Pemula Lakukan 5 Gerakan Yoga Dasar Ini

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pemula Lakukan 5 Gerakan Yoga Dasar Ini

Bagi pemula, memilih gerakan yoga yang bisa dilakukan memang cukup tricky. Ada beberapa gerakan yoga yang terlihat mudah namun sebenarnya tidak disarankan untuk pemula. Memilih gerakan yoga yang tepat sangat penting terlebih bila Anda berlatih yoga di rumah tanpa bantuan instruktur. 

Gerakan Dasar Yoga bagi Pemula

Berikut ini beberapa gerakan yoga yang bisa Anda lakukan bagi pemula:

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

1. Cat cow

Gerakan cat cow ini sangat penting bila Anda masih memulai latihan yoga. Selain itu gerakan ini juga membantu menurunkan sakit punggung dan memberikan peregangan yang baik pada tulang belakang

Anda bisa mulai gerakan ini dengan posisi merangkak kemduian regangkan tulang unggung dengan gerakan meluruskan dan menekuk tubuh secara perlahan. Anda bisa merasakan peregangan pada tulang punggung.

2. Mountain pose

Salah satu gerakan yoga yang plaing sederhan lainnya adalah mountain pose. Gerakan ini diawali dengan posisi berdiri diam, dada terbuka, dan tangan berada di samping tubuh. Gerakan mountain pose bermanfaat untuk menganalisas postur tubuh. 

Anda bisa melihat bila selama ini bahu Anda miring atau punggung terlalu membungkuk.

Mulakan gerakan mountain pose ini dengan berdiri tegak, kemudian rasakan bila punggung menjadi lurus. Letakkan posisi tangan di samping dengan telapak tangan terbuka.

3. Child’s pose

Gerakan rileks yoga yang paling sederhana dalah child’s pose. Posisi ini bermanfaat untuk melemaskan tubuh yang lelah atau merasa kewalahan. Anda bisa memulai gerakan ini dengan posisi yang sama dengan gerakan downward facing dog. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Namun, pada gerakan child’s pose ini, turunkan bokong ke bawah dan tempelkan pada lutut serta telapak kaki yang ada di atas matras. Selain itu, turunkan baju ke lantai dan luruskan tangan ke depan sejauh mungkin dengan pandangan masih menghadap ke lantai.

4. Tree pose

Tree pose ini adalah salah satu gerakan yoga dasar yang bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan dan kelenturan tubuh. Gerakan ini juga sangat mudah dilakukan, yaitu dimulai dengan posisi berdiri tegak. Letakkan kedua tangan di depan dada. 

Lalu, tekuk lutut salah satu kaki ke arah luar dan tempelkan telapak kaki tersebut pada bagian paha dalam kaki yang lain. Lakukan gerakan ini selama 30 menit kemudian lakukan untuk kaki yang lain.

5. Downward facing dog

Posisi downward dog ini seperti membuat huruf V terbalik, yaotu posisi kepala menghadap ke bawah. Untuk melakukan gerakan ini, Anda bisa mulai dengan membungkuk, kemudian letakkan kedua tangan di atas matras. Posisi tangan harus berada lebih di depan daripada bahu.

Saat memulai gerakan ini, mulailah dengan posisi lutut menekuk di atas matras, lalu angkat lutut hingga membentuk lurus ke belakang. Usahakan kaki, tangan dan punggung tetap lurus selama melakukan gerakan ini dan tidak menekuk.

Kunci Latihan Yoga bagi Pemula

Kunci latihan yoga untuk pemula adalah dengan memilih gerakan yang tepat sesuai dengan tingkat kelenturan dan keseimbangan tubuh. Jangan memaksa melakukan latihan yang tingkat lanjut bila Anda masih pemula karena beresiko menimbulkan cedera. 

Mulailah dengan latihan level rendah dan tingkatkan intensitas bila dirasa Anda sudah mampu.

Selain itu, hindari untuk berlatih yoga terlalu keras bila dalam keadaan sakit. Hal ini karena ketika tubuh sakit, keseimbangan bisa terganggu dan malah beresiko menigkatkan cedera. 

Bila Anda berlatih yoga dari rumah dan secara otodidak, usahakan untuk menggunakan peralatan yang tepat dan melakukan yoga dengan aman.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yoga: Fight stress and find serenity. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/yoga/CM00004)
Yoga Health Benefits: Flexibility, Strength, Posture, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/balance/guide/the-health-benefits-of-yoga)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app