Makanan dan Diet Sehat

8 Alasan Anda Susah Gemuk

Update terakhir: Mar 22, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 605.003 orang

8 Alasan Anda Susah Gemuk

Anda susah gemuk Anda tidak sendiri. Di tengah banyaknya orang yang ingin menurunkan berat badan, ada juga lho sebagian orang yang ingin menaikkan bobot tubuhnya karena merasa terlalu kurus. Tapi, sebagian dari mereka mengeluh, menaikkan berat badan itu susah! Berbagai cara sudah dicoba, tidak ada hasilnya. 

Kepercayaan umum mengatakan, orang-orang ini bisa makan apa saja yang mereka inginkan tanpa mengalami kenaikan berat badan. Ada juga yang bilang, mereka memiliki "metabolisme yang cepat" sehingga tubuhnya membakar segala sesuatu yang mereka makan. Atau, mereka tidak mencerna apa yang mereka makan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Kenyataannya, kenaikan berat badan adalah tentang jumlah kalori yang Anda makan, lebih dari yang Anda keluarkan. Mungkin, selama ini,  Anda berpikir telah makan dalam jumlah yang banyak. Tapi, apa yang Anda pikir belum tentu benar. Belum tentu kalori yang Anda asup lebih besar dari kalori yang Anda gunakan untuk beraktivitas. 
Mari kita mulai dengan menelusuri delapan alasan mengapa Anda sulit menggemukkan badan. 

1. Kekurangan kalori

Lacak asupan kalori harian Anda dengan menggunakan aplikasi seperti myfitnesspal. Anda akan melihat bahwa ternyata selama ini, kalori yang masuk tidak sebanyak yang Anda duga.

2. Salah memilih makanan

Makanan seperti salad dan  bayam, memang sehat. Tapi, jika menu utama Anda hanya seperti itu, impian menggemukkan badan akan tetap hanya menjadi impian.  Anda perlu kalori yang padat seperti pasta, nasi dan kacang-kacangan.

3. Terlalu banyak kegiatan

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Aktivitas yang menuntut banyak gerak fisik akan membakar apa yang sudah Anda makan.  Tanpa melebihkan jumlah asupan kalori,  Anda tidak akan pernah mengalami penambahan berat badan.


4. Memilih jenis olahraga yang salah

Anda tidak akan menambah berat badan melakukan latihan isolasi seperti Curls. Tetapi, berat badan Anda akan bertambah dengan latihan gabungan seperti squats dan deadlifts.

5. Memusuhi lemak

Berupaya menaikkan berat badan tanpa menambah asupan lemak, adalah sesuatu yang sulit. Tidak semua lemak buruk untuk tubuh kita. Pilih jenis lemak tak jenuh ganda untuk dikonsumsi setiap hari. 

6. Tidak konsisten

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Tidak ada kenaikan berat badan jika Anda melewatkan sesi latihan, abai  untuk memenuhi kebutuhan kalori harian Anda.

7. Berpikir ini sudah takdir

 Anda percaya bahwa tubuh kurus adalah karena genetika yang buruk, metabolisme yang cepat dan bahwa Anda akan selalu kurus sampai kapanpun.

8. Tidak memiliki harapan

 Anda telah mencoba banyak hal dan gagal. Anda percaya bahwa Anda akan kurus selama sisa hidup Anda.


Menaikkan berat badan bagi yang susah gemuk
Makan lebih banyak, pilih makanan yang tepat dan rutin berolahraga. Percayalah Anda bisa memcapai berat ideal asal konsisten melakukannya. Untuk menambah berat badan, lakukan:

Tentukan berat yang mau dicapai. Tetapkan penambahan satu kg untuk setiap cm tinggi badan setelah hitungan di atas satu meter.  

Makan setiap tiga jam. Sarapan, makan siang, makan malam, pasca latihan dan dua kali makanan ringan.

Tambahkan 5000kcal perhari. Berapa banyak kalori yang Anda butuhkan tergantung pada kondisi dan aktivitas masing-masing individu. Tapi 5000 kcal perhari akan membuat sebagian hardgainer (orang yang susah gemuk) bisa menambah berat badannya.

Lacaklah. Lacak segala sesuatu yang Anda makan sehingga Anda memiliki hitungan akurat dari asupan kalori harian Anda. 

Evaluasi berkala. Foto diri Anda dari depan, samping dan  belakang setiap dua minggu sekali untuk melihat kemajuan bentuk tubuh Anda. 

Jadilah Konsisten. Makan 5000kcal setiap hari dan tidak pernah melewatkan latihan. Bertahanlah sampai 
Anda telah mencapai berat badan tujuan Anda. (LT)

 

Ditinjau oleh: dr. Deffy Leksani Anggar Sari

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit