Shampoo Selsun: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 25, 2019 Update terakhir: Jun 30, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 2 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Shampoo Selsun adalah shampoo dengan bahan aktif selenium sulfida yang dapat mengurangi gatal, ketombe, dan peradangan pada kulit kepala.
  • Selain itu, manfaat Shampoo Selsun juga dapat membantu mengatasi dermatitis seboroik, panu, hingga infeksi jamur pada kulit kepala.
  • Dosis Shampoo Selsun untuk mengobati ketombe adalah 5-10 ml yang digunakan 2 x seminggu selama 2 minggu berturut-turut.
  • Hindari penggunaan jika Anda memiliki alergi terhadap selenium sulfida, memiliki luka terbuka pada kulit kepala, atau kulit meradang.
  • Shampoo Selsun tidak boleh digunakan 2 hari sebelum atau setelah pewarnaan atau pegeritingan rambut.
  • Klik untuk mendapatkan Shampoo Selsun atau produk konsumen lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Mengenai Shampoo Selsun

Shampoo Selsun adalah shampoo yang dapat digunakan untuk mengatasi ketombe dan peradangan pada kulit kepala. Shampoo ini mengandung bahan aktif selenium sulfida yang dapat mengurangi gatal, kulit mengelupas, dan kulit kering pada kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe. Selain untuk mengatasi ketombe, selenium sulfida yang ada dalam Shampoo Selsun juga dapat digunakan sebagai anti jamur. 

Selenium sulfida bekerja secara spesifik menghancurkan jamur yang termasuk golongan dermatofita. Bahan aktif ini juga dapat menyebabkan penurunan produksi sel pada lapisan kulit bagian atas sekaligus penurunan produksi minyak alami (sebum) oleh kelenjar sebasea pada kulit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Dermatitis seboroik adalah kondisi peradangan pada kulit yang dapat terjadi pada kulit kepala. Peradangan ini timbul sebagai akibat reaksi tubuh terhadap adanya jenis jamur tertentu.

Selenium sulfida membunuh jamur yang bertanggung jawab terhadap peradangan ini, serta mengurangi gatal dan pengelupasan kult yang disebabkan oleh ketombe dan dermatitis seboroik kulit kepala.

Manfaat Shampoo Selsun

Shampoo Selsun dapat digunakan untuk mengatasi:

Kontraindikasi

Shampoo Selsun tidak dapat digunakan pada beberapa kondisi berikut:

  • Kulit yang diketahui alergi terhadap selenium sulfida atau bahan lain dari shampoo
  • Kulit yang rusak atau terdapat luka terbuka
  • Kulit yang sedang mengalami peradangan
  • Anak-anak yang berusia kurang dari 5 tahun

Dosis Shampoo Selsun

Shampoo Selsun hanya digunakan untuk pengobatan luar. Adapun dosis yang dianjurkan adalah sebagai berikut :

Untuk mengobati ketombe

  • Gunakan 5-10 ml shampoo lalu pijat ke kulit kepala yang basah paling sedikit 2 x seminggu selama 2 minggu berturut-turut.
  • Kemudian sekali setiap 1-2 minggu untuk mengontrol ketombe. Diamkan selama 2-3 menit, kemudian dibilas sebanyak 3-4 kali dengan air.

Untuk mengobati panu

  • Shampoo harus digunakan setiap 12 jam sekali setiap hari selama 7 hari berturut-turut.
  • Shampoo dioleskan dengan merata pada kulit yang terkena, biarkan selama 10 menit, lalu dicuci dengan air.

Efek Samping Shampoo Selsun

Shampoo Selsun pernah dilaporkan menimbulkan beberapa efek samping. Beberapa efek samping Shampoo Selsun yang dapat terjadi antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Gatal dan kemerahan pada kulit kepala
  • Kekeringan kulit kepala dan rambut
  • Peningkatan rambut rontok
  • Perubahan warna rambut
  • Sensitisasi atau reaksi alergi

Setiap orang mungkin mengalami efek samping yang berbeda-beda. Segera konsultasikan ke dokter jika efek samping terus mengganggu atau semakin parah.

Perhatian

Shampoo Selsun harus mendapatkan perhatian khusus pada beberapa keadaan berikut :

  • Hindari kontak shampoo ini dengan mata. Apabila terkena mata, segera bilas dengan air yang mengalir.
  • Shampoo Selsun bisa mengubah warna emas, perak atau perhiasan logam lainnya. Maka dari itu, penting untuk melepas semua perhiasan sebelum menggunakan shampoo ini.
  • Shampoo Selsun tidak boleh digunakan 2 hari sebelum atau setelah pewarnaan atau pegeritingan rambut.
  • Tidak ada informasi yang tersedia tentang keamanan obat ini selama kehamilan. Oleh karena itu, hindari menggunakan Shampoo Selsun pada trimester pertama kehamilan.
  • Tidak ada informasi yang tersedia mengenai keamanan obat ini selama menyusui. Sebaiknya hindari penggunaan Shampoo Selsun saat menyusui.
  • Apabila Anda merasa mengalami reaksi alergi terhadap shampoo ini, hentikan penggunaan shampoo dan segera menghubungi dokter.

Artikel terkait:


20 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Chen, Catherine & Koch, Laine & Dice, James & Dempsey, Kimberly & Moskowitz, Alan & Barnes-Eley, Myra & Hubbard, Thomas & Williams, Judith. (2010). A Randomized, Double-Blind Study Comparing the Efficacy of Selenium Sulfide Shampoo 1% and Ciclopirox Shampoo 1% as Adjunctive Treatments for Tinea Capitis in Children. Pediatric dermatology. 27. 459-62. 10.1111/j.1525-1470.2010.01093.x.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/45827166_A_Randomized_Double-Blind_Study_Comparing_the_Efficacy_of_Selenium_Sulfide_Shampoo_1_and_Ciclopirox_Shampoo_1_as_Adjunctive_Treatments_for_Tinea_Capitis_in_Children)
Danby, F. & Maddin, W. & Margesson, Lynne & Rosenthal, Donald. (1994). A randomized, double-blind, placebo-controlled trial of ketoconazole 2% shampoo versus selenium sulfide 2.5% shampoo in the treatment of moderate to severe dandruff. Journal of the American Academy of Dermatology. 29. 1008-12. 10.1016/0190-9622(93)70282-X.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/14954526_A_randomized_double-blind_placebo-controlled_trial_of_ketoconazole_2_shampoo_versus_selenium_sulfide_25_shampoo_in_the_treatment_of_moderate_to_severe_dandruff)
Gilbertson, Kenneth & Jarrett, Robert & Bayliss, Susan & Berk, David. (2011). Scalp Discoloration from Selenium Sulfide Shampoo: A Case Series and Review of the Literature. Pediatric dermatology. 29. 84-8. 10.1111/j.1525-1470.2011.01410.x.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/50938555_Scalp_Discoloration_from_Selenium_Sulfide_Shampoo_A_Case_Series_and_Review_of_the_Literature)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app