4 Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Selain itu, banyak faktor-faktor lain yang memicu terjadinya flek hitam seperti akibat polusi udara, sinar matahari, efek samping penggunaan kosmetik, dan faktor genetik. Untuk mengatasinya, tentu saja dibutuhkan cara khusus atau tertentu. Simak penjelasannya di bawah ini.
Dipublish tanggal: Agu 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 16, 2020 Waktu baca: 2 menit
4 Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Munculnya flek hitam pada wajah memang sangat mengganggu penampilan. Flek hitam ini terjadi akibat trauma hasil peradangan dari jerawat sebelumnya. 

Akibatnya, produksi melanin yang terjadi pada kulit terjadi berlebihan dan menyebabkan hiperpigmentasi yang menyebabkan muncul noda atau flek hitam di wajah Anda.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Selain itu, banyak faktor-faktor lain yang memicu terjadinya flek hitam seperti akibat polusi udara, sinar matahari, efek samping penggunaan kosmetik, dan faktor genetik. 

Untuk mengatasinya, tentu saja dibutuhkan cara khusus atau tertentu. Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa saja cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam?

1. Menggunakan serum atau krim wajah

Menggunakan serum yang mengandung bahan dasar hydroquinone sangat umum dilakukan untuk menghilangkan flek hitam, cara ini diyakini ampuh untuk menyamarkan flek-flek hitam yang membandel di wajah.

Walaupun demikian, FDA (Food and Drugs Administration) atau biasa disebut badan pengawas obat dan makanan di Amerika tidak membebaskan penggunaan bahan dasar hydroquinone. 

Akibatnya, bahan dasar ini dibatasi penggunaannya karena dapat memicu tumbuhnya sel kanker jika digunakan secara berlebihan. Mirip dengan zat yang digunakan untuk krim pemutih wajah. 

Namun, penggunaan bahan dasar hydroquinone tetap aman jika digunakan dengan dosis yang tepat untuk penggunaan kosmetik.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

2. Menggunakan retinol

Selain menggunakan bahan dasar hydroquinone, retinol juga dipercaya dapat menyamarkan dan menghilangkan flek hitam di wajah. Kandungannya mengandung beberapa bahan asam, seperti asam retinoat dan asam alfa hidroksi (AHA).

Keduanya memiliki peran penting untuk mempercepat pengelupasan pada kulit dan meningkatkan produksi sel kulit untuk membuat kulit kembali normal dan sehat.

Saat melakukan cara ini, Anda disarankan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Penggunaan retinol dapat memicu kulit menjadi sensitif dan mudah kering. 

Gunakan sunblock atau tabir surya tertentu untuk mengatasinya, sehingga flek hitam di wajah Anda dapat teratasi tanpa terjadinya masalah baru.

3. Laser wajah

Anda dapat menggunakan metode laser untuk menyamarkan flek hitam di wajah Anda selain menggunakan zat kimia atau krim tertentu. 

Penggunaan laser ini menggunakan cahaya yang dipancarkan pada lapisan kulit hingga noda hitam di wajah Anda perlahan memudar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Sama seperti cara yang lainnya, penggunaan laser ini memiliki beberapa efek samping seperti membuat wajah menjadi bengkak, kemerahan, munculnya keloid atau jaringan parut yang menonjol, infeksi, dan tekstur kulit yang berubah.

4. Cara mikrodermabrasi

Perawatan ini umumnya hanya bisa dilakukan oleh dokter ahli dan sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, karena akan menipiskan lapisan kulit secara perlahan. 

Jika Anda tertarik melakukan cara ini, Anda dapat melakukannya di dokter kecantikan atau dokter ahli. Namun, cara ini dapat membuat lapisan kulit Anda menjadi tipis sehingga tidak dianjurkan untuk sering melakukannya.

Bagaimana cara mencegah munculnya flek hitam?

Hindari paparan langsung sinar UV pada matahari untuk mencegah flek hitam muncul di wajah Anda, khususnya saat matahari sedang terik-teriknya sekitar jam 12 siang. 

Gunakan masker wajah, topi, atau paying untuk melindungi kulit Anda. Gunakan juga sunblock yang mengandung SPF tinggi saat menjalankan aktivitas sehari-hari, gunakan berulang-ulang sesuai ketahanan setiap produk.

Gunakan produk-produk yang sudah terjamin kualitasnya untuk krim penghilang flek hitam di wajah Anda. 

Jauhi krim-krim kecantikan yang menjanjikan mengatasi beberapa masalah kulit dalam satu krim seperti menghilangkan noda hitam, mengencangkan kulit, dan juga mencerahkan wajah. 

Tidak ada yang sekaligus menyembuhkan masalah kulit secara bersamaan.

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Telang PS. (2013). Vitamin C in dermatology. DOI: (https://dx.doi.org/10.4103/2229-5178.110593)
Sarkar R, et al. (2013). Cosmeceuticals for hyperpigmentation: What is available? DOI: (https://dx.doi.org/10.4103/0974-2077.110089)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app