11 Bahan Alami untuk Berhenti Merokok

Merokok tidaklah berpengaruh pada tubuh setelah beberapa tahun merokok, tetapi akan langsung berpengaruh pada kesehatan dari pertama kali Anda merokok. Rokok mengandung jumlah nikotin yang besar dan berefek buruk bagi kesehatan tubuh
Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
11 Bahan Alami untuk Berhenti Merokok

Memang sulit untuk berhenti merokok saat seseorang sudah menjadi perokok berat. Mungkin Anda sudah membuat resolusi berhenti merokok. Akan tetapi, apakah sudah berhasil menghentikan kebiasaan tersebut?

Pasalnya, merokok termasuk kebiasaan buruk yang mampu merusak paru-paru serta menimbulkan banyak penyakit. Apakah Anda menyadari setiap efek yang ditimbulkan ke tubuh Anda? Jika belum, kini saatnya mulai menyadari meskipun Anda hanyalah perokok ringan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Merokok tidaklah berpengaruh pada tubuh setelah beberapa tahun merokok, tetapi akan langsung berpengaruh pada kesehatan dari pertama kali Anda merokok. 

Rokok mengandung jumlah nikotin yang besar dan berefek buruk bagi kesehatan tubuh, di antaranya adalah tekanan darah tidak stabil, asma, kanker paru-paru, jantung koroner, serta gangguan kesehatan lainnya.

Semua keputusan berada di tangan Anda. Apakah Anda bersedia mengorbankan kesehatan demi zat kimia berbahaya atau melepas kebiasaan merokok demi kesehatan? Keduanya membutuhkan keputusan yang pasti dan konsisten. 

Inilah beberapa bahan alami sederhana untuk membantu berhenti merokok.

1. Oatmeal

Oats merupakan bahan yang sudah lama digunakan untuk menghentikan kebiasaan merokok. Anda dapat mengkonsumsinya untuk menghilangkan kebiasaan merokok. Caranya ambil satu sendok makan oatmeal bubuk. 

Campurkan dengan dua cangkir air yang mendidih. Diamkan satu malam, lalu rebus di pagi harinya selama 10 menit. Minumlah setiap hari setelah makan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Oats mampu membantu proses detoksifikasi tubuh dan menurunkan keinginan merokok. Gejala sakau akibat kandungan nikotin dalam rokok juga bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi oats. Lakukan dengan konsisten agar hasilnya optimal.

2. Air

Minum banyak air putih adalah solusi utama dalam mengatasi kebiasaan merokok. Air bisa membantu proses detoksifikasi tubuh. Kapanpun Anda merasa ingin merokok, minum saja segelas air. Hal ini tidak hanya menurunkan keinginan merokok, namun juga menurunkan gejala sakau akibat sering merokok.

3. Cabai Rawit

Cabai rawit merupakan bahan alami yang bisa menghentikan kebiasaan merokok. Campurkan saja cabai rawit ke dalam makanan ataupun dalam segelas air. Cabai rawit juga membantu menurunkan sensitivitas sistem pernapasan pada zat adiktif, seperti halnya tembakau dan nikotin. 

Cabai rawit juga menurunkan keinginan merokok.

4. Jahe

Salah satu gejala umum sakau akibat nikotin adalah rasa mual yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi jus jahe rutin. Cara membuatnya adalah dengan menambahkan 1 sendok teh jahe bubuk ke dalam air hangat. Tambahkan gula dan minumlah setelah makan pagi.

Jahe merupakan bahan efektif yang mampu mencegah produksi dopamin, yaitu komponen utama yang ada pada nikotin. Dengan demikian, efek nikotin bisa dikurangi. Anda akan cepat terbebas dari jeratan nikotin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

5. Multivitamin

Merokok juga berakibat buruk dalam mengurangi nutrisi penting di dalam tubuh. Hal ini bisa diatasi menggunakan suplemen vitamin A, C, dan E, yang membantu mengatasi gejala sakau akibat nikotin.

Vitamin A berfungsi memperbaiki lendir yang rusak serta vitamin E yang mampu memperbaiki sel rusak akibat merokok. Anda bisa mengkonsumsi jus jeruk demi mengembalikan jumlah vitamin C dalam tubuh yang semula berkurang akibat aktivitas merokok.

6. Lobella

Lobella juga berfungsi mengurangi keinginan merokok serta mengatasi gejala sakau akibat merokok, di antaranya mual, mudah lapar, iritasi, serta konsentrasi lemah. Semua gejala tersebut bisa diatasi dengan lobella.

7. Lobak

Lobak adalah bahan alami yang bisa diandalkan untuk menghentikan kebiasaan merokok. Parut lobak serta buanglah sarinya. Campurkanlah dengan madu dan minumlah dua kali sehari. Jika konsisten, maka keinginan merokok bisa diminimalisir lebih cepat.

8. Jus anggur

Kandungan asam dalam jus anggur mampu mengeluarkan nikotin dari dalam tubuh. Mengonsumsi jus anggur setiap hari ketika Anda siap berhenti merokok adalah hal yang tepat dilakukan. Konsumsi jus tersebut secara rutin demi hasil yang optimal.

9. Ekstrak biji anggur

Mengkonsumsi ekstrak biji anggur bisa memperbaiki kerusakan paru-paru yang disebabkan aktivitas merokok. Kebiasaan merokok bisa berakibat fatal bagi paru-paru. Dengan demikian, pengobatan alami dengan ekstrak biji anggur adalah peluang untuk sembuh.

10. Madu

Madu adalah bahan alami yang mampu menghentikan kebiasaan merokok. Vitamin, enzim, serta protein yang terkandung di dalam madu mampu menghentikan kebiasaan merokok. Karenanya, sangat perlu mengkonsumsi madu secara rutin.

11. Rokok herbal

Bahkan, Anda juga bisa mengkonsumsi rokok herbal yang tentunya mengandung 0% nikotin. Rokok ini berasal dari bahan herbal, di antaranya mint, kayu manis, licorice, cornsilk atau clover, dan serai. Akan tetapi, rokok herbal ini dilarang digunakan dalam jangka panjang. 

Pasalnya, rokok herbal juga mempunyai kandungan zat karsinogen. Agar tetap aman, pakai saja cara sebelumnya.

Berbagai bahan alami tersebut sangat membantu mengurangi keinginan merokok. Beberapa di antaranya bahkan mampu mengatasi sakau. Anda perlu mencoba mengkonsumsi berbagai bahan alami tersebut. Bisa pilih satu atau beberapa untuk diterapkan demi menghilangkan kecanduan dari rokok.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 myths about stop smoking treatments. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/10-myths-about-stop-smoking-treatments/)
Quitting Smoking. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/tobacco/data_statistics/fact_sheets/cessation/quitting/index.htm)
Benefits of Quitting Smoking Over Time. American Cancer Society. (https://www.cancer.org/healthy/stay-away-from-tobacco/benefits-of-quitting-smoking-over-time.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app