Itopride: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 15, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Waktu baca: 3 menit

Agen prokinetik, adalah jenis obat yang meningkatkan fungsi dari sistem pencernaan, tanpa mengganggu ritme dari organ penceranaan itu sendiri. 

Agen prokinetik digunakan untuk mengobati berbagai gejala pada sistem pencernaan seperti ketidaknyamanan perut, kembung, sembelit, dada terasa terbakar, mual, dan muntah dan berbagai gangguan sistem pencernaan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apa itu Obat Itopride?

Itopride adalah obag yang termasuk agen benzamide prokinetik. Seperti halnya obat prokinetik seperti yang dijelaskan di atas, obat ini mengatur gerakan otot polos di perut. 

Obat ini bekerja dengan menghambat reseptor dopamin D2 dan enzim yang memecah asetilkolin. Dengan demikian, konsentrasi asetilkolin meningkat sehingga meningkatkan motilitas (pergerakan dari usus dan organ pada sistem pencernaan). 

Itopride dapat digunakan pada pasien-pasien yang menderita penyakit gastro-esophageal reflux (GERD) dan mengalami gejala-gejala seperti dada terasa terbakar dan ketidaknyamanan perut. 

Obat ini juga mengobati kondisi seperti dispepsia fungsional, gastroparesis serta mual atau muntah yang mungkin terjadi pada pasien yang telah menjalani kemoterapi atau baru saja menjalani operasi.

Obat ini membantu pencernaan karena membantu proses pengosongan lambum lebih cepat. Itopride saat ini tidak disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) untuk digunakan di Amerika Serikat, juga belum disetujui di Inggris. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Hal ini mungkin menjelaskan kurangnya informasi pasien yang tersedia dalam bahasa Inggris dibandingkan dengan kelas pengobatan lain yang serupa. Pengobatan ini tersedia di Asia seperti India dan Indonesia.

Indikasi penggunaan Itopride

Dispepsia non-ulkus

Itopride digunakan untuk pengobatan dispepsia non-ulkus atau fungsional. Gejalanya termasuk kenyang, tidak nyaman dan kadang-kadang sakit perut.

Gastroparesis

Itopride digunakan untuk pengobatan kondisi di mana pergerakan makanan dari perut sangat lambat sehingga pengosongan lambung tertunda dan menyebabkan perut kembung.

Mual dan muntah

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Itopride juga kadang-kadang digunakan untuk pencegahan dan pengobatan mual dan muntah. Yang mungkin disebabkan karena kemoterapi atau operasi baru-baru ini.

Pada kondisi apa obat ini tidak dapat digunakan?

Obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap Itopride atau bahan lain yang terkandung didalamnya.

Obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada pasien yang mengalami pendarahan di dalam perut dan usus. Obat ini mungkin terkait dengan terjadinya kebocoran lambung.

Walaupun obat in dapat digunakan untuk mempercepat pengosongan lambung, obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada pasien yang mengalami penyumbatan di usus.

Obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada pasien yang memiliki gangguan terkait dopamin seperti penyakit Parkinson.

Bagaimana dosis dan pengunaan Itopride?

Itopride tersedia dalam bentuk tablet dengan sediaan Tablet, oral: 50 mg, 150 mg. Informasi di bawah ini bukanlah pengganti dari nasihat medis. selalu konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Dosis itopride untuk orang dewasa :  Dosis yang direkomendasikan adalah tablet 50 mg, 3 kali sehari

Dosis itopride untuk anak-anak : Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan obat ini?

Efek samping yang paling terjadi pada penggunaan Itopride termasuk sakit perut ringan, sedang dan diare. Beberapa efek samping lain yang mungkin terjadi termasuk: 

muncul ruam, pusing, kelelahan, nyeri punggung atau dada, peningkatan air liur, sembelit, sakit kepala, gangguan tidur, pusing, peningkatan hormon prolaktin yang dapat menyebabkan galaktorea (keluar cairan dari payudara yang bukan ASI) , dan ginekomastia (Payudara yang tumbuh pada pria).

Efek samping lain yang mungkin terjadi seperti:

Leukopenia, pengurangan kadar normal sel darah putih, dapat menjadi reaksi yang berpotensi mengancam jiwa terhadap itopride. 

Efek samping sistem saraf pusat cenderung tidak terjadi karena penetrasi yang buruk di sawar darah otak, meskipun sedikit peningkatan kadar prolaktin dapat terjadi. Peningkatan kadar prolaktin lebih sering terjadi pada rejimen itopride dosis tinggi.

Apakah Itopride dapat aman digunakan bersama dengan obat lain?

Semua obat berinteraksi secara berbeda dari orang ke orang. Anda harus memeriksa semua kemungkinan terjadinya interaksi dengan dokter Anda sebelum memulai obat apa pun.

Penggunaan alkohol dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan tingkat keasaman dan risiko efek samping sangat tinggi saat dikonsumsi bersamaan dengan obat ini.

Obat lain yang dapat menyebabkan interaksi dengan pengobatan Itopride adalah obat antikolinergik. Konsultasikan semua pengobatan yang Anda gunakan atau baru Anda gunakan seperti obat bebas, vitamin, suplemen atau obat herbal apapun kepada dokter Anda untuk memahami interaksi yang dapat terjadi lebih lanjut mengenai penggunaan obat ini.


2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Itopride: Indication, Dosage, Side Effect, Precaution. MIMS.com. (https://www.mims.com/malaysia/drug/info/itopride?mtype=generic)
Effect of itopride, a new prokinetic, in patients with mild GERD: A pilot study. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4615444/)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app