Jari dan Tangan Kaku Saat Bangun Tidur? Coba Latihan Ini

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Jari dan Tangan Kaku Saat Bangun Tidur? Coba Latihan Ini

Pernahkah Anda merasa jari-jari dan tangan terasa kaku ketika bangun tidur? Kondisi ini tentu mengganggu kenyamanan hidup Anda. Pasalnya, banyak pekerjaan yang membutuhkan kelincahan tangan tidak dapat terselesaikan secara lebih cepat lantaran jari-jari dan tangan mendadak kaku di pagi hari. 

Tangan dan jari-jari yang kaku ini bisa karena kondisi kesehatan tertentu, seperti artritis atau  aktivitas berulang yang dilakukan dengan tangan secara agresif, dan membuat tangan menjadi kaku. Untuk mengatasi serangan rasa kaku, berikut ini latihan tangan ringan yang bisa Anda praktikkan untuk menambah kekuatan tangan dan memperbaiki fungsi tangan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Rendam tangan terlebih dahulu di dalam air hangat
Air yang hangat dan titik apung alami air dapat menjadi awalan yang baik bagi Anda untuk mempersiapkan tangan sebelum melakukan aktivitas mengatasi kekakuan selanjutnya. Rendam tangan di dalam air dan gerak-gerakkan tangan melawan daya apung alaminya. 

Selain merendam tangan, Anda dapat juga menggoyang-goyangkan tangan dan memijat-mijat setiap jari dari bagian ruas bawahnya hingga ke ujung-ujungnya untuk memperlancar peredaran aliran darah.

2. Lakukan latihan tangan
Kepalkan tangan dan renggangkan jari tangan sejauh mungkin dalam gerakan membuka dan menutup. Atau, cobalah gerakan menempelkan jari-jari tangan dan menggerak-gerakkannya dengan pergelangan tangan sebagai tuasnya dan jari mengarah ke atas. Kemudian, secara perlahan, tekuk ujung jari dan tukikkan hingga membentuk gerakkan ombak dengan telapak tangan hingga ujung jari menghadap ke bawah. 

Tukar arahnya dan kali ini arahkan lagi jari dari posisi menghadap bawah ke posisi awal yang menghadap ke atas.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Easy Exercises to Prevent Hand Stiffness. Healthline. (https://www.healthline.com/health/psoriatic-arthritis/prevent-stiffness)
Trigger finger - Symptoms and causes. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/trigger-finger/DS00155/DSECTION=1)
Does Joint Stiffness Mean I Have Rheumatoid Arthritis?. WebMD. (https://www.webmd.com/rheumatoid-arthritis/joint-stiffness-and-rheumatoid-arthritis)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app