Witch Hazel: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 15, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Witch hazel (Hamamelis virginiana) adalah tanaman sejenis semak yang berasal dari Amerika Utara. Daun, kulit kayu dan ranting witch hazel dapat digunakan untuk membuat obat.

Witch hazel juga dikenal dengan nama Avellano de Bruja, Café du Diable, Hamamelis, Hamamélis, Hamamélis de Virginie, Hamamelis virginiana, Hazel, Noisetier des Sorcières, Snapping Tobacco Wood, Spotted Elder, Virginian Witch Hazel, Winter Bloom.

Mengenai Witch Hazel

Golongan

Obat herbal

Kemasan

Salep, bantalan obat, dan ekstrak cairan.

Kandungan

Tanin, polifenol, gallate ester

Manfaat Witch Hazel

Berikut manfaat witch hazel bagi kesehatan:

1.mengobati wasir

Witch hazel sering digunakan sebagai obat alami untuk membantu mengobati gatal, kemerahan, nyeri dan pembengkakan yang berhubungan dengan wasir karena efek anti-peradangannya. Selain itu, witch hazel juga memiliki sifat hemostatik, yang berarti dapat menghentikan perdarahan yang disebabkan oleh wasir.

2.Mengatasi iritasi kulit

Witch hazel telah terbukti dapat mengatasi eritema (kemerahan pada kulit yang disebabkan oleh cedera atau iritasi) hingga 27%.  Selain itu, dengan menggunakan witch hazel dapat memberikan ketenangan bagi kulit wajah yang sensitif atau teriritasi.

3.Mengatasi jerawat

Witch hazel mempunyai sifat anti-inflamasi yang kuat dan efek astringent yang dapat membantu mengecilkan pori-pori, dan menenangkan kulit serta menghilangkan peradangan sehingga bisa mencegah bakteri penyebab jerawat memasuki pori-pori kulit.

4.Mengatasi peradangan

Witch hazel mempunyai kandungan asam galat dan tanin, serta sifat anti-inflamasi yang kuat. Witch Hazel juga mengandung antioksidan yang membantu mencegah peradangan meluas dan menetralisir radikal bebas. Oleh karena itu, witch hazel dapat bermanfaat dalam pengobatan masalah yang berhubungan dengan peradangan, seperti jerawat, eksim atau psoriasis.

5.Mengurangi sakit tenggorokan

Witch hazel sering digunakan sebagai obat alami untuk meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi lendir pada tenggorokan. Hal ini karena witch hazel mempunyai sifat anti-inflamasi.

6.Mengurangi sensitivitas kulit kepala

Sensitivitas kulit kepala dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti perawatan rambut kosmetik hingga kondisi dermatologis, seperti psoriasis atau dermatitis seboroik. Witch hazel dapat membantu meredakan peradangan dan iritasi kulit kepala.

7.Mencegah infeksi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa witch hazel mempunyai manfaat dalam memerangi beberapa jenis infeksi virus. Penelitian tabung reaksi menemukan bahwa tanin dalam witch hazel menunjukkan efek antivirus terhadap influenza A dan human papillomavirus (HPV).

Efek samping Witch Hazel

Efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan witch hazel dapat berbeda pada tiap individu. Witch hazel mungkin aman digunakan bagi kebanyakan orang dewasa ketika dioleskan langsung ke kulit. Namun dapat menyebabkan iritasi kulit ringan pada beberapa orang.

Witch hazel mungkin aman ketika diminum dalam dosis kecil. Tapi pada beberapa orang dapat menyebabkan sakit perut. Penggunaan dosis besar dapat menyebabkan masalah hati. Jika Anda khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan witch hazel, silahkan konsultasi dengan dokter Anda.

Dosis Witch Hazel

Dosis untuk dewasa

Dosis untuk anak-anak

  • Untuk iritasi kulit: Salep yang mengandung witch hazel dapat digunakan beberapa kali sehari pada anak usia 2-11 tahun.

Interaksi Witch Hazel

Tidak ada informasi yang cukup mengenai interaksi witch hazel dengan obat lainnya. Silahkan konsultasikan lebih lanjut dengan dokter Anda.

Perhatian

  • Tidak ada informasi yang cukup mengenai keamanan penggunaan witch hasil bagi ibu hamil dan menyusui, namun sebaiknya Anda menghindarinya jika dalam kondisi tersebut.
  • Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan witch hazel.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Richard N., Witch hazel (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-witch-hazel-90061), 26 November 2019.
Rachael Link, Witch hazel (https://www.healthline.com/nutrition/witch-hazel-benefits-uses), 16 July 2018.
Gerhard Whitworth, Witch hazel (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323628.php), 8 November 2018.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app