Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Selain Vagina, Infeksi Jamur Juga Menyerang 6 Anggota Tubuh Ini

Update terakhir: NOV 13, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 743.042 orang

Selain Vagina, Infeksi Jamur Juga Menyerang 6 Anggota Tubuh Ini

Bakteri dan jamur memang sering kali menyerang bagian vagina wanita yang tidak melakukan perawatan dan tidak menjaga kebersihan vagina. Apabila vagina terserang bakteri atau jamur, maka vagina akan lebih mudah terserang oleh infeksi maupun serangan penyakit kelamin yang lainnya. 

Namun tahukah Anda? Bahwa jamur tidak hanya menyerang pada bagian vagina saja, akan tetapi ada 6 anggota tubuh yang juga sering kali menyerang.

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Jamur tidak hanya memberikan rasa tidak nyaman saja bagi orang yang mendapatkan serangan jamur. Akan tetapi kehadiran jamur yang muncul pada anggota tubuh pun juga sering kali menimbulkan rasa tidak percaya diri ketika sudah berhadapan dengan banyak orang. 

Meskipun jamur menyerang pada bagian tubuh yang tertutup, namun jangan membiarkan jamur terus berkembang ke tubuh Anda.

Berikut ini, bagian tubuh yang sering dihinggapi jamur, di antaranya:

  • Jamur Candida Albicans yang menyerang bagian mulut

Jamur Candida Albicans sering kali menyerang pada bagian mulut, bagian kulit dan pada bagian saluran pencernaan. Gejala yang ditimbulkan dari infeksi jamur mulut ini yaitu munculnya tanda bercak warna putih di sekitar lidah, mulut, dinding mulut dan tenggorokan. 

Jika jamur mulut terus dibiarkan, maka jamur bisa menyebar pada bagian langit-langit mulut, amandel, belakang tenggorokan dan gusi.

  • Bagian kaki yang cenderung bersentuhan dengan permukaan lantai

Bagian kaki adalah bagian yang paling rentan terhadap serangan jamur. Hal ini dikarenakan bagian kaki cenderung lebih bersentuhan terhadap permukaan lantai. Serangan jamur pada kaki ini sering kali disebut sebagai kutu air

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Gejala yang paling mudah Anda kenali yaitu bagian lenting yang berisi cairan, khususnya pada bagian sela-sela jari kaki. Jamur pada kaki inilah yang menimbulkan kulit kering, mengelupas, rasa terbakar, ruam, dan menimbulkan rasa gatal.

  • Jamur yang menyerang bagian Penis

Ternyata vagina tidak hanya menular pada bagian vagina saja, akan tetapi bagian penis pun juga menjadi serangan jamur. Hal ini dikarenakan pria sering kali melakukan hubungan badan tanpa menggunakan kondom. Kebersihan penis yang tidak terjaga dengan baik pun juga menjadi penyebab timbulnya jamur.

  • Jamur yang menyerang bagian lipatan ketiak

Bagian ketiak juga menjadi bagian tubuh yang lebih mudah terserang oleh jamur kulit, terutama pada bagian lipatan ketiak

Ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya jamur di daerah ketiak, seperti adanya cuaca panas, ketika yang selalu dalam kondisi lembab, gesekan antar lipatan kulit dan sirkulasi udara bagian ketiak yang kurang.

Jamur sering kali muncul pada bagian selakangan, bokong, anus dan perut bagian bawah yang cenderung lebih lembab dan basah. Jamur dapat menular jika berbagi handuk dengan orang yang memiliki serangan jamur.

  • Bagian tubuh yang lembab, hangat dan manis seperti Payudara

Infeksi jamur yang sering kali menyerang bagian payudara sering kali disebabkan ketika sedang menyusui. Apabila jamur tersebut tidak segera diatasi, maka dapat menimbulkan jamur mengalami pertumbuhan dan jamur pun juga akan semakin menyebar di area payudara

Jamur menyukai area payudara karena kondisinya yang lembab, hangat dan manis.

Ke-6 anggota tubuh yang ada di atas haruslah diperhatikan dengan baik, khususnya dalam menjaga kebersihan dan kelembabannya. Hal ini memiliki tujuan agar serangan jamur tidak semakin melakukan penyebaran ke anggota tubuh yang lainnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit