Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Tetryzoline Hidrochlorie: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 10, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.740.776 orang

Pastinya hampir setiap orang pasti pernah mengalami peristiwa mata merah. Mata merah biasa terjadi karena adanya iritasi atau paparan dari luar seperti terkena paparan debu, asap, ampas rokok, saat berenang dll. 

Terjadinya mata merah memang bukan suatu hal yang darurat tapi cukup mengganggu aktvitas sehari-hari. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut biasanya dapat diatasi dengan obat tetes mata.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Obat tetes mata merupakan salah satu pilihan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi mata merah. Salah satu obat yang biasa digunakan yaitu obat tetes mata yang mengandung Tetryzoline Hidrochloride. Untuk membahas lebih lanjut mengenai obat itu. Simak penjelasan artikel dibawah ini. Selamat membaca.

Kegunaan obat Tetryzoline Hidrochloride

Tetryzoline Hidrochlorie yang juga dikenal sebagai Tetrahydrozoline, merupakan turunan dari imidazoline. Obat ini biasa ditemukan dalam obat tetes mata dan semprotan hidung yang dijual bebas. Obat ini juga bekerja dengan cara mempersempit pembuluh darah di mata dan mengurangi kemerahan mata yang disebabkan oleh iritasi

Beberapa merek tetes mata Tetryzoline Hidrochloride mungkin mengandung pelumas. Pelumas diketahui dapat membantu melindungi mata dari iritasi dan kekeringan pada mata.

Dosis dan cara menggunakan obat Tetryzoline Hidrochloride

Obat Tetryzoline Hidrochloride merupakan obat dengan sediaan cair yang diteteskan di mata. Tetes mata ini biasanya diaplikasiakan di mata yang terinfeksi sebanyak tiga atau empat kali sehari atau sesuai kebutuhan. Ikuti petunjuk pada label obat atau label resep Anda dengan hati-hati, dan minta dokter atau apoteker untuk menjelaskan bagian mana pun yang masih Anda tidak mengerti.

Dosis obat tetes Tetryzoline Hidrochloride yang biasa digunakan untuk mengatasi iritasi pada mata yaitu:

1-2 tetes 0.01-0.05% larutan hingga 4 kali dalam sehari. Pengunaan obat ini tidak boleh lama dari 3- 4hari kecuai ada resep atau anjuran dari dokter.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sebelum menerapkan obat tetes Tetryzoline Hidrochloride, sebaiknya Anda membaca baik-baik petunjuk penggunaan obat tersebut. Pastikan Anda mencuci tangan Anda terlebih dahulu. Dan untuk menghindari kontaminasi, jangan menyentuh ujung pipet obat atau membiarkannya menyentuh mata Anda atau permukaan lainnya. 

Periksa ujung pipet untuk memastikannya tidak ada kerusakan pada kemasan obat tersebut. Lepaskan lensa kontak sebelum meneteskan obat tetes mata. Jika ingin menggunakannya kembali, tunggu setidaknya 10 menit setelah obat ini diteteskan.

Efek samping obat Tetryzoline Hidrochloride

Obat tetes mata Tetryzoline Hidrochloride dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti berikut:

  • Penglihatan kabur
  • Iritasi pada mata
  • Pupil yang membesar.

Tetryzoline tidak cocok untuk penggunaan jangka panjang karena efek vasokonstriktifnya pada mata akhirnya berkurang atau berhenti. Ketika tubuh terbiasa dengan obat ini, maka menghentikan penggunaan obat ini dapat menyebabkan mata menjadi merah.

Jika terdapat efek samping lain yang tidak biasa tetapi serius seperti tremor, detak jantung yang cepat atau berdebar, berkeringat, dan lemah. Segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Serta hentikan pengobatan jika terlihat tanda-tanda alergi ( gatal, kemerahan, bengkak pada mata).

Overdosis obat Tetryzoline Hidrochloride

Penggunaan obat yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan serius pada tubuh. Sama halnya seperti penggunaan obat Tetryzoline Hidrochloride yang berlebih. Overdosis pada obat ini paling sering menyebabkan beberapa hal sebagai berikut:

  • Denyut jantung yang lambat
  • Depresi pernapasan
  • Tekanan darah rendah
  • Pupil yang menyempit
  • Hipotermia
  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah juga dapat terjadi

Perhatian dan Peringatan

  • Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap obat ini atau jika Anda memiliki alergi lain.
  • Sebaiknya konsultasikan juga ke dokter mengenai riwayat medis Anda, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti glaukoma, masalah jantung (mis., Serangan jantung, nyeri dada), tekanan darah tinggi, diabetes, infeksi atau cedera mata, hipertiroidisme.
  • Obat ini dapat menyebabkan penglihatan kabur. Oleh karena itu jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan aktivitas apa pun saat menggunakan obat ini.
  • Hati-hati saat menggunakan obat Tetryzoline Hidrochloride ini pada anak-anak. Konsultasikan kembali ke dokter mata mengenai keamanan obat ini terhadap anak-anak.
  • Selama kehamilan, obat ini hanya dapat digunakan saat dibutuhkan saja. Diskusikan kembali risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda.
  • Masih tidak diketahui mengenai keamanan obat ini terhadap ibu menyusui. Konsultasikan dengan dokter sebelum menyusui.

Jika Anda masih memiliki gejala iritasi mata setelah menggunakan obat tetes Tetryzoline Hidrochloride sesuai petunjuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp