Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kehamilan

Melahirkan Dengan Tenang Melalui Hypnobirthing, Seperti Apa Prosedurnya?

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 851.406 orang

Melahirkan Dengan Tenang Melalui Hypnobirthing, Seperti Apa Prosedurnya?

Hypnobirthing belakangan ini menjadi tren di kalangan ibu hamil yang sebentar lagi melahirkan. Pasalnya, metode persalinan yang satu ini disebut-sebut minim rasa sakit sehingga banyak dilirik oleh para calon ibu, khususnya bagi mereka yang takut melahirkan. Anda mulai tertarik dengan hypnobirthing tapi belum tahu banyak soal ini? Sebelum memutuskan untuk melakukan hypnobirthing, sebaiknya cari tahu lebih lanjut seputar teknik hypnobirthing dan serba-serbinya berikut ini. 

Apa itu hypnobirthing?

Mendengar kata persalinan, Anda mungkin membayangkannya sebagai proses yang terasa menyakitkan. Bagaimana tidak, persalinan merupakan momen pertaruhan bagi seorang ibu untuk melahirkan buah hati yang dinantikan selama 9 bulan lamanya.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Namun seiring berkembangnya zaman, sekarang sudah banyak metode persalinan yang diklaim dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Mulai dari water birth, home birthorgasmic birth, hingga hypno birth. Lantas, apa itu hypnobirthing?

Hypnobirthing adalah proses persalinan yang menggunakan metode hipnosis dan teknik relaksasi. Kedua metode inilah yang membantu para calon ibu dalam mengatasi ketakutan, kecemasan, ketegangan, hingga rasa sakit saat melahirkan. Sederhananya, hypnobirthing akan mempersiapkan ibu hamil untuk melahirkan dengan damai, tenang, nyaman, dan sangat indah. 

Selain itu, proses hipnosis juga dapat merangsang produksi 3 hormon sekaligus, yaitu hormon oksitosin, prostaglandin, dan endorfin. Ketiga hormon tersebut berfungsi untuk membantu mengendurkan otot dan menciptakan rasa nyaman.

Semakin tubuh terasa rileks, otot-otot tubuh dapat bekerja dengan cara yang semestinya selama proses persalinan. Lagi-lagi, Anda dapat melahirkan si buah hati dengan nyaman, tenang, dan minim rasa sakit.

Baca Selengkapnya: 6 Tanda Anda Akan Segera Melahirkan

Apa saja manfaat hypnobirthing?

Menjelang persalinan, Anda mungkin sudah mendengar pengalaman-pengalaman menyeramkan dari keluarga atau teman yang lebih dulu melahirkan. "Melahirkan itu sakit, lho!", "Kamu harus banyak jalan, biar nanti melahirkannya lancar", dan ucapan-ucapan negatif lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Hal itulah yang membuat para calon ibu mengalami ketakutan hebat menjelang persalinan. Tanpa disadari, rasa takut tersebut menyebabkan tubuh ibu menjadi tegang dan menghalangi tubuh mereka melakukan fungsi fisiologis normal.

Setiap kali merasa tegang, tubuh akan memproduksi hormon stres bernama katekolamin. Hormon ini membuat sistem pencernaan jadi melambat, meningkatkan detak jantung, hingga pada akhirnya mengurangi aliran darah ke rahim. Akibatnya, proses persalinan menjadi tidak lancar dan terasa menyakitkan.

Nah, disinilah pentingnya hypnobirth dalam dunia persalinan. Berbagai manfaat hypnobirthing adalah:

  • Merasa lebih percaya diri dengan kemampuan tubuhnya sendiri untuk melahirkan.
  • Dapat melahirkan dengan perasaan tenang, nyaman, dan damai.
  • Lebih efektif mengurangi rasa sakit saat melahirkan
  • Mengurangi kebutuhan epidural.
  • Mencegah robekan atau jahitan pada vagina.
  • Tidak ada efek samping pada ibu maupun bayi.
  • Menciptakan pengalaman persalinan yang lebih baik.
  • Melancarkan ASI.
  • Mempercepat proses penyembuhan bekas operasi caesar (bila terpaksa harus operasi caesar).

Baca Juga: Pilih Sesar Atau Lahir Normal? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Bagaimana cara persalinan hypnobirthing?

Sebelum melahirkan dengan cara hypno birth, Anda perlu mengikuti kursus atau pelatihan terlebih dahulu bersama seorang pelatih hypno birth tersertifikat. Anda akan diajarkan mengenai cara meminimalisir rasa sakit dengan memusatkan perhatian pada kandungan Anda sendiri. 

Pada dasarnya, cara persalinan hypnobirthing sama seperti metode melahirkan pada umumnya. Hanya saja, proses hypno birth menggunakan kekuatan sugesti yang dilakukan pada saat melahirkan.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Pelatih hypno birth akan mengajarkan Anda bagaimana teknik relaksasi, cara mengendalikan rasa sakit secara mandiri, dan afirmasi terhadap kemampuan diri sendiri untuk melahirkan secara tenang dan damai. Anda juga akan belajar mengenai posisi melahirkan yang nyaman hingga mengatur napas saat bersalin.

Keberhasilan proses hypnobirthing tergantung dari sugesti masing-masing. Semakin baik sugesti Anda dalam menciptakan suasana melahirkan yang menyenangkan, maka Anda pun tentu akan mampu melewatinya dengan baik. Anda bisa menggunakan bantuan musik, video, dan kata-kata positif supaya napas teratur dan tubuh jadi lebih santai selama proses persalinan berlangsung.

Berapa biaya hypnobirthing?

Biaya hypnobirthing cenderung berbeda-beda. Hal ini tergantung apakah Anda ingin latihan hypno birth sendiri atau berdua bersama pasangan (couple) di tempat kursus.

Secara umum, biaya kursus hypnobirthing berkisar antara Rp 850.000 - 1.000.000. Jika Anda ingin memanggil pelatih hypno birth ke rumah alias privat, maka biaya hypnobirthing bisa jadi lebih besar. Begitu juga bila Anda ingin meminta bantuan pelatih hypno birth untuk memandu Anda selama proses persalinan.

Di mana saya bisa melakukan hypnobirthing?

Tempat kursus hypnobirthing sekarang ini sudah tersebar hampir di semua kota-kota besar di Indonesia. Nah, Anda bisa mulai menghubungi tempat kursus hypno birth terdekat dan mempelajari tekniknya bersama pelatih hypno birth tersertifikat. Setelah itu, barulah Anda bisa mempelajari teknik self-hypnosis di rumah secara mandiri.

Melahirkan dengan teknik hypnobirthing juga dapat dilakukan di mana saja, baik di rumah, rumah sakit, maupun pusat melahirkan lainnya. Jika Anda tertarik pada hypnobirthing, ada baiknya konsultasikan ke dokter kandungan Anda terlebih dahulu untuk memantau kondisi kesehatan Anda dan janin dalam kandungan.

Hubungi juga pelatih hypno birth atau pendamping persalinan (doula), bila diperlukan. Mereka akan memandu Anda selama proses melahirkan, sehingga nantinya Anda dapat melahirkan si buah hati dengan lebih tenang dan nyaman.

Baca Selengkapnya: Ini yang Terjadi Pada Mrs V Setelah Melahirkan

Referensi

Abedin, S. WebMD (2010). Hypnobirthing: Calmer Natural Childbirth.

Isidro-Claudas, T. Parents. All About HypnoBirthing.

Tobah, Y. Mayo Clinic (2016). Labor and delivery, postpartum care.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini