Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
AHMAD MUHLISIN
Kesehatan Fisik

MERS-CoV Mengancam Dunia, Penyakit Apakah Itu?

Update terakhir: NOV 17, 2019 Tinjau pada NOV 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.109.647 orang

MERS-CoV Mengancam Dunia, Penyakit Apakah Itu?
Beberapa waktu lalu, kawasan Timur Tengah menggegerkan dunia dengan munculnya penyakit akibat virus yang mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia. Penyakit itu adalah MERS-CoV. Lalu apakah itu MERS-CoV?
 
Menurut Kementerian Kesehatan RI, MERS merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh corona virus yang disebut dengan Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV). Virus ini sangat berbeda dengan corona virus lain yang sudah banyak ditemukan. Virus ini mirip dengan corona virus yang ada pada kelelawar. Dan penularan terjadi dari hewan (onta) secara ilmiah belum terbukti diyakini menular human to human melalui titik liur (droplet) yang dihirup oleh orang lain.
 
Virus ini sama seperti virus yang menyerang pernafasan lainnya. Virus corona sangat mudah menyebar melalui udara. Anda pun dapat mendeteksi dini apakah Anda terserang virus MERS-CoV atau tidak dengan beberapa gejala, seperti panas, gejala respirasi atau pernafasan batuk, sesak dengan atau tanpa nyeri dada, Penurunan fungsi ginjal, Baru pulang dari daerah yang banyak kasus MERS-CoV, Bersentuhan atau berdekatan atau merawat dengan orang lain yang memenuhi kriteria suspek MERS-CoV.

Orang-orang yang mudah terinfeksi virus mematikan ini adalah mereka yang kekebalan tubuhnya rendah, seperti orang yang sedang sakit, lansia, anak kecil, orang yang sedang kelelahan, dalam perjalanan, dan makan tidak teratur.
 
Oleh sebab itu, untuk lansia diatas usia 65 tahun, anak-anak dibawah usia 12 tahun, dan Anda yang memiliki riwayat penyakit paru berat dan atau penyakit lain nya misalnya Diabetes, penyakit jantung, kanker dan penyakit sistem kekebalan tubuh disarankan untuk tidak melakukan perjalanan ibadah umrah atau haji.
 
Karena MERS-CoV terbilang sebagai penyakit baru, jadi hingga saat ini memang belum ada vaksin khusus untuk mencegah penyakit ini. Meski begitu, Anda tetap dapat melakukan pencegahan dengan memperkuat imunitas tubuh Anda.
 
Anda dapat mengonsumsi vitamin agar tubuh tetap fit selama menjalani ibadah haji. Selain itu Anda juga dapat menjaga kebugaran tubuh dengan asupan nutrisi dan istirahat yang cukup. Tak lupa, selama naik haji selalu menggunakan masker dan masker yang digunakan adalah masker N95 yang memenuhi standar dan rajin-rajin untuk mencuci tangan.

Tak hanya itu, Anda juga dihimbau untuk menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang belum dibersihkan. Penting juga untuk menghindari kontak secara dekat dengan orang yang sedang menderita sakit saat melakukan perjalanan atau berada di kawasan Timur Tengah.
 
Selain itu, peran aktif masyarakat untuk melaporkan atau membawa pasien dengan kriteria seperti di atas termasuk para dokter yang bekerja pada layanan primer harus cepat tanggap terhadap kasus suspek MERS-CoV.
 
MERS-CoV pertama kali ditemukan di Negara Arab Saudi pada tahun 2012. Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia dihimbau untuk berhati-hati saat akan atau baru saja ke kawasan Timur Tengah, karena virus ini dapat menyebabkan kematian. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini