Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Teknik Sederhana Membentuk Otot Lengan dengan Barbel

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 879.331 orang

Setiap orang, terutama laki-laki pasti menginginkan bentuk tubuh yang bagus. Bentuk tubuh yang bagus ini identik dengan otot yang besar. Tidak perlu terlalu besar, asal setiap otot pada bagian penting seperti lengan, dada, kaki, dan punggung ideal, maka sudah cukup membuatnya mempesona.

Diantara sekian bagian otot tersebut, lengan besar merupakan idaman bagi banyak orang. Sebab, dengan lengan besar, seseorang akan terlihat lebih tegap dan kuat untuk melakukan berbagai aktivitas harian. 

Namun, bagaimanakah caranya? Pasti, kebanyakan orang menjawab pergi ke gym. Padahal, tidak semua orang menyukai situasi kebugaran dalam gym. Nah, daripada itu, berikut ini adalah beberapa cara membentuk otot lengan secara sederhana di rumah.

Keuntungan memiliki Otot lengan besar

Sebelumnya, ketahui dulu keuntungan memiliki otot lengan besar berikut ini. Tidak hanya atlet, Anda pun juga perlu melatih otot setiap hari supaya lebih kuat dan kencang sehingga mampu menjalankan aktivitas sehari-hari.

Menambah Kekuatan Tubuh

Ketika otot lengan Anda kuat, maka segala hal dapat dilakukan. Minimal Anda dapat mengangkat bawang bawaan sendiri seperti galon, kursi, meja, koper besar, dan masih banyak lagi. Disamping itu, otot lengan yang kuat juga menjaga stabilitas kerangka tubuh supaya tidak terlihat lemas.

Menjaga Penampilan Tubuh

Bagi pria, memiliki otot lengan yang besar dan kencang adalah suatu kebanggaan tersendiri. Tak terkecuali supaya terlihat macho di hadapan banyak orang, termasuk cewek. 

Memiliki otot lengan yang besar juga siap menjadi pusat perhatian ketiak berada di tempat umum atau wisata seperti pantai. Rupanya, cewek pun juga tak ingin kalah memiliki otot lengan yang kencang. Sebab, dengan demikian, bisa memakai pakaian yang pas.

Menjaga Berat Badan Tetap Normal

Tahukah Anda, ternyata berbagai latihan otot seperti lengan ini juga turut andil dalam menjaga berat badan supaya tetap ideal lho. Sebab, ketika Anda melakukan latihan otot, maka sebagian lemak pada bagian tubuh lain juga ikut terbakar.

Setelah tahu manfaat dari latihan membentuk otot lengan, berikut beberapa teknik yang bisa Anda terapkan.

Curls

Curls merupakan salah satu teknik membentuk otot lengan dengan bantuan barbell atau dumbbell. Sebagai latihan permulaan, sebaiknya pilihlah beban yang ringan terlebih dahulu. 

Posisikan barbell pada kedua sisi tubuh, kemudian gerakkan beban tersebut ke arah dada. Ingat, ketika menggerakkan beban ke arah dada, janganlah menggerakan siku Anda. 

Pastikan, siku berada pada posisi siku tubuh dan tidak bergerak. Lakukanlah curls sebanyak 12 kali. Selain itu, lakukan pula variasi gerakan curls lain. Caranya, tekuklah siku, tarik beban ke atas (arah dada), dan ulangi sebanyak 12 kali.

Bicep Curls

Bicep curls in merupakan variasi gerakan curls yang lain. Tujuannya, untuk membentuk otot lengan supaya lebih kekar. Caranya, berdirilah tegak sambil membawa dua barbel di kedua tangan. 

Letakkan barbel di paha dengan telapak tangan menghadap ke atas. Tekuk siku, dan mulai dari lengan kanan, tarik barbel ke arah bahu. Turunkan kembali ke posisi awal dan ulangi pada lengan kiri. 

Pastikan siku berada di samping tubuh dan dekat dengan badan ketika menaikkan barbel. Lakukan gerakan ini sebanyak dua set atau 12 hingga 15 kali gerakan.

Push Up

Meski tidak menggunakan barbel, rupanya gerakan klasik berupa push up ini selain membakar lemak juga membentuk otot lengan jadi lebih besar. 

Caranya, posisikan tubuh plank sejajar dengan lantai dan turunkan tubuh Anda. Tekuklah siku hingga dada menyentuh lantai. Kemudian, kembali ke posisi awal lalu ulangi lagi. Jika gerakan ini terlalu berat, bisa biarkan lutut Anda menyentuh lantai sehingga membantu gerakan push up tidak terlalu berat. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit