4 Cara Membentuk Otot Untuk Wanita

Asupan gizi yang tepat bertindak sebagai bahan bakar bagi sel otot wanita untuk dapat bekerja dengan baik. Protein adalah sumber asupan gizi terbaik untuk memperbesar otot. Tapi bukan cuma itu, karbohidrat dan lemak juga dibutuhkan untuk mendukung pembentukan otot yang lebih optimal.
Dipublish tanggal: Jun 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
4 Cara Membentuk Otot Untuk Wanita

Sekarang ini, tidak hanya laki-laki saja yang wajib memiliki otot, tetapi hal itu berlaku juga bagi wanita. Sebagian besar wanita saat ini menginginkan tubuh dengan otot pada bagian-bagian tubuh tertentu karena otot kekar identik dengan bentuk tubuh yang kuat, sehat, dan bugar. 

Namun, wanita perlu kerja keras untuk bisa mendapatkan otot impiannya karena pada dasarnya tubuh wanita secara natural memang memiliki kandungan lemak yang lebih banyak daripada laki-laki. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh rendahnya kadar hormon testosteron pada tubuh wanita.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Meskipun begitu, dengan langkah-langkah yang tetap, kaum hawa tetap bisa mendapatkan tubuh dengan otot impian. Melakukan olahrga rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu dengan durasi waktu sekitar 20-30 menit dapat membantu para wanita membentuk otot mereka.

Sebelum melakukan latihan membentuk otot, sebaiknya para wanita berkonsultasi terlebih dahulu dengan pelatih fisik atau dokter. 

Latihan membentuk otot merupakan latihan cukup menuntut tubuh untuk bekerja dengan keras, sayangnya, orang dengan penyakit kronis (seperti jantung, hipertensi atau stroke) tidak dianjurkan untuk melakukan latihan ini. 

Selain itu, jangan melakukan olahraga kardio secara berlebihan sebelum melakukan latihan pembentukan otot. Anda bisa melakukan olahraga kardio dengan lari jarak pendek, bukan latihan aerobika dengan waktu yang lama. 

Batasi juga olahraga kardio Anda, misalnya dengan frekuensi 3-5 kali seminggu dengan durasi selama 20 menit.

Nah, setelah mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan latihan membentuk otot, Anda bisa memulainya dengan beberapa jenis olahraga berikut:

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

1. Berjalan atau lari

Salah satu jenis latihan membentuk otot yang wajib dicoba karena Anda tidak perlu membayar mahal sebuah gym untuk mendapatkan tubuh berotot impian Anda. Anda hanya membutuhkan sepatu lari dan pakaian yang nyaman menurut Anda untuk melakukan aktivitas berjalan atau berlari.

Anda bisa mencobanya dengan berjalan cepat atau berlari dengan tempo yang lambat secara rutin minimal 3 kali seminggu selama 15 sampai 30 menit. Apabila sudah terbiasa, ada baiknya untuk menambah waktu latihan sebanyak 5-10 menit setiap minggu.

2. Latihan peregangan otot

Latihan yang baik untuk membentuk otot adalah latihan peregangan dan kekuatan. Latihan ini bisa dilakukan dengan jenis latihan squat, lunges, push up, sit up, back up, deadlifts, cleans dan lain sebagainya. 

Anda bisa melakukan gerakan squat untuk 1 set yang terdiri dari 15 sampai 20 kali squat. Jika Anda sudah terbiasa dengan gerakan ini, coba lakukan squat dengan membawa barbel di kedua tangan.

3. Olahraga angkat berat

Tidak hanya latihan peregangan otot, latihan angkat berat atau weight lifting adalah salah satu metode yang cocok untuk membentuk otot pada wanita. Jangan takut untuk mencoba jenis latihan ini mulai dari beban yang paling ringan kemudian tambah bebannya 5 hingga 10 kilogram. 

Ingatlah untuk melakukannya Anda harus memiliki cukup energi dan merasa nyaman saat melakukannya, Jangan terlalu memaksakan diri apabila beban yang Anda tahan membuat Anda sakit atau tertekan.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

4. Crunches

Crunches merupakan latihan yang bagus untuk membentuk otot perut yang kuat. Gerakan yang hampir sama dengan sit up ini akan membantu Anda meningkatkan keseimbangan dilakukan dengan cara yang tepat dan teratur. 

Ketika melakukan crunches, rentang gerakan yang Anda lakukan lebih sempit dan posisi kaki tidak menapak ke lantai melainkan diangkat bersama-sama dengan tubuh bagian atas.

Yang harus Anda perhatikan juga selama menjalani latihan pembentukan otot adalah waktu istirahat. Jangan sampai Anda melewatkan waktu istirahat hany untuk mendapatkan otot impian Anda. Latihan pembentukan otot akan menyebabkan otot memasuki kondisi katabolik atau pemecahan protein otot. 

Dan sebagai responnya, tubuh harus memperbaiki jaringan otot. Selama proses perbaikan ini, tubuh sebenarnya “membangun” massa otot. Oleh karena itu, latihan pembentukan otot yang intens harus dibarengi dengan istirahat yang memadai. 

Anda bisa membatasi latihan pembentukan otot menjadi 3-4 kali seminggu dan jangan menargetkan untuk membentuk otot yang sama dalam waktu berturut-turut. Pastikan juga Anda tidur dengan nyenyak setiap malam, setidaknya dengan waktu 7-9 jam.

Perhatikan pula asupan gizi Anda yang dapat membantu pembentukan otot. Asupan gizi yang tepat bertindak sebagai bahan bakar bagi sel otot wanita untuk dapat bekerja dengan baik. Protein adalah sumber asupan gizi terbaik untuk memperbesar otot. 

Tapi bukan cuma itu, karbohidrat dan lemak juga dibutuhkan untuk mendukung pembentukan otot yang lebih optimal. 

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What Should Women Eat to Build Muscle?. Girls Gone Strong. (https://www.girlsgonestrong.com/blog/nutrition/muscle-building-nutrition/)
The Truth about Muscle Growth in Women. adidas Runtastic. (https://www.runtastic.com/blog/en/the-truth-about-muscle-growth-in-women/)
How to Build Muscle for Women. STACK. (https://www.stack.com/a/how-to-build-muscle-for-women)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app