang cukup. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengganti kebiasaan Anda yang sering menggunakan lift untuk beralih menggunakan tangga agar jumlah langkah kaki Anda dalam sehari dapat terpenuhi.

4. Jalan kaki setelah makan siang

Waktu makan siang bisa menjadi solusi untuk memenuhi langkah kaki Anda dalam sehari. Jika biasanya Anda memilih lokasi makan siang yang berada di dekat kantor atau memesan makanan melalui aplikasi, cobalah untuk memilih lokasi tempat makan yang berada sedikit lebih jauh agar Anda bisa melangkah lebih banyak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca juga: Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan

5. Kurangi belanja online

Apa hubungannya antara belanja online dengan jalan kaki? Berbelanja secara online telah menjadi pilihan yang saat ini banyak digunakan oleh para pembeli agar lebih cepat dan praktis dalam proses membeli barang. Namun kondisi ini pula yang dapat menjadi salah satu penyebab berkurangnya langkah kaki karena hanya dengan gerakan tangan yang dilakukan di kamar Anda dapat berbelanja.

Untuk menyeimbangkannya, Anda dapat mengubah kebiasaan berbelanja Anda dengan tetap melakukan pencarian barang secara langsung ke mal, pasar, toko, maupun supermarket sesekali. Meskipun lebih repot, tetapi ini juga dapat menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan dan tidak disadari meningkatkan kondisi kesehatan Anda.

6. Dengarkan musik saat jalan kaki

Tips berjalan kaki agar lebih menyenangkan adalah dengan mendengarkan musik atau podcast. Dua hal tersebut seringkali menjadi pilihan untuk menemani aktivitas harian karena secara tidak langsung selama berjalan pikiran Anda dapat sedikit teralihkan dengan musik atau podcast yang Anda dengar sehingga Anda tidak terlalu merasa lelah.

22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Walking for health. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/exercise/walking-for-health/)
Walking: Trim your waistline, improve your health. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/walking/art-20046261)
5 surprising benefits of walking. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/5-surprising-benefits-of-walking)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app