Berikut Jadwal Pemeriksaan Kehamilan Lengkap untuk Ibu Hamil

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Jan 5, 2022 Tinjau pada Mei 1, 2019 Waktu baca: 3 menit
Berikut Jadwal Pemeriksaan Kehamilan Lengkap untuk Ibu Hamil

Ringkasan

Buka

Tutup

  • WHO dan Kementerian Kesehatan RI sangat menyarankan agar setiap ibu hamil melakukan pemeriksaan kehamilan minimal 4-8 kali pertemuan;
  • Pemeriksaan kehamilan bisa dibagi menjadi 3 sesuai usia kehamilan, misalnya 1 kali pada trimester pertama dan kedua, serta 2 kali pada trimester ketiga;
  • Pada usia kehamilan 8-12 minggu, pemeriksaan pada ibu hamil dapat berupa pemeriksaan fisik dan USG kehamilan;
  • Dapatkan paket pemeriksaan kandungan dengan promo menarik dan dokter berpengalaman melalui HDmall;
  • Klik untuk membeli asupan vitamin dan suplemen secara online di HDmall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Gunakan fitur chat untuk berkonsultasi dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Bagi ibu hamil apalagi hamil anak pertama biasanya cukup bingung tentang jadwal pemeriksaan kehamilan yang harus dijalani. Jadwal pemeriksaan kehamilan atau disebut juga Antenatal Care (ANC) dapat bervariasi tergantung dokter kandungan yang menangani.

Kapan sebaiknya melakukan pemeriksaan kehamilan? 

Akan tetapi, WHO dan Kementerian Kesehatan RI sangat menyarankan agar setiap ibu hamil melakukan pemeriksaan kehamilan minimal 4-8 kali pertemuan. Jadwal pemeriksaan kehamilan tersebut dapat terbagi menjadi:

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku
  • 1 kali pada trimester pertama kehamilan
  • 1 kali pada trimester kedua kehamilan
  • 2 kali pada trimester ketiga kehamilan

Jika kondisi kandungan ingin terus dipantau secara optimal, ibu hamil juga bisa melakukan cek kandungan sebanyak 8 kali selama kehamilan yang terbagi menjadi 4 minggu sekali dari saat pemeriksaan kehamilan pertama kali hingga usia kehamilan 28 minggu. 

Kemudian, setiap 2 minggu sekali dari usia kehamilan 28-36 minggu dan setiap satu minggu sekali dari usia kehamilan 36 minggu hingga waktunya melahirkan. 

Jadwal pemeriksaan kehamilan berdasarkan usia kehamilan

Usia 8-12 minggu

Usia kehamilan 8-12 minggu merupakan tahap awal kunjungan pemeriksaan kehamilan. Untuk pemeriksaan awal, ibu hamil akan ditanya mengenai riwayat kesehatan secara menyeluruh, mulai dari diri sendiri hingga riwayat keluarga. 

Hal ini termasuk pemeriksaan fisik, berupa pemeriksaan panggul, pemeriksaan laboratorium, seperti tes golongan darah dan hemoglobin (Hb), skrining infeksi menular seksual, dan tes urine. 

Jika Anda tidak ingat pasti kapan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), maka pemeriksaan USG akan dianjurkan untuk membantu menentukan berapa usia kehamilan serta perkiraaan tanggal persalinan.

Usia 15 sampai 20 minggu

Pada periode ini, Anda akan disarankan untuk periksa USG kehamilan antara 18 dan 20 minggu guna melihat organ-organ janin dan mengukur pertumbuhan janin dan plasenta.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Usia 27 atau 28 minggu

Pada periode usia kehamilan 27-28 minggu, Anda akan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan tes glukosa darah untuk menyaring ada tidaknya diabetes gestational. Hemoglobin mungkin juga diperiksa ulang. Beberapa penyedia melakukan pemeriksaan panggul.

Usia 28-36 minggu

Setelah 28 minggu, kunjungan prenatal terus dilakukan dan lebih sering yakni setiap 2 minggu sampai usia kehamilan 36 minggu. Dokter atau bidan akan terus mencatat pertumbuhan janin, mendengarkan detak jantung janin, dan akan memeriksa posisi janin.

Usia 36 minggu

Pada jadwal pemeriksaan kehamilan minggu ke-36, bidan atau dokter akan melakukan pemeriksaan panggul. Skrining tes untuk infeksi menular seksual dapat diulang pada kunjungan ini. 

Pemeriksaan lain ketika memasuki usia kehamilan ini termasuk posisi dan ukuran janin. Jika kepala janin tidak berada di bawah, bidan atau dokter biasanya menyarankan latihan agar janin mengubah posisinya, atau menyarankan manipulasi fisik yang disebut versi eksternal.

Usia 36 sampai 40 minggu

Pemantauan berat badan dan tekanan darah, dan ukuran janin, posisi, dan detak jantung janin. Dokter atau bidan mungkin juga memeriksa leher rahim Anda untuk melihat pelebaran.

Usia kehamilan di atas 40 minggu

Apabila kehamilan melewati tanggal taksiran persalinan, dokter mungkin menawarkan pengujian "post-dates", termasuk tes nonstress, USG, dan profil biofisik untuk selanjutnya perlu dilakukan tindakan atau sekedar observasi.

Agar kehamilan Anda optimal lakukan tips berikut:

  • Lakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala dan teratur
  • Bagi suami gunakan kondom ketika berhubungan dengan istri yang sedang hamil
  • Jangan merokok, minuman beralkohol dan obat-obatan kecuali obat yang dianjurkan dokter selama kahamilan
  • Sejak trimester pertama minumlah suplemen asam folat 2800 mcg (2,8mg) dan besi (Fe elemental) 120 mg sekali sehari
  • Sejak trimester kedua tambahkan suplemen kalsium 1,5-2 gr guna mencegah angka kejadian preeklampsia
  • Vaksinasi atau suntik tetanus toksoid (TT), dua kali dengan jarak antar pemberian 1 bulan (4 minggu)
  • Mengikuti senam hamil,yoga atay berenang
  • Pertambahan berat badan harus sesuai dengan arahan dokter dan ahli gizi
  • Hindari pemakaian cairan pembersih vagina (douching) atau memasukkan jari ke dalam vagina saat membersihkannya
  • Kurangi konsumsi kafein 300mg per hari
  • Jangan menggunakan sepatu berhak tinggi

Lakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala sesuai jadwal pemeriksaan kehamilan supaya Anda dan janin Anda selalu sehat hingga hari persalinan tiba.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Schedule of Prenatal Care - Taking Charge of Your Health & Wellbeing. University of Minnesota. (https://www.takingcharge.csh.umn.edu/explore-healing-practices/holistic-pregnancy-childbirth/schedule-prenatal-care)
What happens during prenatal visits?. NICHD - Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development. (https://www.nichd.nih.gov/health/topics/preconceptioncare/conditioninfo/prenatal-visits)
What Happens at a Prenatal Care Check-Up Appointment?. Planned Parenthood. (https://www.plannedparenthood.org/learn/pregnancy/prenatal-care/what-happens-prenatal-care-appointments)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app