Tidak Semua Orang Boleh Melakukan Pemutihan Gigi, Ini Syaratnya

Dipublish tanggal: Okt 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Nov 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
Tidak Semua Orang Boleh Melakukan Pemutihan Gigi, Ini Syaratnya

Beberapa orang menganggap bahwa standar kesehatan gigi adalah gigi yang warnanya putih. Hal ini membuat banyak orang rela melakukan apa saja untuk bisa mendapatkan gigi yang sehat, salah satunya dengan pemutihan gigi. Akan tetapi, ternyata tidak semua orang boleh melakukan pemutihan gigi, lho! Apakah Anda termasuk salah satunya?

Apa itu pemutihan gigi?

Pemutihan gigi adalah sebuah teknik yang dilakukan untuk mencerahkan gigi. Hal ini dilakukan dengan cara menghilangkan noda-noda yang ada di atas permukaan gigi.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Bleaching Gigi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket bleaching gigi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia d02 bleaching gigi

Pada dasarnya, semua orang memiliki gigi yang warnanya putih bersih. Namun, seiring bertambahnya usia terjadi perubahan warna gigi karena berbagai hal. 

Kalau Anda hobi meminum wine, teh, atau kopi, maka bekas dari minuman tersebut bisa menempel pada gigi dan meninggalkan noda. Orang yang merokok juga tidak bisa mendapatkan gigi yang putih, karena kandungan racun dari rokok akan meninggalkan noda di atas permukaan gigi.

Tidak semua orang boleh melakukan pemutihan gigi

Semua orang sebetulnya bisa melakukan pemutihan gigi. Untuk Anda yang memiliki permasalahan pada warna gigi tapi tidak memiliki permasalahan lain seperti gigi berlubang, maka Anda bisa melakukan pemutihan gigi ini.

Walaupun bisa dilakukan oleh siapa saja, ternyata ada beberapa kondisi yang membuat pemutihan gigi sebaiknya tidak dilakukan pada sebagian orang. Berikut ini adalah beberapa peringatan pemutihan gigi:

1. Usia

Anda harus berusia minimal 16 tahun untuk bisa melakukan pemutihan gigi. D ibawah usia 16 tahun, gigi masih akan bertumbuh dengan normal.

Apabila dilakukan proses yang tidak alami seperti pemutihan gigi, maka dikhawatirkan akan membuat gigi tumbuh menjadi gigi yang sensitif. Akan sulit untuk merawat gigi sensitif dibandingkan yang tidak.

Iklan dari HonestDocs
Bleaching (Pemutihan Warna Gigi) Di Tooth's Kingdom Dental Care

Bleaching Gigi merupakan salah satu perawatan yang dapat dilakukan untuk membuat gigi lebih putih dan cerah

Istock 1171929300 %281%29

2. Kehamilan dan menyusui

Ibu yang sedang hamil dan menyusui sangat tidak disarankan untuk melakukan prosedur ini. Sebab saat pemutihan gigi dilakukan, dikhawatirkan akan ada cairan yang masuk ke dalam tubuh. Bisa jadi cairan ini berbahaya untuk janin atau bayi yang sedang disusui.

Baca Juga: Amankah Mencabut Gigi untuk Ibu Hamil dan Menyusui?

3. Gigi sensitif

Pemilik gigi sensitif sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada dokter gigi apakah boleh untuk melakukan pemutihan gigi atau tidak. Jika dokter mengatakan boleh, maka Anda baru boleh melakukan pemutihan gigi.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Merawat Gigi Sensitif

4. Alergi

Periksakan terlebih dahulu apakah Anda memiliki alergi terhadap peroksida. Kalau iya, maka sebaiknya jangan melakukan pemutihan gigi karena akan berbahaya untuk Anda.

5. Masalah gigi dan gusi

Apabila Anda memiliki masalah gusi atau gigi, seperti gigi berlubang, maka sangat tidak disarankan untuk melakukan pemutihan gigi. Sebab saat melakukan pemutihan, akan ada cairan yang masuk ke dalam gigi Anda. Cairan pemutih ini akan sangat berbahaya apabila masuk ke dalam lubang gigi.

Iklan dari HonestDocs
Bleaching (Pemutihan Warna Gigi) Di Tooth's Kingdom Dental Care

Bleaching Gigi merupakan salah satu perawatan yang dapat dilakukan untuk membuat gigi lebih putih dan cerah

Istock 1171929300 %281%29

Selain itu, gusi yang ada di sekitarnya akan menjadi sensitif apabila sudah terkena cairan tersebut. Anda biasanya dianjurkan untuk menambal gigi terlebih dahulu apabila masih ingin melakukan pemutihan gigi.

6. Restorasi gigi dan gusi

Anda memiliki gigi palsu? Mahkota dari gigi tiruan atau veneer gigi tidak bisa berubah warnanya seperti gigi yang asli.

Dengan pemutihan gigi, warna gigi palsu ini juga tidak akan bisa berubah. Lalu, apa yang akan terjadi apabila Anda nekat untuk melakukan pemutihan gigi?

Gigi asli yang Anda miliki akan berwarna putih bersih, tapi gigi yang palsu tidak akan sama warnanya atau belang. Apabila masih ingin melakukannya, maka Anda disarankan untuk memutihkan gigi 2 minggu sebelum restorasi gigi dilakukan. Hal ini bisa membantu gigi buatan untuk disesuaikan warnanya dengan gigi asli yang sudah mengalami proses pemutihan.

Bagaimana prosedur pemutihan gigi?

Pertama-tama, pemutihan gigi akan dilakukan oleh dokter dengan mengoleskan pumice untuk menghilangkan plak. Bagian bibir, gusi, dan juga lidah akan dilindungi dengan beberapa alat supaya tidak terkena caitan pemutih.

Setelah itu, dokter akan mengoleskan cairan pemutih pada gigi dan menyinarinya dengan sinar UV selama 30-60 menit. Gigi akan dibersihkan dari pemutih dan melepas semua pelindung. Langkah terakhir adalah mengoleskan fluoride pada gigi untuk mengurangi rasa sensitif.

Sesudah melakukan pemutihan gigi, Anda harus menghindari makanan yang bisa membuat noda di gigi seperti kopi atau teh. Berhenti merokok juga harus dilakukan pasca pemutihan gigi

Salah satu efek samping dari pemutihan gigi ini adalah meningkatkan sensitivitas gigi. Akan tetapi, jangan khawatir sebab efek ini hanyalah sementara. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi selama 6 bulan sekali untuk memantau kondisi kesehatan gigi dan mulut Anda.

Baca Selengkapnya: Berapa Lama Efek Memutihkan Gigi di Dokter Bisa Bertahan?

24 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Common Questions About Teeth Whitening. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/teeth-whitening-faq)
Teeth Whitening Strips, Gels, Toothpaste, Bleaching, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/teeth-whitening#1)
Teeth Whitening Safety Tips. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/teeth-whitening-safety#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app