ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

8 Tips Sehat dan Aman Beraktivitas Saat Pelonggaran PSBB

Dipublish tanggal: Mei 19, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
8 Tips Sehat dan Aman Beraktivitas Saat Pelonggaran PSBB

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Pelonggaran PSBB memang bisa membuat Anda lebih leluasa beraktivitas, tapi dengan catatan tetap perhatikan protokol kesehatan dari pemerintah.
  • Meski sudah boleh beraktivitas di luar rumah, pastikan untuk selalu menggunakan masker kain untuk mencegah penularan virus corona.
  • Di mana pun Anda berada, tetap perhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak aman (physical distancing) minimal 1-2 meter.
  • Hindari bersalaman dengan orang lain. Sebaiknya ganti dengan pose namaste atau melambaikan tangan saat bertemu teman atau kerabat.
  • Tetap rajin cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, terutama setelah menyentuh benda-benda di tempat umum. Jangan lupa selalu siap sedia hand sanitizer di dalam tas.
  • Terapkan pola hidup sehat lainnya dengan makan makanan bergizi, olahraga, tidur cukup, dan menghindari stres agar tidak mudah sakit.

Sejak awal munculnya wabah virus corona di Indonesia pada Februari lalu, belakangan ini pemerintah mulai menyiapkan skenario pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Itu artinya, masyarakat bisa bersiap untuk kembali beraktivitas seperti biasa dan memasuki fase "new normal". Namun, perlu diingat bahwa wabah COVID-19 masih terus ada di sekitar kita, sehingga jangan sampai pembebasan ini membuat Anda mengabaikan protokol kesehatan. Maka dari itu, mari simak tips sehat dan aman beraktivitas saat PSBB berikut ini.

Tips sehat beraktivitas selama pelonggaran PSBB

Pelonggaran PSBB bukan berarti Anda bisa bebas beraktivitas dan melupakan semua upaya pencegahan virus corona yang telah dilakukan selama ini. Meski sudah tak lagi dibatasi dengan ketat, pelonggaran PSBB tetap tidak boleh dianggap remeh, mengingat virus corona masih bisa menular kapan saja dan terjadi di mana saja. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pemeriksaan COVID-19 via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket covid-19 hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia h18 covid 19

Bahkan, bukan tidak mungkin jika risiko penularan COVID-19 justru akan semakin tinggi akibat adanya kerumunan di tempat-tempat umum. Misalnya saat naik transportasi umum, mengantre di bank, masuk ke pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan kebersihan menjadi hal yang sangat penting dilakukan. Bagi Anda yang berencana ingin kembali beraktivitas normal saat pelonggaran PSBB, baiknya ikuti tips sehat berikut ini:

1.  Pakai masker kain

Meski sudah boleh beraktivitas di luar rumah, pastikan untuk selalu menggunakan masker kain. WHO mengungkapkan bahwa pakai masker bisa membantu mencegah penularan virus SARS-CoV-2 hingga 70%. 

Walaupun orang-orang di sekitar Anda tidak tampak sakit, penderita COVID-19 ternyata kebanyakan tanpa gejala. Maka itu, jangan sesekali keluar rumah sebelum pakai masker kain.

Baca Juga: Anjuran Baru Penggunaan Masker untuk Cegah Penularan COVID-19

2. Tetap jaga jarak aman

Di mana pun Anda berada, tetap perhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak aman (physical distancing) minimal 1-2 meter. Sebisa mungkin hindari kerumunan dalam satu ruangan tertutup untuk mencegah risiko penularan.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pemeriksaan COVID-19 via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket covid-19 hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia h18 covid 19

Jika harus berkumpul dalam satu tempat (misalnya saat sedang rapat atau naik kendaraan), batasi jumlah orang di dalamnya. Kalau ingin berbelanja, pilihlah jam-jam sepi agar tidak banyak kontak langsung dengan orang lain. 

Baca Selengkapnya: Pentingnya Social Distancing Agar Virus Corona Tak Makin Genting

3. Hindari bersalaman dengan orang lain

Pelonggaran PSBB bukan berarti membolehkan Anda untuk bebas bersalaman atau berpelukan dengan orang lain. Tetap hindari tradisi bersalaman dengan orang lain demi meminimalisir penularan virus corona.

Ketimbang berjabat tangan, ganti dengan pose namaste atau melambaikan tangan saat bertemu teman atau kerabat. Tenang, hal ini tidak akan melunturkan keakraban Anda dengan orang lain, kok.

4. Rajin cuci tangan

Beraktivitas di luar rumah memungkinkan Anda untuk lebih banyak menyentuh benda-benda di tempat umum. Oleh karena itu, segeralah mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir untuk mencegah penularan penyakit lewat permukaan tangan.

Tak lupa, selalu sediakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 70% dan masukkan ke dalam tas yang Anda bawa ke mana-mana. Hal ini bisa menjadi solusi untuk menjaga kebersihan tangan saat tidak ada air atau di saat-saat kepepet.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pemeriksaan COVID-19 via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket covid-19 hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia h18 covid 19

5. Konsumsi makanan bergizi

Agar sistem imun tubuh tetap kuat saat beraktivitas di tengah PSBB, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi. Perbanyaklah asupan vitamin C karena mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh, contohnya dari jeruk, nanas, semangka, stroberi, pepaya, dan sebagainya.

Tambahkan juga porsi sayur dalam menu makanan Anda. Sayur-sayuran mengandung kombinasi vitamin dan mineral lengkap yang mampu menjaga daya tahan tubuh Anda sehari-hari.

6. Sempatkan olahraga

Berbulan-bulan kerja di rumah mungkin membuat Anda rindu berolahraga di tempat gym. Namun, jika Anda masih takut untuk pergi ke tempat gym, Anda juga bisa berolahraga di tempat terbuka, misalnya di taman atau stadion.

Yang terpenting, jangan lupa untuk tetap pakai masker kain dan jaga jarak selama berolahraga. Anda bisa sekadar berjalan santai, jogging, atau bersepeda. Tak hanya menyehatkan, olahraga juga bisa membuat pikiran jadi rileks dan tenang.

7. Hindari stres

Setelah terbiasa dengan suasana rumah yang tenang, Anda mungkin saja akan kaget saat kembali bertemu dengan kemacetan dan orang banyak. Hati-hati, jangan sampai stres karena itu bisa menurunkan sistem imun Anda.

Alihkan stres dan pikiran suntuk dengan hal-hal yang Anda sukai, misalnya mengobrol dengan teman kantor (dengan tetap menjaga jarak), konsumsi makanan atau minuman favorit, hingga sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan ibukota. 

8. Istirahat cukup

Minggu-minggu pertama kembali beraktivitas setelah pelonggaran PSBB mungkin membuat Anda kaget bahkan stres. Jangan biarkan ini terlalu lama agar tidak mengganggu kesehatan.

Setelah seharian beraktivitas, segera istirahatkan tubuh dan pikiran Anda. Pastikan untuk tidur cukup 7-8 jam sehari agar tubuh tetap sehat. Supaya lebih rileks, Anda juga bisa melakukan yoga atau meditasi sebelum tidur.

Pelonggaran PSBB bukan berarti mengabaikan protokol kesehatan. Selalu jaga jarak dan jaga kesehatan serta kebersihan Anda saat berada di luar rumah untuk menghindari penularan virus corona COVID-19.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Time. How to Stay Physically and Mentally Healthy While COVID-19 Has You Stuck at Home. (https://time.com/5804130/covid-19-social-distancing-wellness/). 18 Maret 2020.
The Guardian. To help stop coronavirus, everyone should be wearing face masks. The science is clear. (https://www.theguardian.com/commentisfree/2020/apr/04/why-wear-a-mask-may-be-our-best-weapon-to-stop-coronavirus). 4 April 2020.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app