Tips Memulai Yoga untuk Tubuh Gemuk, Tetap Sehat Tanpa Menilai Fisik

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Memulai Yoga untuk Tubuh Gemuk, Tetap Sehat Tanpa Menilai Fisik

Sering kali Anda melihat orang-orang yang melakukan yoga adalah orang yang memiliki tubuh ramping dan cenderung ideal. Mungkin sempat terbesit di pikiran Anda, apa yoga hanya diperuntukkan bagi mereka yang bertubuh langsing? Jawabannya tentu tidak. 

Yoga diperuntukkan bagi siapa saja. Yoga tidak memandang bentuk tubuh dan berat badan, semua orang bisa melakukan yoga. Berbagai manfaat yoga seperti mengurangi stres, meningkatkan kebugaran, meningkatkan kelenturan hingga membakar kalori tubuh tentu menggiurkan bagi banyak orang.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Lalu bagaimana cara memulai yoga untuk orang yang bertubuh gemuk?

Yoga adalah pilihan olahraga yang tepat bagi Anda yang bertubuh gemuk. Gerakan-gerakan yang ada pada olahraga yoga adalah gerakan yang mudah, sehingga Anda dapat mudah beradaptasi. 

Latihan-latihan dengan intensitas rendah seperti yoga akan membuat Anda yang bertubuh gemuk merasa nyaman. Satu hal yang menjadi menarik adalah gerakan pada yoga juga dapat dimodifikasi sesuai dengan tubuh Anda.

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat berdampak pada masalah nyeri sendi. Mungkin Anda yang memiliki tubuh yang gemuk pernah mengalaminya. 

Melalui latihan yoga, Anda dapat meningkatkan keseimbangan tubuh dan melakukan relaksasi untuk mengurangi ketegangan pada sendi-sendi Anda. Peningkatan keseimbangan tubuh yang Anda dapatkan dari yoga juga memungkinkan Anda untuk memiliki usia yang panjang. 

Orang yang mengalami obesitas, mungkin saja lebih sering mengalami stres. Di sinilah yoga berperan untuk membantu menenangkan pikiran Anda dan melemaskan otot-otot tubuh Anda yang tegang.

Bagaimana cara memulai yoga dengan tubuh yang gemuk?

Untuk memulai yoga, Anda harus terlebih dahulu belajar dari seorang instruktur yoga profesional dan berpengalaman. Instruktur yoga profesional akan mengenalkan pada Anda tentang gerakan dan psoe yoga yang sesuai dengan tipe tubuh Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Kemungkinan instruktur juga akan memberikan alat peraga yang dapat membantu Anda melakukan berbagai gerakan yoga.

Bagi Anda para pemula, biasanya Anda akan dikenalkan dengan latihan Hatha Yoga. Apa itu Hatha Yoga? Hatha Yoga adalah latihan yang cenderung fokus pada gerak fisik dan pernapasan daripada mental atau psikis.


Hatha Yoga umumnya dilakukan dengan mengombinasikan posisi duduk dan berdiri dengan tempo yang lambat, sehingga Anda dapat lebih menikmati setiap gerakan dengan rileks.

Seorang pendiri Heavyweight Yoga di Texas bernama Abby Lentz menyarankan agar para pemula mendiskusikan dengan instruktur yoga terlebih dahulu sebelum memulai kelas supaya dapat beradaptasi dengan baik. 

Jika Anda merasa kurang percaya diri atau tidak siap dengan format kelas yoga group, Anda bisa memilih kelas yoga pribadi. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan baik untuk mempelajari gerakan-gerakan dasar yoga dan memungkinkan Anda untuk lebih percaya diri sebelum nantinya dapat bergabung dengan kelas berformat group. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Untuk bekal pengetahuan tentang yoga, Anda bisa berdiskusi secara online dengan komunitas-komunitas penggemar yoga supaya Anda mendapatkan banyak referensi. 

Anda juga bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya dari internet untuk menambah wawasan tentang yoga. Dengan pengetahuan yang cukup, Anda akan merasa lebih nyaman dan lebih percaya diri selama mengikuti sesi latihan yoga.

Apakah ada tips tertentu untuk melakukan yoga bagi orang bertubuh gemuk?

Berikut ini adalah beberapa tips melakukan yoga bagi Anda yang memiliki tubuh gemuk supaya Anda merasa nyaman selama sesi latihan yoga :

  • Mengenali tubuh
  • Memperluas posisi
  • Menggunakan alat peraga
  • Selalu berpikir positif

Apabila paha, lengan, payudara atau kulit perut Anda menghalangi Anda dalam bergerak, maka pegang dan gerakkanlah. Mungkin instruksi ini tidak ditulis dalam aturan atau skrip kelas yoga tradisional, tetapi Anda dapat mengambil inisiatif untuk membuat diri Anda merasa nyaman dengan tubuh Anda. Kenali dan cobalah mengerti tubuh Anda.

Beberapa postur berdiri pada yoga sering kali menuntut Anda untuk membuka kaki selebar pinggul. Bagi Anda yang bertubuh besar, Anda bisa melebarkan kaki Anda dengan jarak yang membuat Anda merasa nyaman.

Anda dapat memanfaatkan tali yoga untuk gerakan-gerakan yang dirasa sulit seperti apabila instruktur yoga meminta Anda untuk menyentuh tangan Anda ke jari-jari kaki untuk peregangan hamstring. Tali yoga akan membantu Anda mencapai peregangan dan membantu Anda pada gerakan-gerakan sulit lainnya.

Perlu Anda ingat bahwa yoga bukan tentang kesempurnaan apalagi kompetisi dan persaingan. Yoga adalah sarana untuk menyelaraskan tubuh dan pikiran Anda. Anda diajak untuk terhubung dengan aspek jasmani dan rohani. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yoga: Methods, types, philosophy, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/286745.php)
13 Benefits of Yoga That Are Supported by Science. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-yoga)
Yoga Health Benefits: Flexibility, Strength, Posture, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/balance/guide/the-health-benefits-of-yoga)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Anda Ingin Tulang Sehat Dan Kuat? Lakukan Latihan Beban Untuk Kesehatan Tulang Kini Dan Nanti
Anda Ingin Tulang Sehat Dan Kuat? Lakukan Latihan Beban Untuk Kesehatan Tulang Kini Dan Nanti

Sklerostin merupakan salah satu jenis protein alami yang ada di dalam tubuh manusia. Jika jumlah kadar sklerostin menumpuk pada tulang dengan jumlah yang melampaui batas, maka tulang akan sangat rentan dengan pengeroposan. Latihan beban dapat meningkatkan hormon IGF-1 yang berfungsi untuk menjaga pertumbuhan tulang.

Kenali Manfaat dan Resiko Latihan Fisik EMS Untuk Menurunkan Berat Badan Sebelum Mencoba
Kenali Manfaat dan Resiko Latihan Fisik EMS Untuk Menurunkan Berat Badan Sebelum Mencoba

Yang harus Anda ketahui adalah bahwa latihan fisik EMS hanya berdurasi sekitar 20 menit. Berbeda dengan olahraga lainnya yang mebutuhkan waktu sekitar 40-60 menit, seperti olahraga kardio atau olahraga lain yang bertujuan untuk melatih otot Anda. Meskipun memakan waktu yang cukup singkat, latihan fisik EMS mengakibatkan rasa lelah yang sama dengan jenis latihan fisik lainnya.

Begini Cara Melakukan Olahraga CrossFit untuk Pemula
Begini Cara Melakukan Olahraga CrossFit untuk Pemula

Apabila sebelumnya kamu belum pernah melakukan olahraga ini, namun ingin mencobanya di rumah, ada lima latihan ketahanan tubuh untuk mendongkrak kinerja tubuhmu. Lima latihan ini bisa kamu lakukan satu persatu selama lima hari.

Buka di app