Ternyata Ada Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

Dipublish tanggal: Sep 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ternyata Ada Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

Kurma bukan hanya sumber kalium bagi tubuh, tetapi juga mengandung nutrisi lainnya contohnya magnesium dan mangan yang juga bermanfaat bagi tubuh. Karena kandungan itu, kurma sangat bermanfaat untuk ibu hamil.

Beberapa peneliti mengatakan, jika ibu hamil rutin mengonsumsi kurma dalam jumlah banyak, maka ibu hamil akan jarang mengalami induksi pada saat persalinan

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Tetapi sebelum itu ada baiknya untuk  Bunda terlebih dahulu mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan jika rutin mengonsumsi kurma. 

Beragam manfaat buah kurma untuk ibu hamil

Kurma merupakan buah yang sangat identik dengan hari raya idul fitri. Buah ini biasanya akan disajikan dimeja dan dibagikan secara gratis pada semua orang. 

Menurut beberapa penelitian ternyata kurma mempunyai manfat yang sangat baik bagi ibu hamil. 

Manfaat kurma untuk ibu hamil adalah selain untuk mendukung kehamilan menjadi sehat, bisa juga mengurangi rasa mual, membantu mengontrol gula darah, dan terhindar dari anemia

Penelitian ini masih terbilang sangat terbatas, karena baru dilakukan ke sebagian ibu hamil. 

Salah satu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kegunaan buah kurma untuk ibu hamil, dilakukan pada 69 orang ibu hamil dan diberikan enam kurma untuk dikonsumsi setiap hari, selama empat minggu sebelum kelahiran bayi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan kurma sangat baik untuk ibu hamil:

Ketuban tidak mudah pecah

Ibu hamil lebih sedikit mengalami selaput ketuban pecah sebelum persalinan karena rajin mengonsumsi kurma. Tentu saja ini sangat baik untuk ibu hamil.

Angka persalinan normal lebih tinggi

Ibu hamil yang sering mengonsumsi kurma 96% akan menjalani proses melahirkan secara normal. Ini merupakan hal yang diimpikan oleh semua ibu hamil. 

Sebaliknya, bagi ibu hamil yang tidak mengonsumsi kurma hanya 79% yang melahirkan secara normal.

Kebutuhan oksitosin lebih rendah

Oksitosin itu sendiri merupakan hormon yang berfungsi merangsang kontraksi rahim saat proses melahirkan. 

Pada sebagian kasus, ibu hamil yang melahirkan dan prosesnya lama akan disuntik oksitosin untuk memancing kontraksi rahim, sehingga proses lahirnya bayi bisa cepat dan mudah. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Sedangkan merupakan keuntungan bagi ibu hamil yang suka memakan buah kurma secara rutin, pada saat melahirkan ibu tidak lagi membutuhkan suntikan oksitosin dengan kadar yang tinggi karena sudah dibantu oleh kandungan yang dimiliki buah kurma. 

Penelitian lebih lanjut tentang manfaat kurma untuk ibu hamil ini masih sangat diperlukan, apalagi belum ditemukan bukti yang kuat mengenai manfaat kurma bagi ibu hamil yang secara rutin mengonsumsinya. 

Penyebab lainnya juga karena penelitian diatas masih dikatakan sangat terbatas dan baru dilakukan pada 69 orang ibu hamil, itu masih tergolong sangat sedikit. 

Kembali lagi, penanganan yang paling tepat adalah berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui apa saja yang harus dilakukan oleh ibu hamil selama masa kehamilan dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengahdapi proses melahirkan. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Razali N, et al. (2017). Date fruit consumption at term: Effect on length of gestation, labour and delivery. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28286995)
Rahmani A, et al. (2014). Therapeutic effects of date fruits (Phoenix dactylifera) in the prevention of diseases via modulation of anti-inflammatory, anti-oxidant and anti-tumour activity. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3992385/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app