Simak 6 Fakta Penting Tentang Tulang dan Sendi Manusia

Dipublish tanggal: Agu 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 16, 2020 Waktu baca: 3 menit
Simak 6 Fakta Penting Tentang Tulang dan Sendi Manusia

Tahukah Anda? Sistem kerangka dalam tubuh manusia terbuat dari tulang, tendon dan ligamen, yang semuanya diperlukan untuk struktur tubuh, proses bergerak dan untuk melindungi organ-organ internal. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang tulang dan sendi manusia.

Fakta 1: Tulang merupakan struktur tubuh yang hidup

Tulang kerangka manusia jika diamati dari luar tubuh akan tampak kering dan keras tetapi tulang di tubuh manusia merupakan struktur yang hidup dan terbuat dari jaringan hidup. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Sepanjang hidup manusia, tulang-tulang di tubuh akan terus tumbuh dan beregenerasi dengan bantuan sel osteoblas. Sel-sel tersebut secara konstan akan membantu dalam pertumbuhan tulang baru selama masa muda, sementara sel osteoklas cenderung bekerja untuk menghancurkan tulang. 

Siklus penciptaan dan penghancuran yang konstan inilah yang lebih dikenal sebagai remodeling tulang.

Fakta 2: Anak-anak memiliki lebih banyak tulang daripada orang dewasa

Orang dewasa memiliki 206 tulang di tubuh mereka, tetapi seorang bayi umumnya dilahirkan dengan sekitar 300 tulang dan tulang rawan. 

Tulang rawan yang lunak dan lentur akan bergabung bersama untuk membentuk tulang yang lebih besar melalui proses yang disebut osifikasi, sehingga mengurangi jumlah keseluruhan tulang pada usia dewasa.

Fakta 3: Femur adalah tulang terbesar dalam tubuh manusia

Tulang femur merupakan tulang panjang dengan bantalan berat yang memanjang dari pinggul ke lutut. Tulang femur merupakan tulang terkuat di tubuh manusia dan dapat menahan kekuatan hingga 1.800 hingga 2.500 pound.

Fakta 4: Sanggurdi merupakan tulang terkecil di tubuh manusia

Tulang sanggurdi atau yang dikenal dengan stapes ini merupakan tulang terkecil dalam tubuh manusia dan salah satu dari 3 tulang yang membentuk telinga tengah, berukuran hanya 2-3 milimeter. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Tulang sanggurdi berfungsi untuk menerima getaran suara dan mentransfernya ke koklea untuk ditafsirkan oleh otak.

Fakta 5: Hyoid merupakan satu-satunya tulang yang tidak terhubung dengan tulang lain di tubuh

Tulang hioid memiliki bentuk seperti huruf U, dimana tulang ini terletak di antara dagu dan tulang rawan tiroid yang merupakan tulang berbentuk tapal kuda di tenggorokan. Tulang hyoid merupakan satu-satunya tulang dalam tubuh manusia yang tidak terhubung ke tulang lain. 

Tulang tersebut bekerja dengan kotak suara dan lidah untuk membantu menghasilkan ucapan.

Fakta 6: Osteoporosis merupakan penyakit tulang paling umum terjadi

Osteoporosis merupakan penyakit tulang paling umum yang ditandai dengan massa tulang yang rendah dan penurunan struktur tulang. Osteoporosis dapat didiagnosis dengan tes kepadatan mineral tulang sederhana dan diobati dengan perubahan gaya hidup dan penggunaan obat resep dokter. 

Ketika tulang kehilangan mineral esensialnya, seperti kalsium, hal tersebut dapat menyebabkan struktur di dalam tulang menjadi tipis, rapuh dan mudah patah.

6 Fakta menarik tentang sendi manusia

  • Fakta 1: Sendi merupakan tempat di mana dua tulang bertemu atau terhubung.
  • Fakta 2: Ligamen merupakan pita pendek jaringan ikat yang kuat dan berserat yang berfungsi untuk menghubungkan satu tulang dengan tulang lainnya, membentuk sendi.
  • Fakta 3: Tendon terbuat dari jaringan elastis dan juga memainkan peran penting dalam fungsi sendi. Tendon berfungsi untuk menghubungkan otot ke tulang.
  • Fakta 4: Beberapa sendi dapat bergerak dan beberapa ada yang tidak dapat bergerak. Sendi di tengkorak merupakan sendi yang tidak bergerak. Sedangkan sendi sinovial merupakan sendi bergerak. 

Sendi sinovial membentuk sebagian besar sendi dalam tubuh dan sebagian besar terletak di tungkai, di mana memainkan peran yang sangat penting dalam proses mobilitas. Sendi sinovial mengandung cairan sinovial, yang membantu sendi untuk bergerak bebas.

  • Fakta 5: Sambungan bola dan soket, seperti sambungan pinggul dan bahu, adalah jenis sambungan yang paling mobile. Sambungan tersebut memungkinkan Anda untuk menggerakkan tangan dan kaki Anda ke berbagai arah.
  • Fakta 6: Sendi engsel merupakan sendi di lutut dan siku. Sendi tersebut memungkinkan gerakan yang mirip dengan cara pintu engsel bergerak.

Tips menjaga dan memiliki tulang dan sendi yang sehat dan kuat

Setelah membaca beberapa fakta menarik tentang tulang dan sendi manusia, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tulang dan sendi yang sehat dan kuat:

  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi, khususnya makanan yang kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D.
  • Berolahraga secara teratur untuk mendapatkan tulang yang kuat.
  • Menghindari kebiasaan merokok yang dapat berdampak pada penurunan mineral tulang.
  • Mengkonsumsi suplemen tambahan untuk tulang.
  • Menggunakan pelindung saat berolahraga atau beraktivitas berat, guna mencegah terjadinya patah tulang.

17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Uppin S, et al. (2008). Lesions of the bones of the hands and feet: A study of 50 cases [Abstract]. DOI: (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18466029)
Shah K, et al. (2013). The role of muscle in bone repair: The cells, signals, and tissue responses to injury. DOI: (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3698863/)
Sanders, RJ, et al. (2002). Management of cervical ribs and anomalous first ribs causing neurogenic thoracic outlet syndrome. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12096257)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app