Setelah Terserang Stroke, Kapan rehabilitasi stroke dapat dimulai?

Sesaat setelah mengalami serangan stroke, rehabilitasi stroke dimulai! Rehabilitasi stroke perlu dilakukan dengan cepat karena tim medis ingin memanfaatkan tingkat plastisitas yang meningkat di otak Anda.
Dipublish tanggal: Agu 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Setelah Terserang Stroke, Kapan rehabilitasi stroke dapat dimulai?

Waktu pemulihan pasca serangan stroke berbeda pada masing-masing orang. Waktu pemulihan bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. 

Beberapa orang dapat pulih sepenuhnya, tetapi beberapa orang yang lain mungkin akan mengalami cacat jangka panjang atau bahkan cacat seumur hidup.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit pinggang 5x visit di nk health

Masalah-masalah yang mungkin muncul pasca serangan stroke

Stroke adalah suatu kondisi medis yang cukup serius dan dapat menyebabkan kerusakan otak secara permanen. Jika seseorang mengalami stroke, mungkin mereka akan mengalami beberapa masalah jangka panjang seperti :

  • Paralysis (ketidakmampuan untuk menggerakan beberapa bagian tubuh), kelemahan pada salah satu atau kedua sisi tubuh.
  • Kesulitan dalam berpikir, kesadaran, perhatian, pembelajaran, penilaian, dan memori.
  • Masalah memahami pembicaraan atau masalah berbicara.
  • Kesulitan untuk mengendalikan atau mengekspresikan emosi.
  • Mati rasa atau mengalami gangguan sensori.
  • Rasa sakit di tangan dan kaki yang memburuk dengan perubahan gerakan dan suhu.
  • Kesulitan mengunyah dan menelan.
  • Masalah dengan kontrol kandung kemih dan usus.
  • Depresi.

Rehabilitasi stroke

Rehabilitasi stroke dapat mencakup beberapa aspek seperti :

  • Terapi wicara membantu orang yang memiliki masalah dalam berbicara atau memahami pembicaraan.
  • Terapi fisik yang menggunakan latihan untuk membantu Anda mempelajari kembali kemampuan untuk bergerak dan koordinasi yang mungkin hilang akibat serangan stroke.
  • Terapi okupasi berfokus pada peningkatan aktivitas sehari-hari, seperti makan, minum, berpakaian, mandi, membaca, dan menulis.
  • Terapi dan obat-obatan yang dapat membantu mengatasi depresi atau kondisi kesehatan mental lainnya pasca mengalami stroke.

Dukungan dari keluarga dan teman-teman juga dapat membantu menghilangkan rasa takut dan kecemasan pasca serangan stroke. Biarkan orang yang Anda cintai tahu bagaimana perasaan Anda dan apa yang dapat mereka lakukan untuk membantu Anda.

Kapan rehabilitasi stroke dapat dimulai?

Sesaat setelah mengalami serangan stroke, rehabilitasi stroke dimulai! Rehabilitasi stroke perlu dilakukan dengan cepat karena tim medis ingin memanfaatkan tingkat plastisitas yang meningkat di otak Anda.

Rehabilitasi dini segera setelah cedera akan membantu otak untuk pulih dengan cepat karang pada tahap-tahap awal pasca mengalami stroke, otak cenderung akan berusaha untuk membentuk koneksi saraf baru untuk pulih dari kerusakan.

Tingkat keparahan dan lokasi stroke akan menentukan seberapa cepat Anda dapat keluar dari rumah sakit. Mereka yang menderita stroke ringan, biasanya akan keluar dari rumah sakit setelah satu minggu perawatan.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Fisioterapi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket fisioterapi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia p01 fisioterapi

Sedangkan pada kasus-kasus yang lebih berat, mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk keluar dari rumah sakit, karena mereka membutuhkan perawatan yang lebih intensif.

Jika efek samping stroke bertambah parah dan pasien tidak dapat bertahan hidup secara mandiri (mis. Mereka memerlukan ventilator atau selang makanan), mereka dapat ditransfer ke rumah sakit untuk menjalani perawatan lebih lanjut.

Kebanyakan pasien mengalami pemulihan 50%

Sebagian besar pasien akan mencapai pemulihan 50% selama 2 minggu pertama.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, hal ini disebabkan karena otak berada dalam kondisi plastisitas tinggi segera setelah stroke, dan terapi dini akan memiliki dampak yang lebih besar.

Setelah 3 bulan pasca stroke, plastisitas otak akan mulai melambat. Pada tahap ini, seseorang yang mengalami stroke, mungkin tidak akan melihat hasil perkembangan yang terlalu signifikan. 

Sayangnya, sebagian besar fasilitas rehabilitasi rawat inap akan memulangkan pasien dan menghentikan perawatan di rumah sakit.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi keseleo 5x visit di nk health

Namun tentu saja hal ini BUKAN merupakan pertanda bahwa penderita stroke sudah tidak dapat pulih lagi. Sebaliknya, hal ini hanya menunjukan bahwa penderita stroke perlu meningkatkan regimen terapi fisik di rumah.

Setelah Anda keluar dari rehabilitasi rawat inap, Anda akan mulai rehabilitasi rawat jalan, di mana Anda perlu menjalani terapi fisik di klinik atau rumah sakit beberapa kali dalam seminggu.

Berapa waktu yang diperlukan untuk dapat sembuh dari gejala stroke?

Hingga saat ini, tidak ada rumus baku yang dapat menentukan berapa lama seorang yang mengalami stroke dapat sembuh.

Seringkali, orang-orang dengan afasia (kesulitan untuk berbicara atau mengerti pembicaraan) dapat pulih 1 tahun setelah menjalani terapi wicara yang agresif.

Gerakan tangan dan kaki akan mulai menunjukan hasil yang signifikan 2 Tahun pasca serangan (tentunya dengan rehabilitasi yang teratur).

Dengan terapi fisik yang rutin dan teratur, kebanyakan penderita stroke akan mendapatkan hasil yang signifikan dalam 10 tahun. Namun, beberapa pasien mungkin tidak menunjukan perbaikan gejala apapun walaupun sudah menjalani terapi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Setelah beberapa dekade, sulit untuk membayangkan bahwa pemulihan masih mungkin bisa terjadi, tetapi hal ini bukan merupakan hal yang tidak mungkin! 

Pasien stroke yang mengabaikan rehabilitasi tangan selama beberapa dekade, masih dapat memulai latihan terapi tangan dan mendapatkan hasil yang cukup signifikan. Bahkan dua dekade pasca serangan stroke, pemulihan masih bisa terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa: ketika Anda berusaha, otak akan merespons.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stroke Rehabilitation. MedlinePlus. (Accessed via: https://medlineplus.gov/strokerehabilitation.html)
Stroke Treatment and Rehabilitation. Everyday Health. (Accessed via: https://www.everydayhealth.com/stroke/guide/treatment/)
Stroke Recovery and Rehabilitation. Verywell Health. (Accessed via: https://www.verywellhealth.com/stroke-rehabilitation-is-critical-for-stroke-recovery-3146246)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app