Makanan dan Diet Sehat

Waspadai Sumber Karbo Tersembunyi Yang Tidak Disadari

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Mar 13, 2020 Waktu baca: 2 menit
Waspadai Sumber Karbo Tersembunyi Yang Tidak Disadari

Menghitung asupan karbohidrat sangat penting bagi orang dengan diabetes tipe 2. Hati-hati, Anda bisa kecolongan karena makanan dan minuman favorit.

Karbohidrat adalah salah satu unsur wajib pola makan sehat seimbang. Tapi, Anda harus bijak memilih sumbernya dan waspada terhadap makanan dan minuman yang nampaknya aman tapi ternyata memiliki kandungan karbo yang cukup tinggi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Waspadai Sumber Karbo Tersembunyi Yang Tidak Disadari

Beberapa makanan seperti nasi putih, pasta putih, kentang yang dilembutkan, dan berbagai jenis kue sudah jelas tinggi karbo dan Anda tahu harus membatasi asupannya. 

Tapi masih ada jenis makanan yang banyak orang tidak sadar merupakan sumber karbo, misalnya saus spagetti mengandung 24 gram karbo per cangkirnya. Jumlah ini setengah dari anjuran 45-60  gram persekali makan yang dianjurkan American Diabetes Association. Selain saus pasta, inilah enam makanan dan minuman yang secara diam-diam tinggi kandungan karbohidratnya. 

1. Macam-macam penambah rasa

Saus Barbecue, saus keju, saus koktail, saus mol (di negara kita kadang disebut saus Meksiko) mengandung 10 sampai 15 gram karbohidrat per porsi. Kuncinya adalah batasi jumlah konsumsi dan bagilah dalam porsi kecil. Gunakan sikat kue (pastry brush) untuk mengoles saus ketimbang langsung menuangkannya dari botol. Anda masih akan mendapatkan banyak rasa tapi dengan lebih sedikit karbohidrat.selain itu, pilihlah keju parut dibanding saus krim keju.

2. Smoothies 

Dua belas ons minuman smoothie mengandung 60 gram atau lebih karbohidrat. Kontrol karbohidrat Anda dengan membuat smoothie sendiri di rumah menggunakan secangkir susu almond tanpa gula, secangkir stroberi beku, dan sekitar 3,5 ons yogurt Yunani. Anda akan memiliki sarapan yang sehat dengan kurang dari 20 gram karbohidrat.

3. Kopi berperasa 

Jika kopi moka menjadi minuman kegemaran Anda, itu artinya selama ini Anda sudah menumpuk banyak karbo ekstra. Dalam 16  ons kopi moka terandung lebih dari 40 gram karbohidrat. Cappuccino adalah pilihan yang lebih baik karena hanya mengandung 12 gram karbohidrat. Anda bokteh menambahkan kayu manis untuk memperkaya rasa. Ingatlah selalu, kopi hitam polos tidak mengandung karbohidrat.

4. Yogurt 

Meski yogurt kaya akan protein dan kalsium, hati-hati dengan kandungan karbohidrat kandungannya, terutama untuk yogurt berperasa tambahan. Enam ons yogurt rendah lemak rasa buah mengandung lebih dari 20 gram karbohidrat. Maka itu, Anda harus rajin membaca daftar kandungan gizi yogurt yang terdapat pada kemasan.  Untuk mengurangi asupan karbohidrat, pilih yogurt Yunani atau pilih yogurt dengan rasa yang ringan. Seratus tujuhpuluh gram yogurt Yunani polos tanpa lemak hanya memiliki 6 gram karbohidrat.

5. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari gandum. Oatmeal merupakan pilihan sarapan yang sehat membuat sarapan yang sehat jika tidak ditambah macam-macam rasa. Satu sajian oatmeal berperasa mengandung sekitar 33 gram karbohidrat, sedangkan sepertiga cangkir oatmeal tanpa rasa hanya memiliki sekitar 18 gram karbohidrat. Tambahkan beberapa potong buah segar untuk mendapatkan rasa manis yang alami.

6. Makanan kemasan berlabel bebas gula, bebas lemak

Produk makanan bebas lemak seringkali justru tinggi karbohidrat karena setelah lemak dihilangkan, produsen menambahkan pemanis atau gula. Satu-setengah cangkir es krim vanila bebas lemak  memiliki hampir 21 gram karbohidrat, sedangkan versi full-fat-nya hanya memiliki kurang dari 16 gram karbo. Sour cream (krim asam) bebas lemak mengandung hampir 36 gram karbohidrat percangkir sementara full-fat sour cream hanya memiliki kurang dari 7 gram karbo.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
When a Carb's Not a Carb: The Net Carb Debate. WebMD. (https://www.webmd.com/women/features/net-carb-debate)
Fad Diets: Why They Don't Work & What To Do Instead. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/guide/the-truth-about-fad-diets)
8 Ways Food Companies Hide the Sugar Content of Foods. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/8-ways-sugar-is-hidden)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Cek Fakta Lengkap Diet Karbohidrat dan Cara Melakukannya
Cek Fakta Lengkap Diet Karbohidrat dan Cara Melakukannya

Asupan karbohidrat saat diet karbohidrat sebaiknya dibatasi hingga 60 sampai 130 gram. Jumlah karbohidrat ini mengandung kalori sebanyak 240 sampai 520 kalori. Jangan mengurangi asupan karbohidrat hingga kurang dari 60 gram per harinya.

Buka di app