Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Perawatan Tubuh

Tips Mengatasi Telapak Tangan Kasar

Update terakhir: FEB 16, 2020 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.953.850 orang

Tips Mengatasi Telapak Tangan Kasar

Coba raba telapak tangan Anda, bagaimana rasanya? Jika terasa kasar dan kering, Anda perlu memberikan perhatian pada telapak tangan. Pasalnya, telapak tangan merupakan anggota tubuh yang paling rajin bekerja. Pekerjaan apapun yang kita lakukan, ada peran telapak tangan di situ, dari mandi, mencuci, dan mengetik dan sebagainya. Dibandingkan anggota tubuh yang lain, telapak tangan juga paling sering bergesekan dengan berbagai macam benda. Akibatnya, kulit telapak tangan menjadi kering, pecah-pecah hingga kasar. 

Selain karena aktivitasnya, faktor lingkungan dan suhu udara di sekitar Anda juga dapat membuat kulit, termasuk kulit di telapak tangan mengalami dehidrasi. Tak hanya itu, mencuci tangan demi menjaga kebersihan juga membuat kulit telapak tangan lama kelamaan menjadi kering karena terlalu sering bersentuhan dengan bahan kimia sabun.

Nah, untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa mempraktikkan tips berkut ini: 

1.Lindungi telapak tangan dengan memakai sarung tangan karet, atau yang berbahan lateks, saat melakukan pekerjaan yang bersentuhan dengan air dan bahan kimia. Pilih sarung tangan yang bagian dalamnya terbuat dari katun.

2.Saat mencuci tangan, usahakan untuk menggunakan air hangat yang tidak terlalu panas agar tidak mengikis minyak alami pada kulit telapak tangan. Jangan menggosok tangan terlalu keras dan fokus pada bagian dalam telapak tangan saja. 

3.Gunakan bahan pembersih tangan yang lembut, tanpa tambahan deodoran, antibakteri, tambahan busa atau sabun yang berpewangi berlebihan. Berbagai bahan tambahan inilah yang dapat mengikis lemak pelembut kulit telapak tangan yang fungsinya menyimpan air. Pilihlah sabun dengan pelembut alami atau pembersih tanpa tambahan sabun. Hindari bahan pembersih dengan campuran alkohol atau astringent, maupun produk yang mengandung asam hidroksi yang banyak terdapat di dalam krim anti keriput.


4.Pakailah pelembap untuk meredakan kondisi kulit kering dan kasar. Setiap sehabis mencuci tangan, segera aplikasikan losion yang terbuat dari bahan dasar dominan minyak, seperti:
•Petroleum jelly atau petrolatum, jenis mineral minyak dan lanolin yang sifatnya mengunci air di dalam kulit.
•Losion yang mengandung asam lactic dan urea yang dapat membantu kasus kulit kering akut.
•Losion yang mengandung gliserin dan dimethicone yang menarik air ke kulit.
•Losion yang mengandung hyaluronic acid yang membantu kulit mempertahankan kelembapannya.

5.Saat tidur malam, pakailah pelembap lalu masukkan tangan ke dalam sarung tangan berbahan katun selama 30 menit. Cara ini bertujuan untuk membantu mengunci kelembutan pada telapak tangan.


Jika berbagai tips di atas sudah dipraktikkan namun kulit telapak tangan masih tetap terasa kering, saatnya untuk menemui dokter kulit dan melakukan konsultasi. Bisa jadi, telapak tangan tetap kasar karena adanya kondisi penyakit kulit seperti eczema. Dokter juga dapat meresepkan krim atau salep dengan kandungan yang lebih kuat untuk mengatasi kulit telapak tangan yang kering dan iritasi. (PA)

 

Ditinjau oleh: dr. Deffy Laksani Anggar Sari

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit