Syndrome Wernicke Korsakoff - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 725.056 orang

Sebagai orang awam penyakit ini mungkin jarang terdengar, tetapi banyak sekali kelainan yang terjadi pada masyarakat terkait kasus ini. Sindrom Wernicke-Korsakoff atau disingkat WKS adalah suatu penyakit kelainan Neurodegeneratif di otak yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B1 atau tiamin.

Penyakit ini merupakan kombinasi dari 2 penyakit yang berkaitan dengan gangguan saraf dan psikologis yang bersamaan membentuk suatu penyakit dasar.


Penyakit Wernicke adalah penyakit yang berhubungan dengan gangguan saraf yang menyebabkan sulitnya mengkoordinasikan gerakan tubuh, selalu merasa kebingungan, dan gangguan mata.

Trias gejala pada wernicke jarang terjadi bersamaan, namun hal ini perlu dilakukan pemeriksaan lebih detilgt;untuk memastikan penyakit yang diderita.

Selain itu pada Sindrom Korsakoff, penyakit ini menyebabkan gangguan ingatan yang sama-sama diakibatkan oleh kekurangan vitamin B1. Sindrom ini banyak terjadi pada seorang alkoholik.

Kurangnya vitamin B1 atau tiamin menyebabkan sel-sel di otak tidak bisa memproduksi energi. Penyakit ini dicetuskan juga oleh adanya penyakit Wernicke sebelumnya sehingga daya ingat di otak juga semakin terganggu.

Penyebab dari Syndrome Wernicke-Korsakoff

Syndrome Wernicke-Korsakoff paling sering terjadi oleh pecandu alkohol yang menyebabkan kadar tiamin di dalam tubuh menurun. Pecandu alkohol lebih memilih mengonsumsi minuman daripada makanan sehingga banyak nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh yang hilang.

Kekurangan vitamin B1 justru disebabkan oleh kurangnya asupan makanan karena vitamin B1 dibutuhkan di otak dan usus. Fakor yang memicu timbulnya Syndrome Wernicke-Korsakoff antara lain:

  • Anoreksia
    Anrokesia adalah gangguan makanan yang menyebabkan seseorang memuntahkan makanan setelah dimakan karena takut gemuk. Penyakit ini adalah gangguan psikologis yang terjadi pada remaja muda dan lebih sering menyerang wanita daripada laki-laki.

  • Muntah
    Muntah yang berlebihan menyebabkan cairan dan makanan dari dalam tubuh keluar sehingga menimbulkan dehidrasi dan kecukupan nutrisi yang menurun.

  • Penyakit
    Beberapa penyakit yang dapan menyebabkan sindrom tersebut antara lain AIDS, Infeksi Kronis, dan Gagal Jantung.

  • Kanker
  • Penyebaran sel kanker di dalam tubuh juga memicu timbulnya sindrom.

Gejala Syndrome Wernicke-Korsakoff

Gejala yang ditimbulkan terjadi karena kombinasi dari 2 penyakit yang bersamaan. Pada perkembangan gejala biasanya penyakit Wernicke muncul lebih dulu setelah itu dilanjutkan dengan munculnya penyakit Korsakoff.  

Penyakit Wernicke didasari oleh 3 gejala utama yaitu:

  • Gangguan pada mata
    Adanya penglihatan ganda, gangguan gerakan mata yang involunter.

  • Kebingungan
    Selalu merasa bingung dan cemas walau tanpa masalah. Terkadang suka berhalusinasi.

  • Gangguan koordinasi dan gerakan tubuh

Gejala lain yang ditemukan saat pemeriksaan antara lain:

  • Tekanan darah menurun
  • Badan terasa dingin
  • Berat badan menurun 

Selain itu pada sindrom Korsakoff gejala yang timbul antara lain:

  • Daya ingat menurun
  • Sulit menangkap informasi
  • Keterbatasan daya ingat
  • Tidak nyambung saat berbicara dengan orang lain

Diagnosis Syndrome Wernicke-Korsakoff

Pemeriksaan penunjang melengkapi kepastian suatu penyakit. Pada Syndrome Wernicke-Korsakoff dokter melakukan beberapa pemeriksaan mulai dari pemeriksaan fisik seperti menanyakan keluhan dan gerakan koordinasi. Pemeriksaan penunjang lain antara lain:

  • Pemeriksaan darah lengkap
    Pemeriksaan darah dilakukan untuk menilai angka glukosa darah, kolesterol, tiamin, dan enzim Transketolase
  • Pencitraan
    Pemeriksaan dengan alat CT scan atau MRI untuk melihat adanya kelainan pada organ terutama otak.

  • Fungsi Organ
  • Pemeriksaan fungsi ginjal dan liver juga diperlukan untuk melihat adanya penyakit yang terjadi bersamaan dengan sindrom di atas.

Penanganan pada Syndrome Wernicke-Korsakoff

Pengobatan pada Syndrome Wernicke-Korsakoff didasari oleh gejala yang ditimbulkan dan lama gejala itu terjadi. Beberapa kondisi dapat menyebabkan kematian apabila tidak ditatalaksana segera.

Terapi utama pada pengobatan Syndrome Wernicke-Korsakoff adalah dengan memberikan suplemen vitamin B1 baik secara oral atau suntikan. Pemberian vitamin B1 melalui infus dapat dilakukan pada pasien yang dirawat inap dengan Syndrome Wernicke-Korsakoff kronis.

Pada pencandu alkohol disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol agar terhindar dari komplikasi yang lebih parah. Beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin B1 antara lain nasi, kacang kedelai, daging merah, kacang-kacangan, jeruk, bayam, dan susu dapat dikonsumsi.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit