7 Tips Tetap Sehat Secara Mental Saat Menghadapi Fase 'New Normal'

Dipublish tanggal: Mei 20, 2020 Update terakhir: Agu 5, 2021 Waktu baca: 4 menit
7 Tips Tetap Sehat Secara Mental Saat Menghadapi Fase 'New Normal'

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Fase 'new normal' adalah istilah yang menggambarkan kehidupan 'normal baru' yang terbentuk akibat pengaruh wabah COVID-19.
  • Jika Anda cemas, ingatlah bahwa semua orang juga memiliki kecemasan yang sama. Ambil sisi positifnya karena fase 'normal' yang baru ini membuat Anda lebih rajin menjaga kebersihan dan kesehatan diri.
  • Batasi baca berita seperlunya saja, setidaknya 1-2 kali per hari, agar perasaan jauh lebih tenang dan tidak mudah stres.
  • Perbanyak komunikasi dengan keluarga atau kerabat via video call. Saling menyemangati satu sama lain dapat membantu merilekskan pikiran sekaligus meningkatkan mood.
  • Pikiran yang sehat juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Perbanyaklah makan sayur, buah-buahan, ikan, hingga susu agar mendapatkan nutrisi yang cukup bagi kesehatan fisik dan mental.
  • Sempatkanlah olahraga, karena ini dapat merangsang produksi hormon endorfin yang memberikan energi positif. Perasaan Anda pun jadi lebih baik.
  • Klik untuk membeli perlengkapan new normal dari rumah Anda melalui HDmall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD.
  • Dapatkan paket cek COVID-19 berupa swab PCR, swab antigen, dan rapid test dengan harga bersahabat dan tim medis berpengalaman di HDmall.

Fase 'new normal' adalah istilah yang menggambarkan fase 'kenormalan baru' yang terbentuk akibat pengaruh wabah COVID-19. Jika sebelumnya Anda bisa beraktivitas dengan bebas, kini Anda harus mempersiapkan banyak hal terlebih dahulu seperti pakai masker, cuci tangan, dan menghindari kerumunan. Maka wajar saja jika perubahan ini membuat Anda cemas dan khawatir. Namun agar lebih tenang, simak dulu berbagai tips menjaga kesehatan mental di fase 'new normal' berikut ini.

Tips menjaga kesehatan mental menghadapi fase 'new normal'

Setiap orang tentu akan memberikan reaksi yang berbeda-beda dalam menghadapi 'the new normal'. Anda mungkin bisa tetap tenang, namun belum tentu bagi orang lain, bisa saja lebih panik dan cemas.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pemeriksaan COVID-19 via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket covid-19 hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia h18 covid 19

Meski tidak mudah, tetap kendalikan pikiran dan perasaan Anda agar tidak terus berlarut-larut. Lakukan beberapa cara ini agar kesehatan mental Anda tetap terjaga, antara lain:

1. Ingat, semua orang memiliki kecemasan yang sama

Perubahan rutinitas dari bebas beraktivitas, lalu dibatasi akibat PSBB, dan kembali beraktivitas 'normal' lagi membuat kebanyakan orang jadi kaget bahkan stres. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari munculnya perasaan khawatir ketularan virus corona, beban pikiran yang bertambah, atau jadi panik saat bertemu dengan kerumunan setelah berbulan-bulan di rumah.

Baca juga: 8 Tips Sehat dan Aman Beraktivitas Saat Pelonggaran PSBB

Satu yang harus diingat adalah bahwa semua orang memiliki kecemasan yang sama. Artinya, tidak hanya Anda yang merasa pusing atau panik menghadapi fase 'new normal' ini.

Oleh karena itu, sikap penerimaan menjadi hal yang penting dalam hal ini.  Lambat laun, Anda akan mampu beradaptasi dengan pola kehidupan yang baru. Namun, pastikan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

2. Beradaptasi secara perlahan

Meski awalnya tidak mudah, ikutilah fase baru yang ditimbulkan akibat wabah virus corona seperti sekarang ini. Ambil sisi positifnya, sebab Anda bisa jadi lebih rajin lagi menjaga bersihan diri dengan cuci tangan pakai sabun, lebih menjaga kesehatan dengan konsumsi makanan bergizi, pakai masker untuk melindungi tubuh dari penyakit menular, dan sebagainya.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pemeriksaan COVID-19 via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket covid-19 hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia h18 covid 19

Yang terpenting lagi, teruslah berpikir positif. Ingatlah bahwa fase ini akan segera terlewati dan membuat Anda terbiasa. 

Baca selengkapnya: 7 Cara Beradaptasi dengan Gaya Hidup New Normal Akibat COVID-19

3. Baca berita seperlunya

Menjaga kesehatan mental dengan tetap tenang saat wabah COVID-19 menjadi hal yang penting, apalagi di fase 'new normal' seperti sekarang ini. Sebab jika tidak, perasaan stres dan cemas justru bisa menurunkan daya tahan tubuh dan membuat Anda gampang sakit.

Sumber rasa cemas dan kekhawatiran paling banyak umumnya karena berita perkembangan virus corona COVID-19 di televisi maupun media sosial. Maka itu, sebaiknya cukup baca berita seperlunya, setidaknya 1-2 kali saja per hari, agar perasaan Anda jauh lebih tenang.

Pilihlah sumber berita yang tepercaya agar tidak menimbulkan spekulasi yang berlebihan. Setelah itu, segera matikan TV dan alihkan perhatian Anda dengan hal lain agar tidak terbawa perasaan negatif.

4. Jalin komunikasi dengan keluarga dan kerabat

Perasaan cemas tidak hanya terjadi pada diri Anda, tapi juga semua orang. Agar tak mudah stres, banyaklah berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat lewat telepon atau video call

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pemeriksaan COVID-19 via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket covid-19 hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia h18 covid 19

Di sini, Anda bisa saling bertukar kabar dan menyemangati satu sama lain agar bisa menjalani fase 'new normal' ini dengan baik. Mengobrol dengan orang lain juga bisa membantu merilekskan pikiran sekaligus meningkatkan mood.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan waktu luang di rumah untuk melakukan aktivitas seru bersama keluarga. Contohnya memasak, berkebun, atau olahraga bersama demi menjaga kesehatan mental dan fisik.

5. Makan teratur

Perbanyaklah konsumsi sayuran, buah-buahan, ikan, hingga susu agar kebutuhan nutrisi tubuh Anda tetap terjaga. Pasalnya, kondisi fisik yang sehat juga akan memengaruhi pikiran Anda. 

Pikiran dan suasana hati Anda dipengaruhi oleh senyawa serotonin dan sekitar 95% serotonin diproduksi di saluran pencernaan. Oleh karena itulah, memenuhi kebutuhan nutrisi makanan sangat penting untuk menjaga pikiran tetap rileks dan suasana hati membaik.

6. Sempatkan olahraga

Olahraga itu penting karena tak hanya baik untuk menjaga stamina dan fisik, melainkan juga mampu menjaga kesehatan mental saat di fase 'new normal'. Pasalnya, olahraga dapat merangsang produksi hormon endorfin yang memberikan energi positif, sehingga perasaan Anda jadi jauh lebih baik.

Hanya saja, Anda mungkin tidak bisa terlalu bebas olahraga di luar ruangan karena harus menghindari kerumunan untuk mencegah penularan virus corona. Anda boleh saja jogging atau bersepeda di luar, tapi tetaplah jaga jarak. Atau lebih amannya lagi, cukup berolahraga di rumah dengan melihat video online.

7. Istirahat yang cukup

Bukan cuma tubuh yang perlu istirahat, pikiran Anda pun juga demikian. Istirahat yang cukup akan membantu memulihkan pikiran Anda yang jenuh atau stres karena menghadapi fase 'new normal'.

Sebelum tidur, tulis semua kecemasan Anda dalam jurnal. Jika ada beberapa hal yang tidak bisa diubah, maka biarkan saja ia berlalu dengan sendirinya.

Namun, jika ada yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecemasan, segera catat dan lakukan mulai esok hari. Setelah itu, segeralah tidur dan pastikan Anda mendapatkan cukup tidur 7-8 jam sehari agar tubuh dan pikiran tetap sehat.

Baca juga: 6 Pedoman Penerapan Hidup "New Normal" dari WHO

Menjalani fase 'new normal' memang tidak mudah di awal. Namun bagaimana pun, tetap jalani hidup Anda dengan sebaik mungkin demi menjaga kesehatan mental di tengah wabah virus corona COVID-19. Jangan lupa juga untuk terus menerapkan protokol kesehatan di mana pun Anda berada.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
WHO. Statement – Transition to a ‘new normal’ during the COVID-19 pandemic must be guided by public health principles. (http://www.euro.who.int/en/media-centre/sections/statements/2020/statement-transition-to-a-new-normal-during-the-covid-19-pandemic-must-be-guided-by-public-health-principles). 26 April 2020.
BBC. The best mental health tips for staying sane in isolation. (https://www.bbc.com/worklife/article/20200429-the-new-normal-top-tips-for-good-mental-health). 29 April 2020.
Time. How to Stay Physically and Mentally Healthy While COVID-19 Has You Stuck at Home. (https://time.com/5804130/covid-19-social-distancing-wellness/). 18 Maret 2020.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app