Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Sulfanilamide: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 11, 2019 Tinjau pada NOV 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 2.151.732 orang

Infeksi jamur pada vagina adalah infeksi yang sangat umum menyerang wanita. Meski tidak serius, gejalanya bisa membuat Anda tidak nyaman beraktivitas. Infeksi jamur biasanya disebabkan oleh berbagai jenis Candidaterutama dari jenis Candida Albicans

Pengobatan pada infeksi ini umumnya dapat diberikan dengan pengobatan supportif yaitu dengan menjaga kebersihan sekitar vagina. Namun pada kondisi tertentu diperlukan juga pengobatan untuk mengatasi infeksi tersebut. Khususnya artikel ini akan membahas salah satu pengobatan yang biasanya digunakan untuk mengatasi infeksi pada vagina yaitu obat Sulfanilamide. Berikut penjelasannya. Selamat membaca.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Apa sih obat Sulfanilamide itu?

Sulfanilamide merupakan obat antibakteri yang berasal dari golongan sulfonamide yang biasanya digunakan dalam perawatan, kontrol, pencegahan dan pengobatan penyakit infeksi pada vagina. Obat Sulfanilamide tidak boleh dikonsumsi jika Anda memiliki kondisi seperti anemia, hamil, alergik dan penyumbatan kantung kemih.

Berapa dosis yang dianjurkan pada obat Sulfanilamide?

Pada pengobatan infeksi vagina biasanya digunakan obat Sulfanilamide dengan bentuk krim. Obat Sulfanilamide dalam bentuk krim ini dioleskan pada area kemaluan wanita dengan menggunakan kuas khusus atau aplikator yang biasa tersedia bersamaan dengan obat, sebanyak 6 gr atau satu aplikator penuh. Krim dioleskan sebanyak 1 sampai 2 kali sehari selama 30 hari.

Apa saja efek samping pada obat Sulfanilamide?

Sama seperti obat-obatan lainnya yang memiliki efek samping. Obat Sulfanilamide juga dapat menimbulkan beberapa efek samping. Berikut adalah daftar efek samping yang memungkinkan yang dapat terjadi dalam obat-obat yang mengandung Sulfanilamide. Efek samping dibawah ini mungkin terjadi, tetapi tidak selalu terjadi. 

Efek samping yang mungkin muncul pada pengobatan ini, sebagai berikut:
Gusi membengkak
Demam
Mual, muntah
Sakit kepala
Diare
Sakit pada tenggorokan
Kesulitan menelan
Kehilangan nafsu makan 
Peningkatan rasa tidak nyaman (gelisah)
Gatal yang tidak biasa atau rasa seperti terbakar

Konsultasikan pada dokter Anda jika Anda mengalami efek samping berikut, terutama jika efek samping tersebut menetap dan tidak hilang. Hentikan pemakaian jika gejala yang muncul di area kemaluan bertambah buruk, seperti gatal atau rasa terbakar.

Interaksi Obat Sulfanilamide

Jika Anda mengonsumsi obat lain atau produk lain pada waktu bersamaan, mungkin efek dari Sulfanilamide dapat berubah. Hal ini dapat meningkatkan resiko efek samping atau menyebabkan obat tidak bekerja dengan baik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Beritahukan kepada dokter mengenai semua obat, vitamin, dan suplemen herbal yang Anda gunakan, sehingga dokter dapat mencegah atau mengatur interaksi obat. Obat Sulfanilamide biasanya dapat berinteraksi dengan obat dan produk berikut ini:
Dexketoprofen
Mecamylamine
Progesterone

Perhatian dan Peringatan

Wanita yang merencanakan kehamilan, sedang hamil, akan melahirkan, menyusui, dan anak-anak berusia di bawah dua bulan tidak direkomendasikan untuk menggunakan obat ini.

Hati-hati penggunaan obat ini pada penderita gangguan fungsi ginjal dan gangguan fungsi hati. Sebelum menggunakan obat ini sebaiknya memberi tahu dokter jika Anda memiliki alergi terhadap pengobatan ini atau alergi lainnya. 

Hindari melakukan hubungan seksual untuk mencegah penularan infeksi kepada pasangan Anda. Hati-hati penggunaan obat ini pada penderita diabetes dan penderita anemia, atau penyakit yang berhubungan dengan darah lainnya. 

Jangan gunakan obat sulfanilamide jika sedang mengalami demam, sakit perut, atau kelainan pada vagina yang menjadikannya mengeluarkan aroma tidak sedap. Untuk sementara, hindari menggunakan cairan pembersih vagina atau produk pembersih alat kelamin lainnya selama menggunakan obat ini.

Sebelum menggunakan obat Sulfanilamide jangan lupa untuk membaca keterangan pada kemasan dan gunakan obat Sulfanilamide sesuai anjuran dokter. Pasien disarankan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin. Langkah ini dilakukan untuk memantau keefektifan obat Sulfanilamide dan respons tubuh pasien terhadap obat. 

Gunakan obat Sulfanilamide seperti yang diresepkan oleh dokter Anda. Jangan mengkonsumsi obat dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang direkomendasikan. Jika tidak ada perbaikan saat menggunakan obat ini, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.


Referensi

DermNetNZ (2010). Sulfa Drugs and the Skin

Dovnik, et al. (2015). Treatment of Vulvovaginal Candidiasis: A Review of the Literature. Acta Dermatovenerol APA, 24, pp. 5-7.

Drugs.com (2018). Sulfanilamide Vaginal.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp