Tips Menu Sarapan Sehat yang Sebaiknya Anda Konsumsi Setiap Pagi

Sumber karbohidrat yang sebaiknya dikonsumsi di pagi hari adalah yang terbuat dari biji-bijian utuh seperti roti gandum utuh, sayur serta buah-buahan. Anda juga sebaiknya menambahkan menu dengan asupan protein yang cukup. Protein berguna untuk menjaga stamina tetap fit hingga siang harinya.
Dipublish tanggal: Jul 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tips Menu Sarapan Sehat yang Sebaiknya Anda Konsumsi Setiap Pagi

Sarapan merupakan saat primer yang tidak boleh dilewatkan untuk memulai hari. Dengan mengkonsumsi sarapan di pagi hari, anda dapat memperoleh energi untuk memulai aktivitas. Sayangnya, banyak orang yang justru menghindari sarapan karena berbagai alasan seperti kesibukan ataupun karena diet yang salah. 

Padahal, sarapan di pagi hari justru dapat menjaga berat badan tetap ideal. Tentu saja, hal ini berlaku dengan catatan, yaitu apabila sarapan yang anda konsumsi merupakan menu sehat yang dapat memberikan energi cukup bagi tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Menu sarapan yang harus dikonsumsi

Sarapan harus anda jalani dengan catatan jangan asal mengkonsumsi makanan. Banyak orang yang menganggap bahwa sarapan di pagi hari bisa apa saja asalkan mengenyangkan. 

Oleh sebab itu, banyak orang yang memilih menu sarapan roti tawar putih, sereal rendah serat, nasi putih serta makanan apapun asalkan mengenyangkan. Padahal anda seharusnya memulai hari dengan mengkonsumsi makanan yang tidak berasal dari karbohidrat olahan. 

Hal ini dikarenakan karbohidrat olahan justru dapat menyebabkan kadar gula darah anda meningkat.

Sumber karbohidrat yang sebaiknya dikonsumsi di pagi hari adalah yang terbuat dari biji-bijian utuh seperti roti gandum utuh, sayur serta buah-buahan. Anda juga sebaiknya menambahkan menu dengan asupan protein yang cukup.

Protein berguna untuk menjaga stamina tetap fit hingga siang harinya. Sebaiknya, anda juga menambahkan asupan makanan yang mengandung serat tinggi yang baik bagi pencernaan anda.

Pilihan menu sarapan sehat yang bisa dicoba

  • Jika anda menyukai buah-buahan manis di pagi hari, anda bisa mengkonsumsi buah pisang yang telah dibuat jus dan dicampur susu rendah lemak. Asupan ini dapat memenuhi kebutuhan protein, vitamin, dan serat. Untuk menyempurnakannya, anda bisa menambahkan roti gandum utuh satu sampai dua lembar.
  • Meski memiliki cita rasa yang asam, namun mengkonsumsi yoghurt di pagi hari ternyata sangat disarankan. Hal ini dikarenakan yoghurt mengandung protein, kalsium, vitamin D serta probiotik yang baik bagi pencernaan anda di pagi hari. Sebaiknya anda tambahkan pula buah-buahan sesuai selera anda ketika mengkonsumsi yoghurt
  • Ingin yang simpel? Anda bisa mengkonsumsi satu buah pisang dan satu biji telur rebus. Kedua makanan ini dapat memenuhi kebutuhan anda  akan lemak, protein, karbohidrat, dan vitamin untuk memulai beraktivitas.
  • Jika anda tidak suka mengkonsumsi buah-buahan utuh, anda bisa membuat jus dari berbagai macam buah dan mencampurkannya dengan yoghurt rendah lemak sebagai menu sarapan. Menu ini sangat cocok dikonsumsi oleh anda yang sedang diet rendah lemak
  • Anda juga bisa membuat menu sandwich sehat di pagi hari dengan cara membuat telur dadar kemudian diberi sayuran dan ditumpuk di atas roti gandum utuh. Sandwich sehat ini sangat cocok dikonsumsi untuk anda tidak punya waktu banyak menyiapkan sarapan.
  • Jika anda menyukai sereal, sebaiknya pilih sereal yang terbuat dari biji gandum utuh karena kandungan serat dan proteinnya yang tinggi. Untuk mengkonsumsinya, anda dapat menambahkan susu rendah lemak ditambah buah-buahan segar yang dipotong kecil
  • Menu sehat lainnya adalah dengan mencampur susu rendah lemak dan oatmeal kemudian ditambah kacang-kacangan serta buah-buahan segar.

Beberapa menu di atas sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama untuk menyiapkannya. Namun, bagi anda yang tetap merasa sulit untuk mempersiapkan menu tersebut di pagi hari, anda dapat menyiasatinya dengan memasak menu sarapan tersebut di malam harinya. 

Jika anda tetap ingin sarapan dalam bentuk segar, anda cukup menyiapkan bahan-bahan malam harinya untuk langsung diolah pagi hari. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Healthiest Foods to Eat for Breakfast. Health.com. (https://www.health.com/food/the-20-healthiest-foods-to-eat-for-breakfast)
The 12 Healthiest Foods to Eat for Breakfast. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/12-best-foods-to-eat-in-morning)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app