Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. AHMAD MUHLISIN
Kehamilan

Ciri Ciri Hamil Muda Pada Perut Yang Sering Terjadi

Apa saja tanda-tanda hamil muda yang dengan mudah dapat Anda kenali?
Update terakhir: SEP 18, 2019 Tinjau pada SEP 18, 2019 Waktu baca: 7 menit
Telah dibaca 1.279.912 orang

Ciri Ciri Hamil Muda Pada Perut Yang Sering Terjadi

Kehamilan terjadi pada rahim yang terletak pada perut bagian bawah, maka tak heran jika banyak yang bertanya-tanya 'apakah sakit perut bagian bawah adalah tanda hamil?' Memang benar, namun Anda juga perlu tahu tanda hamil muda lainnya pada perut.

Perut bagian bawah sakit memang menjadi salah satu tanda hamil, namun tanda ini tidak selalu muncul pada setiap ibu hamil. Beberapa tanda hamil muda pada perut yang lebih umum seperti rasa kram, nyeri ulu hati, kembung, dan mual akan dijelaskan lebih detail dibawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Testpack Sensitif via HonestDocs - Tes Kehamilan di Rumah Jadi Mudah

Sensitif Test Kehamilan merupakan alat uji kehamilan (Testpack) yang berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui sampel urin mengandung hormon hCG. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Senham1001 sensitif strip uji kehamilan 800x

Anda juga dapat mengetahui positif tidaknya kehamilan dengan menggunakan tespek (testpack). Selain mudah digunakan, tespek juga muda dibeli dimana-mana. 

Baca juga: Membaca Hasil Tespek: Positif, Negatif, atau Samar

Mengenal ciri ciri dan tanda hamil muda pada perut

1. Kram perut bagian bawah

Sakit yang berupa kram pada perut bagian bawah dapat terjadi akibat implantasi sel telur yang berhasil dibuahi ke dalam rahim. Hal ini terjadi sekitar 10-14 hari setelah ovulasi atau masa subur. Waktunya memang sebelum atau hampir berbarengan dengan jadwal menstruasi.

Sakit perut bagian bawah umumnya terjadi di bagian tengah dimana rahim berada, juga dapat disertai dengan keluarnya bercak darah. Flek tanda hamil ini biasanya berwarna agak pink atau bisa juga lebih gelap, jika dibanding darah haid yang rata-rata merah.

Jadi, apabila bunda mengalami kram di sekitar waktu menstruasi sedangkan darah haid tidak keluar, atau hanya keluar berupa bercak, maka bisa jadi itu merupakan tanda awal kehamilan.

2. Sakit perut bagian kanan atau kiri bawah

Sebenarnya keluhan yang satu ini tidak termasuk tanda awal kehamilan, namun akan dijelaskan disini karena banyak pertanyaan seperti 'apakah sakit perut sebelah kanan bawah tanda hamil?'.

Sakit perut kanan bawah, kiri bawah atau keduanya memang menjadi bagian dari tanda kehamilan. Namun bukan tanda awal, karena muncul pada trimester kedua atau saat usia kehamilan menginjak 4 bulan.

Hal ini terjadi akibat peregangan pada ligamentum rotundum (round ligament) yang merupakan struktur penopang rahim di sini kanan dan kirinya. Saat rahim kian membesar akibat pertumbuhan rahim, ligament jadi mengencang dan terkadang sampai menimbulkan rasa sakit.

Anda tak perlu khawatir, karena hal ini merupakan proses normal. Umumnya nyeri berlangsung sebentar lalu menghilang, namun berpotensi muncul lagi. Beberapa gerakan tiba-tiba, seperti batuk, bersin, berdiri, dan sebagainya bisa memicu rasa sakit.

Baca juga: Tanda Tanda Awal Kehamilan

3. Perut kembung

Perut kembung dan sering bersendawa kerap mendera ibu-ibu hamil. Umumnya keluhan ini mulai muncul sekitar usia kehamilan 11 minggu dan berakhir ketika mendekati masa persalinan.

Perut kembung berarti banyaknya gas di dalam lambung dan usus. Hal ini disebabkan oleh hormon progesteron yang kadarnya tinggi selama hamil. Pasalnya hormon ini membuat otot-otot saluran cerna menjadi lebih rileks atau bekerja lambat. Akibatnya proses pencernaan melambat dan adanya gas menjadi lambat di buang.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. 1000 hari pertama merupakan periode percepatan tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun

Blackmores pregnancy breast feeding gold 120s 1

4. Mual-mual

Tekait dengan ketidaknyamanan pada perut, mual juga menjadi tanda hamil muda yang seringkali muncul. Kemunculannya dapat dimulai antara 2-8 minggu setelah konsepsi (proses pembuahan) dan diperkirakan akan mereda antara 13 dan 14 minggu atau mungkin bertahan lebih lama.

Hal yang perlu bunda tahu, bahwa 70 persen ibu hamil mengalami mual, dan ini bukanlah tanda bahaya baik bagi ibu dan janin. Bahkan sering dianggap sebagai indikasi kehamilan yang sehat.

