GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

7 Cara Beradaptasi dengan Gaya Hidup New Normal Akibat Covid-19

Dipublish tanggal: Mei 19, 2020 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 4 menit
7 Cara Beradaptasi dengan Gaya Hidup New Normal Akibat Covid-19

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Dampak pandemi virus Corona yang terjadi saat ini telah merubah kehidupan manusia termasuk kesehatan, perekonomian, pola hidup, hingga kebiasaan sehari-hari yang menimbulkan adanya gaya hidup baru 'the new normal'
  • Hingga saat ini belum tersedianya vaksin atau obat virus Corona (Covid-19) sehingga kita tetap perlu menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian, misalnya penggunaan masker, physical distancing, serta rajin mencuci tangan
  • Perubahan gaya hidup yang terjadi selama pandemi Covid-19 ini membuat kita harus mampu beradaptasi dengan kondisi 'the new normal', mulai dari tahap penerimaan hingga adaptasi yang menjadi kebiasaan dalam keseharian kita
  • Perlu diperhatikan pula bahwa tekanan selama masa pandemi Covid-19 bisa menjadi lebih besar bagi sebagian orang, sehingga setiap orang perlu memahami cara yang tepat dalam mengatasi kejenuhan, stress, dan kondisi lain yang mungkin meresahkan bagi dirinya
  • Selain memastikan penerapan protokol kesehatan yang benar, kita juga harus mencari cara untuk tetap merasa nyaman selama pandemi Covid-19, seperti melakukan hal yang menyenangkan ataupun menyempatkan waktu berinteraksi dengan orang lain

Selama beberapa bulan terakhir, hampir seluruh kegiatan dan aktivitas kita seperti bekerja, belajar, dan beribadah dilakukan di rumah. Hal tersebut tentu tidak mungkin terjadi jika tanpa alasan yang besar dan berdampak bagi banyak orang.

Ya, pandemi virus Corona yang masih merebak hampir di seluruh dunia ini telah membuat perubahan dalam kehidupan manusia. Bagaimana tidak, hampir seluruh aspek kehidupan mulai dari kesehatan, perekonomian, pola hidup, hingga kebiasaan sehari-hari menjadi terdampak akibat penyakit menular tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pemeriksaan COVID-19 via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket covid-19 hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia h18 covid 19

Apalagi hingga saat ini, masih belum tersedianya vaksin atau obat virus Corona (Covid-19) menjadi pertimbangan besar untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) dalam kehidupan sehari-hari. 

Oleh karena itu, ketika dihadapkan pada realita di mana aktivitas bekerja, belajar, dan beribadah harus dijalani kembali setelah pandemi ini dinyatakan reda, setiap orang tetap dianjurkan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 sebagai salah satu kontribusi menghentikan penyebaran virus ini.

Kehidupan normal yang dulunya terjadi sebelum pandemi Covid-19 melanda mungkin tidak akan sepenuhnya kembali. Maka dari itu, kita perlu beradaptasi dengan kehidupan ‘the new normal’, seperti penggunaan masker, physical distancing, serta mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang dijalani sebagai kebiasaan sehat selama pandemi Covid-19.

Baca juga: 8 Tips Sehat dan Aman Beraktivitas Saat Pelonggaran PSBB

7 Cara Beradaptasi dengan Gaya Hidup New Normal Akibat Covid-19

1. Belajar menerima keadaan atau situasi ‘the new normal’

Perubahan pola hidup sebelum dan setelah adanya pandemi global Covid-19 di dunia pastinya menimbulkan perbedaan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga membuat terjadinya kebiasaan baru yang disebut dengan ‘new normal’. 

Oleh karena itu, cara beradaptasi dengan gaya hidup new normal yang paling utama adalah menerima kondisi yang terjadi saat ini. Meski tak dipungkiri, virus Covid-19 telah memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan manusia, terutama dalam hal kesehatan dan juga perekonomian secara tidak langsung. Tetapi gaya hidup new normal mungkin dapat menjadi cara hidup baru yang lebih baik.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pemeriksaan COVID-19 via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket covid-19 hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia h18 covid 19

2. Cari dan baca informasi dari sumber berita yang terpercaya

Berdiam diri di rumah selama berbulan-bulan mungkin dapat meningkatkan rasa jenuh dan kebosanan bagi sebagian orang. Apalagi ditambah dengan banyaknya akses berita atau informasi terkait Covid-19 dan dampaknya bagi kehidupan sehari-hari yang terkadang menimbulkan rasa khawatir dan pesimisme.

Maka dari itu, cara beradaptasi dengan gaya hidup new normal juga perlu mempertimbangkan mana informasi yang perlu diperhatikan dan mana yang tidak. Dalam mencari dan membaca informasi terkait perkembangan Covid-19 sendiri juga perlu dilakukan secara hati-hati agar tidak menimbulkan gangguan mental dan stress berlebih yang justru dapat melemahkan sistem imun tubuh. 

