Berapa Lama Efek Memutihkan Gigi di Dokter Bisa Bertahan?

Efek pemutihan diperkirakan berlangsung hingga tiga tahun. Namun, efeknya akan berbeda dari orang ke orang. Efeknya cenderung akan menghilang lebih cepat jika Anda merokok, makan atau minum produk yang dapat menodai gigi. Mintalah pendapat dokter gigi Anda sebelum Anda memulai perawatan.
Dipublish tanggal: Jul 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Berapa Lama Efek Memutihkan Gigi di Dokter Bisa Bertahan?

Proses pemutihan gigi bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk mengembalikan warna alami gigi Anda tanpa menghilangkan permukaan gigi. 

Walaupun proses pemutihan gigi tidak dapat membuat gigi tampak putih sempurna, tetapi proses ini dapat mencerahkan warna gigi Anda.

Iklan dari HonestDocs
Bleaching (Pemutihan Warna Gigi) Di Tooth's Kingdom Dental Care

Bleaching Gigi merupakan salah satu perawatan yang dapat dilakukan untuk membuat gigi lebih putih dan cerah

Istock 1171929300 %281%29

Efek pemutihan diperkirakan berlangsung hingga tiga tahun. Namun, efeknya akan berbeda dari orang ke orang. Efeknya cenderung akan menghilang lebih cepat jika Anda merokok, makan atau minum produk yang dapat menodai gigi. 

Mintalah pendapat dokter gigi Anda sebelum Anda memulai perawatan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam proses pemutihan gigi?

Perawatan total biasanya dapat memakan waktu tiga hingga empat minggu. Pertama, Anda perlu menjalani dua atau tiga kali kunjungan ke dokter gigi. Tim dokter gigi Anda harus membuat pelindung mulut pada pertemuan pertama. 

Setelah tim dokter gigi Anda memulai perawatan, Anda harus melanjutkan perawatan di rumah. Hal ini dilakukan dengan menerapkan produk pemutih secara teratur selama lebih dari dua hingga empat minggu, selama 30 menit hingga satu jam setiap kali.

Namun, sekarang ada beberapa produk baru yang dapat diterapkan hingga delapan jam sekaligus. Sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan hanya dalam waktu satu minggu.

Apa yang perlu Anda lakukan untuk mempertahankan efek pemutihan gigi?

Setelah menghabiskan waktu dan uang untuk bisa memutihkan gigi

Iklan dari HonestDocs
Bleaching (Pemutihan Warna Gigi) Di Tooth's Kingdom Dental Care

Bleaching Gigi merupakan salah satu perawatan yang dapat dilakukan untuk membuat gigi lebih putih dan cerah

Istock 1171929300 %281%29

Apakah Anda memilih perawatan pemutihan gigi di kantor atau menghabiskan berminggu-minggu memutihkan gigi di rumah, hal terakhir yang ingin Anda lihat di cermin adalah perubahan warna gigi Anda yang kembali menjadi kuning.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mempertahankan efek pemutihan gigi lebih lama, yaitu :

1. Agar efek pemutihan gigi bertahan lebih lama, sebaiknya menghindari makanan tertentu. 

Hindari mengkonsumsi produk yang dapat menodai gigi Anda, seperti kopi, teh, dan anggur merah,saur kari dan lainnya secara berlebihan.

Jika Anda memang memilih untuk mengkonsumsi minuman yang yang dapat meninggalkan noda pada gigi, pertimbangkan untuk menggunakan sedotan agar cairan dapat melewati gigi depan.

2. Sikat atau bilas segera setelah mengkonsumsi minuman atau makanan yang berpotensi meninggalkan noda. 

Noda pada makanan yang tertinggal di gigi berpotensi untuk menyebabkan pembentukan plak yang dapat membuat gigi tampak kuning.

3. Jaga kebersihan mulut dengan baik. 

Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari; gunakan benang gigi (flossing) setidaknya satu kali sehari untuk menghilangkan plak, dan bilas dengan obat kumur antiseptik setidaknya sekali sehari untuk membunuh bakteri yang menyebabkan plak.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Bleaching Gigi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket bleaching gigi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia d02 bleaching gigi

4. Gunakan pasta gigi pemutih (hanya sekali atau dua kali seminggu) untuk menghilangkan noda pada permukaan. 

Pasta gigi pemutih yang dijual bebas dapat membantu menghilangkan beberapa noda pada permukaan. 

Kebanyakan dari produk ini mengandung bahan abrasive ringan, bahan kimia, atau bahan pemoles, oleh karena itu, pasta gigi jenis ini tidak disarankan untuk digunakan setiap hari. Tidak seperti pemutih, mereka tidak mengubah warna alami gigi.

5. Menjalani perawatan rutin. 

Bergantung pada metode pemutihan yang digunakan, Anda mungkin memerlukan perawatan setiap enam bulan atau satu tahun sekali. 

Jika Anda merokok atau minum banyak minuman yang berpotensi meninggalkan noda pada gigi, Anda mungkin perlu menjalani perawatan lebih sering. 

Agar gigi Anda tetap putih dalam jangka panjang, tanyakan kepada dokter gigi Anda tentang tips khusus yang dapat Anda lakukan di rumah. 

Ketika gigi Anda mulai menguning lagi karena makan dan minum, Anda dapat menggunakan gel pemutih untuk mengembalikan gigi ke warna yang Anda inginkan. 

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi Anda sebelum menjalani prosedur pemutihan gigi dan hanya menggunakan produk pemutihan gigi yang memiliki Seal of Acceptance Asosiasi Gigi atau diberikan oleh dokter gigi profesional.

6. Periksa ke dokter gigi. 

Selain perawatan harian Anda dapat mengunjungi dokter gigi Anda untuk pemeriksaan rutin. Dokter gigi atau ahli kesehatan gigi dapat membersihkan noda permukaan yang menempel pada gigi. 

Tindakan abrasif oleh seorang dokter gigi adalah prosedur yang efektif untuk mencegah terjadinya perubahan warna tanpa harus memutihkan gigi Anda lagi. 

Dengan kebiasaan menyikat yang sangat baik dan pembersihan oleh dokter gigi, Anda dapat mempertahankan senyum cerah Anda

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Goldberg, Michel & Grootveld, Martin & Lynch, Edward. (2009). Undesirable and adverse effects of tooth-whitening products: A review. Clinical oral investigations. 14. 1-10. 10.1007/s00784-009-0302-4. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/26308583_Undesirable_and_adverse_effects_of_tooth-whitening_products_A_review)
Is Teeth Whitening Safe?. Healthline. (https://www.healthline.com/health/is-teeth-whitening-safe)
Tooth Whitening: What We Now Know. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4058574/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app