Baca juga:

  • Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil
  • Cara Agar Cepat Hamil Setelah Menikah

Apa yang harus dikhawatirkan terkait sakit perut saat hamil muda?

Ketika rasa sakit dan kram pada perut berlangsung ringan, hal tersebut masih normal dan tak perlu dikhawatirkan. Namun, jika kram pada perut berupa nyeri berat, persisten, atau disertai gejala lain, seperti mual berlebihan, muntah, perdarahan vagina, sakit kepala, atau demam dapat menandakan sesuatu yang kurang baik.

Andapun dianjurkan untuk segera memeriksakan ke dokter kandungan atau bidan terdekat. Nyeri dengan kram dan pendarahan vagina pada awal kehamilan bisa menjadi tanda kehamilan ektopik atau keguguran.

Juga tidak normal, jika mengalami sakit di perut bagian atas atau terasa nyeri saat ditekan ringan, terutama ketika tekanan dilepaskan. Jika demikian, infeksi perut yang serius (peritonitis) bisa menjadi penyebabnya.

Kesimpulannya, sakit perut berupa kram pada perut bagian bawah memang merupakan salah satu ciri-ciri yang menunjukkan tanda awal kehamilan (hamil muda). Untuk lebih memastikannya, lakukan pemeriksaan, misalnya dengan tespek (test pack) atau langsung memeriksakan diri ke dokter.

Apa yang harus dilakukan jika ada tanda-tanda hamil muda?

Jika Anda merasa mengalami tanda-tanda hamil, jangan panik! Ikuti langkah-langkah berikut untuk memastikan kesehatan ibu dan anak.

1. Segera mengunjungi dokter kandungan

Tanda-tanda hamil muda dapat menjadi patokan namun bukan hasil pasti bahwa Anda sedang hamil. Untuk memastikan apa benar Anda positif hamil dan berapa usia kandungan, Anda wajib mengunjungi dokter kandungan.

Pelajari ciri-cirinya, amati perubahan dari tubuh Anda dan tanda-tanda yang dapat Anda rasakan. Sesegera mungkin mendapatkan nasihat dokter Asetelah pembuahan untuk memberikan Anda dan bayi Anda peluang terbaik untuk kehamilan yang sehat dan positif.

2. Patuhi Pantangan Ibu Hamil

Beberapa hal sederhana, seperti hindari minuman berakohol, makanan mentah, rokok dan olahraga yang terlalu berat baiknya Anda patuhi. Jika Anda belum sempat mengunjungi dokter kandungan untuk memeriksakan kondisi kandungan Anda. Ada baiknya pantangan tersebut dihindari dahulu.

3. Beritahukan kepada orang terdekat

Saat hamil muda, seseorang akan mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon ini dapat membuat ibu hamil menjadi mudah lelah, mudah tersinggung atau kurang konsentrasi. Orang terdekat Anda mungkin akan bingung atau khawatir dengan kondisi Anda, sehingga ada baiknya untuk Anda memberitahukan kondisi Anda.

Terkait: Tanda Tanda Awal Kehamilan

Pertanyaan umum perihal ciri-ciri hamil

Apakah tes kehamilan (testpack) ternilai akurat selama awal kehamilan?

Testpack kini yang Anda bisa dapatkan di apotek terkedat sudah cukup akurat untuk memberikan hasil tes pada hari pertama telat haid. Beberapa alat tes kehamilan terbaru juga sudah dapat digunakan sebelum Anda telat haid (sekitar 4-5 hari sebelum jadwal menstruasi)

Apakah perubahan mood merupakan hal normal selama trimester pertama kehamilan?

Dikarenakan oleh perubahan hormon pada wanita, perubahan mood (mood swing) dapat terjadi segera setelah pembuahan. Ini adalah gejala yang cukup normal pada masa awal-awal kehamilan.

Kapan wanita hamil bisa melakukan tes kehamilan di rumah?

Tes kehamilan bereaksi terhadap Hormon hCG yang mulai berproduksi saat embrio menempel pada dinding rahim. Tes kehamilan sudah dapat dilakukan dan bisa memberikan hasil positif bahkan pada hari pertama haid yang terlewat, namun untuk hasil yang lebih akurat, tes kehamilan sebaiknya dilakukan pada hari 5-10 dari masa telat haid.

Apakah perubahan pada payudara merupakan tanda-tanda kehamilan?

Berikut adalah ciri-ciri hamil yang dapat Anda rasakan berubah dari payudara Anda:

  • Payudara membesar
  • Terasa nyeri
  • Lebih sensitif
  • Terasa lebih berat
  • Puting bertambah besar & menonjol
  • Aerola mungkin berwarna lebih gelap

Apakah peningkatan suhu basal adalah tanda bahwa kehamilan terjadi?

Suhu tubuh basal dapat meningkat setelah ovulasi dan normalnya akan terus meningkat sampai periode menstruasi. Jika menstruasi belum terjadi dan STB belum menurun, ini menunjukkan kemungkinan kehamilan telah terjadi. Perhatikan STB dalam beberapa siklus saat istirahat di pagi hari untuk memastikannya.

Apakah flek yang tepat pada jadwal menstruasi adalah tanda tidak terjadinya kehamilan?

Jika Anda hamil, flek masih bisa terjadi sewaktu masa menstruasi atau bahkan sedikit lebih awal dari jadwal menstruasi. Terkadang ini menunjukkan pendarahan implantasi yang terjadi saat embrio ke dinding rahim.

Apa kaitannya kram perut dengan kehamilan?

Kram pada perut terasa mirip dengan sakit yang selama PMS dan pada awal-awal masa menstruasi. Rasa nyeri dapat terasa sewaktu masa ovulasi yang terkait dengan penempelan embrio ke dinding rahim.

Apakah kehamilan dapat menyebabkan wanita gampang sakit?

Sebelum implantasi terjadi, tubuh wanita menurunkan imunitasnya sehingga embrio dapat menetap di rahim. Kekebalan tubuh akan tetap rendah selama masa kehamilan dan dapat meningkatkan kemungkinan tertular berbagai penyakit, terutama pilek, dan rasa lemas pada umumnya.

Apakah berat badan ibu hamil menurunkan pada trimester pertama?

Perubahan berat badan dapat dilihat selama bulan-bulan pertama masa kehamilan dikarenakan oleh mual dan muntah di pagi hari (yang bisa menyebabkan berat badan menurun).

Peningkatan berat badan akan dimulai terlihat pada trimester kedua dan akan bergantung pada indeks massa tubuh (IMT) pra-kehamilan Anda, berapa banyak bayi yang Anda bawa, dll.

Apa saja tips mengatasi morning sickness?

Morning sickess dapat dibatasi dengan cara menyipakan camilan kecil di dekat tempat tidur. Ibu hamil juga disarankan untuk sering makan dalam porsi kecil, minum lebih banyak cairan, dan lebih banyak mengkonsumsi makanan cair seperti sup dan smoothie.

Batasi makanan yang pedas, beragam goreng-gorengan, dan makanan asap. Makanan yang hendak disantap juga sebaiknya ditunggu agar lebih sejuk/hangat sehingga baunya lebih netral.

Apakah lebih sering buang kecil merupakan tanda-tanda hamil?

Setelah pembuahan terjadi, aktivitas dalam rahim mulai meningkat dan secara aktif menekan kandung kemih. Dorongan tersebut dapat hilang untuk sementara waktu dan kemudian kembali dalam beberapa minggu terakhir masa kehamilan.

Apakah tubuh yang berkeringat merupakan salah satu ciri awal kehamilan?

Belum tentu. Berkeringat merupakan tanda perimenopause dan menopause yang cukup normal yang juga dapat dipengaruhi oleh usia dan pada tanda-tanda PMS yang disebabkan oleh fluktuasi kadar hormon seks wanita.

Makanan apa saja yang harus mulai dihindari pada masa kehamilan?

Sebaiknya Anda mulai menghindari makanan yang memiliki aroma kuat dan juga makanan yang pedas. Nafsu makan dan juga preferensi makanan dapat berubah-ubah selama masa kehamilan.

Apakah area puting susu yang menggelap merupakan tanda kehamilan?

Area di sekitar puting susu bisa menggelap pada trimester pertama atau kedua atau malah tidak menjadi gelap sama sekali.

Benjolan di areola, saluran kelenjar Montgomery, sering kali terlihat menjadi lebih menonjol dan mengeluarkan sekresi untuk melindungi puting dari kekeringan dan memiliki sifat bakterisida.

Apakah keputihan dengan warna seperti susu normal pada tahap awal kehamilan?

Keputihan seperti susu (leukorea) merupakan hal yang normal dan dapat berlanjut sepanjang masa kehamilan dan peningkatan jumlahnya dikaitkan dengan perubahan hormon wanita.

Proses ini dimulai segera setelah terjadinya pembuahan. Tanda-tanda seperti bau tidak sedap, terbakar, dan rasa gatal-gatal harus diperhatikan dengan baik karena gejala ini dapat bisa juga dikaitkan dengan infeksi jamur atau bakteri.

Apakah kembung (bloating) adalah tahap awal kehamilan?

Kehamilan ditandai dengan meningkatnya kadar hormon progesteron, yang dapat memengaruhi otot polos, termasuk yang ada di dalam saluran pencernaan. Hal inilah yang dapat memberikan gejala kembung, sembelit, dan diare.

Untuk meminimalkan efek tersebut, disarankan untuk sering makan dalam porsi kecil dan menghindari makanan yang digoreng dan manis, serta kol dan kacang-kacangan, karena mereka meningkatkan dari gejala kembung itu sendiri.

Referensi

Healthline. (2018). Early Pregnancy Symptoms.

WebMD. (2018). Early Pregnancy Symptoms.

Mayo Clinic. (2019). Symptoms of pregnancy: What happens first.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit