Tak Hanya Menghilangkan Kepenatan, Ini 6 Manfaat Liburan untuk Kesehatan Mental!

Dipublish tanggal: Agu 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 19, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tak Hanya Menghilangkan Kepenatan, Ini 6 Manfaat Liburan untuk Kesehatan Mental!

Bukan rahasia lagi bahwa melepaskan diri dari semua rutinitas selama beberapa hari, dapat memberikan dampak yang sangat membantu bagi kesehatan mental

Kita semua membutuhkan istirahat sejenak dari rutinitas harian yang super padat.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Saat Anda berlibur, Anda dapat melepaskan kekhawatiran dan beban Anda untuk sementara waktu, dan fokus pada menghabiskan waktu yang berkualitas bersama orang-orang terkasih. 

Baik dengan pergi piknik ke daerah pegunungan , berjemur di pantai, menjalani hobi Anda atau mengunjungi tempat-tempat dengan budaya yang baru, dapat memberikan Anda dorongan mental yang luar biasa. 

Bahkan, para ilmuwan telah menemukan bahwa manfaat psikologis dari liburan dapat bertahan hingga sebulan setelah kembali menjalani aktivitas rutin seperti biasa. 

Liburan tidak hanya untuk orang-orang dengan tingkat ekonomi menengah ke atas, semua orang berhak dan harus dapat menikmati manfaat kesehatan mental yang diberikan oleh berlibur. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan mental yang dapat Anda dapatkan dari liburan :

1. Berlibur dapat membantu mengurangi Stres

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa ada efek yang mengejutkan dari tidak pergi berlibur. 

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang tidak pergi berlibur memiliki tekanan darah tinggi, tidak memiliki kualitas tidur yang baik dan juga memiliki tingkat stres yang lebih tinggi.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Tidak mengherankan bahwa liburan membantu kita mengurangi stres, karena dengan berlibur, kita melakukan hal-hal yang memberi kita kesenangan dan mengalihkan pikiran kita sejenak. 

Liburan memberikan waktu untuk istirahat yang sangat dibutuhkan dari menjalani aktivitas harian yang sibuk, yang pada gilirannya, dapat membantu kita mengurangi stres.

2. Liburan dapat membuat kondisi mental lebih tajam dan lebih kreatif

Jika pikiran Anda lelah secara emosional, Pikiran Anda mungkin tidak dapat berfungsi dengan baik. Sama seperti ketika Anda bekerja, Anda perlu beristirahat secara teratur agar tetap produktif.

Pergi berlibur dapat memberi Anda tambahan motivasi baru dan kekuatan ketika Anda kembali menjalani rutinitas. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa tiga hari setelah liburan, seseorang akan merasa cukup istirahat, bersemangat dan memiliki suasana hati yang lebih baik.

3. Liburan dapat membantu Anda tetap aktif, sehingga dapat menjaga kesehatan Mental Anda

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa melakukan olahraga, dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Jalan-jalan di lingkungan yang tenang dapat sangat membantu suasana hati Anda. Saat Anda bepergian, sering kali ada peluang untuk menjelajahi tempat-tempat baru sambil berolahraga, karena Anda mungkin harus bepergian dengan berjalan kaki. 

Dengan berlibur, Anda memiliki kesempatan untuk melakukan sesuatu yang energik, seperti aktivitas atau berjalan kaki, dengan demikian pasti akan membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda dan secara keseluruhan.

4. Liburan dapat memperluas pola pikir Anda

Penelitian telah menunjukkan hubungan antara pergi berlibur dan peningkatan kreativitas, rasa kesadaran budaya yang lebih dalam dan perkembangan pola pikir secara pribadi. 

Saat Anda bepergian ke tempat baru, otak Anda akan terpajan oleh hal-hal baru. Ada suara, pemandangan dan bau yang baru untuk beradaptasi. 

Otak Anda memahami lingkungan baru Anda yang membantu membuat Anda lebih sadar secara budaya.

5. Berlibur dapat memberi Anda sesuatu untuk dijadikan Motivasi

Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan memiliki sesuatu untuk diharapkan dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda. 

Jadi, segera setelah Anda mengklik ‘booking’ di situs web liburan tertentu, pikiran Anda akan sangat bersemangat dan menambahkan motivasi sendiri bagi Anda untuk menjalani hari-hari Anda. Semua orang suka memiliki liburan yang dinanti-nantikan.

6. Berlibur dapat membantu mengatasi Depresi

Para ilmuwan dari Fakultas Kedokteran Icahn, Universitas California dan Harvard menemukan bahwa hanya dengan enam hari berlibur, dapat memicu perubahan genetik yang meredam stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kadar protein yang terkait dengan demensia dan depresi

Jika Anda merasa kurang bersemangat atau mengalami periode yang sangat buruk dalam hidup Anda, pergi berlibur dapat memberikan jeda sementara dan membantu Anda untuk menata kembali kesehatan mental Anda.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Bloom, Jessica & Geurts, Sabine & Sonnentag, Sabine & Taris, Toon & Weerth, Carolina & Kompier, Michiel. (2011). How Does a Vacation from Work Affect Employee Health and Well-Being?. Psychology & health. 26. 1606-22. 10.1080/08870446.2010.546860.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/51223869_How_Does_a_Vacation_from_Work_Affect_Employee_Health_and_Well-Being)
Chen, Chun-Chu & Lai, Ying-Hsiao & Lin, Yueh-Hsiu. (2017). How does taking a vacation help relieve your work stress?.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/319130227_How_does_taking_a_vacation_help_relieve_your_work_stress)
Bloom, Jessica & Geurts, Sabine & Kompier, Michiel. (2012). Effects of Short Vacations, Vacation Activities and Experiences on Employee Health and Well-Being. Stress and health : journal of the International Society for the Investigation of Stress. 28. 305-18. 10.1002/smi.1434.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/51976485_Effects_of_Short_Vacations_Vacation_Activities_and_Experiences_on_Employee_Health_and_Well-Being)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app