3. Selipkan hal yang menyenangkan dalam aktivitas harian

Cara beradaptasi dengan gaya hidup new normal selanjutnya adalah dengan menemukan aktivitas atau hal seru yang menyenangkan sebagai bagian dari kegiatan sehari-hari untuk mengusir rasa jenuh dan bosan yang mungkin muncul serta menjaga produktivitas selama masa pandemi Covid-19.

Apalagi kehidupan ‘new normal’ yang terjadi saat ini menuntut kita untuk mampu beradaptasi dengan perubahan dan aktivitas yang terbatas sesuai dengan aturan protokol kesehatan yang aman untuk dilakukan. Oleh sebab itu, selama masih dalam batas aman, lakukan saja kegiatan atau aktivitas yang mampu meningkatkan rasa bahagia, misalnya dengan bermain video game, belajar memasak, membereskan rumah, atau hal lain yang sesuai dengan minat Anda.

4. Berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain

Salah satu cara beradaptasi dengan gaya hidup new normal lain yang bisa diterapkan adalah dengan memiliki lingkungan pertemanan yang sehat. Membatasi kontak fisik dengan orang lain memang perlu dilakukan, tetapi dengan tetap berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain biasanya akan membantu mengurangi kejenuhan dan meningkatkan hormon dopamin (kebahagiaan). 

Berbagai macam tekanan psikis yang juga mungkin terjadi selama pandemi Covid-19 tanpa disadari akan mempengaruhi kesehatan termasuk peningkatan hormon stress ataupun penurunan daya tahan tubuh. Karena hal itu, setiap orang diharapkan memiliki teman bertukar cerita serta tetap berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain untuk membantu mengurangi beban pikiran yang mungkin dirasakan. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pemeriksaan COVID-19 via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket covid-19 hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia h18 covid 19

5. Memahami dan menerapkan protokol kesehatan yang benar

Cara beradaptasi dengan gaya hidup new normal akan menjadi tantangan baru saat menjalani kehidupan setelah Covid-19 mereda. Kondisi tersebut mungkin tidak akan mudah, tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan yang benar dan ketat dalam kehidupan sehari-hari, maka kemungkinan terpapar virus Corona (Covid-19) juga akan semakin rendah.

Tetapi harus dipahami pula bahwa protokol kesehatan demi mencegah paparan dan penyebaran Covid-19 semakin meluas tetap wajib dilakukan. Beberapa hal tersebut meliputi rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, menggunakan masker di manapun berada, hindari menyentuh area wajah, menutup mulut ketika batuk atau bersin, menjaga jarak aman dengan orang lain (physical distancing), dan ketika sakit hindari bepergian keluar rumah.

6. Terapkan pola hidup sehat sebagai kebiasaan sehari-hari

Cara beradaptasi dengan gaya hidup new normal yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah menerapkan pola hidup sehat sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari meski wabah Covid-19 telah mereda. 

Selain menghindari terpaparnya virus Corona (Covid-19), kebiasan sehat yang umumnya mulai dilakukan sejak merebaknya virus Covid-19, seperti kebiasaan mencuci tangan, berjemur di bawah sinar matahari pagi, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, berolahraga di rumah, beristirahat dengan cukup juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan serta membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari penyakit.

Baca juga: Sudah Berjemur? Ini Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan

7. Saling menjaga demi kebaikan bersama

Menjalankan protokol kesehatan termasuk menghindari keramaian dan mengatur jarak aman dengan orang lain (physical distancing) tak hanya bertujuan untuk menjaga diri sendiri dari virus menular tersebut. Tetapi juga membantu menjaga orang lain dari risiko penularan virus Covid-19. 

Maka dari itu, penerapan cara beradaptasi dengan gaya hidup new normal ini tak hanya penting bagi Anda sendiri, tetapi juga bagi orang lain yang ada di sekitar Anda. Karena setiap orang berhak atas kehidupan yang sehat dan aman sehingga patutnya kita saling menjaga demi kebaikan bersama.

Dengan memahami dan menerapkan pola hidup baru ‘new normal’ setelah pandemi Covid-19 ini, mulai dari tahap penerimaan hingga adaptasi, maka Anda akan terbiasa menjalani kebiasaan ‘the new normal’ tanpa ada rasa keterpaksaan karena sudah mulai nyaman akan perubahan yang terjadi akibat pandemi Covid-19.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Conversation. Coronavirus weekly: balancing a ‘new normal’ while keeping COVID-19 in check. (https://theconversation.com/coronavirus-weekly-balancing-a-new-normal-while-keeping-covid-19-in-check-138577)
WHO. Statement – Transition to a ‘new normal’ during the COVID-19 pandemic must be guided by public health principles. (http://www.euro.who.int/en/media-centre/sections/statements/2020/statement-transition-to-a-new-normal-during-the-covid-19-pandemic-must-be-guided-by-public-health-principles). 26 April 2020

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app