Assalamualaikum dok. Saya mau bertanya, apakah strectmark bisa hilang? Awalnya saya tidak tahu bahwa saya ada strectmark di kaki, saya kira itu hanya bekas garuk2 gitu. Tapi kata mamaku itu strectmark, dan biasanya strectmark itu bekas kalo udah lahiran ya. Saya kan belum nikah, umur saya aja masih 14th jalan, saya bingung, ga tau penyebab strectmark, setelah itu saya searching di google, ternyata itu juga bisa dikarnakan kenaikan berat badan yang berlebih. Memang si saya selama 2th ini mengalami perubahan berat badan yang cepat, awalnya pas saya masuk smp berat badan saya cuma 46 kg, dan sekarang saya kelas 9 berat badan saya 53 kg. Saya heran dok, padahal kan saya makan cuma 2x sehari, kadang juga 1x, kok bisa ya secepat itu naiknya. Biasanya saya pas kelas 7 tuh, pagi berangkat sekolah kadang sarapan kadang engga, pulang jam 2 saya langsung tidur, sore baru saya makan, saya juga sering ikutan olahraga volly tuh di sekolah, saya belum ada strectmark, saya tau ada strectmark itu pas kelas 8 semester 2. Saya bingung dok, tiba tiba berat badan saya naik secepat itu, dan ada garis garis merah di paha dan betis. Terus saya searching tuh bagaimana cara menghilangkan nya, terus saya udah coba beberapa yang bisa saya lakukan seperti olahraga teratur (saya kan setiap hari berangkat ke sekolah jalan kaki ya, karna sekolah ku di kampung sebelah), menggunakan minyak zaitun dan menggunakan aloevera di betis dan paha saya yang ada strectmark itu. Tapi hasilnya nihil dok, ga ada perubahannya sama sekali. Saya pikir untuk sekarang lakuin cara tsb secara teratur, karna saya ga tau harus beli salep apa untuk strectmark itu. Tpi itu kadang kambuh dok, tadi juga saya kaget, tiba tiba strectmark di betis saya merah banget, ga biasanya dok. Jijik aku liat nya. Mamaku suruh periksa ke dokter, tapi aku takut ada apa2 gitu. Kira2 saya harus gimana tuh dok?

Pertanyaan ini telah dijawab oleh seorang ahli medis
Lihat pertanyaan dan jawaban serupa lainnya

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Kirim pertanyaan
Buka di app