Seberapa Efektif Obat Batuk Kering Alami Itu?

Dipublish tanggal: Sep 18, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit

Berdasarkan jenis batuknya, obat batuk dapat dibagi menjadi 2 jenis, obat batuk kering dan obat batuk berdahak. Dibanding obat batuk kering, biasanya obat batuk berdahak yang paling sering dijual bebas. Lalu, bagaimanakah cara alami mengatasi batuk kering?

Sesuai istilahnya, batuk kering merupakan penyakit batuk yang tidak disertai dahak atau lendir. Berbagai faktor dapat menyebabkan seseorang mengalami batuk kering, misalnya seperti:

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Selain beberapa faktor tadi, sebenarnya masih ada penyebab batuk kering lain yang belum dapat diketahui secara pasti. 

Contoh Obat Batuk Kering Alami

Sekarang, mari kita simak bersama apa saja contoh obat batuk kering yang sifatnya alami tersebut.

Air putih

Selain murah meriah, air putih juga mudah ditemukan di mana-mana. Obat batuk kering alami paling sederhana ini mampu menjaga tenggorokan supaya tetap lembab meski udara sekitar sedang kering. Oleh sebab itu, minumlah cukup air setiap harinya.

Madu 

Madu sebenarnya cocok untuk batuk kering maupun yang disertai dahak. Hasil penelitian bahkan mengklaim kalau madu jauh lebih efektif menangani batuk dibanding obat lainnya. 

Cara menggunakan madu sebagai obat batuk kering alami adalah dengan mencampurkan 2 sendok madu dalam minuman hangat, seperti teh atau air lemon. Akan tetapi, metode pengobatan batuk kering ini tidak disarankan untuk anak yang usianya di bawah 1 tahun karena dapat memicu risiko botulisme (keracunan akibat bakteri Clostridium botulinum).

Air garam

Sudah bukan rahasia lagi kalau berkumur air garam sering diandalkan beberapa orang untuk meredakan batuk kering. Cara ini memang terbukti efektif menghilangkan rasa gatal di tenggorokan yang seringkali memicu batuk kering.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Untuk penerapannya, campurkan ¼ - ½ sdt garam ke dalam secangkir air hangat, lalu gunakan itu sebagai obat kumur. Hindari memberikan air garam ini untuk anak yang belum genap berusia 6 tahun karena biasanya mereka belum mampu berkumur dengan maksimal.

Jahe

Jika batuk keringnya disebabkan asam lambung naik atau radang tenggorokan saat flu, cobalah mengatasinya menggunakan jahe. Salah satu rempah super ini dapat meredakan gejala berlebih yang disebabkan asam lambung atau flu. Walau begitu, efektivitas jahe untuk mengobati batuk kering masih harus diteliti lebih lanjut.

Nanas

Nanas mengandung bromelain yang tak hanya efektif meredakan batuk kering. Zat tersebut digadang-gadang juga dapat melancarkan saluran pernapasan. Sayangnya, belum ada bukti medis yang cukup untuk mendukung pernyataan tersebut. 

Sumber probiotik

Mengonsumsi makanan yang sarat probiotik dapat mengatasi lemahnya sistem imun tubuh, salah satu penyebab batuk kering. Selain itu, hasil penelitian menyatakan bahwa probiotik mampu menurunkan angka kejadian infeksi saluran pernapasan yang menimpa anak-anak. 

Walau obat batuk kering alami ini tidak bekerja secara langsung, tapi mikroorganisme yang terkandung dalam probiotik akan menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karenanya, rajinlah mengonsumsi tempe, yogurt, serta keju.

Cara Meringankan Gejala Batuk Kering

Di samping menggunakan obat alami di atas, Anda disarankan melakukan beberapa cara meringankan gejala batuk kering berikut ini:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Gunakan pelembab udara (air humidifier)

Penggunaan alat yang dapat melembabkan udara sekitar ini sudah terbukti ampuh redakan batuk dan sensasi gatal di tenggorokan. Selain itu, meletakkan air humidifier dalam ruangan juga efektif untuk melancarkan proses pernapasan.

Cukup istirahat

Mengapa penderita batuk kering harus cukup istirahat? Karena saat beristirahat, tubuh menyalurkan seluruh energinya ke sistem kekebalan sehingga upaya menangkal virus penyebab batuk keringnya jauh lebih efektif. 

Hindari penyebab batuk kering

Seperti disebutkan di awal tadi, ada berbagai faktor yang dapat memicu batuk kering. Karenanya, hindari faktor penyebabnya bila ingin terbebas dari batuk kering. 

Obat batuk antitusif 

Nah bila cara alami yang kami paparkan barusan masih belum juga meringankan gejala batuknya, tak ada salahnya minum obat batuk antitusif. Obat yang mampu menekan refleks batuk ini sering diandalkan untuk mengatasi batuk kering.

Periksa ke dokter

Terakhir, bila batuk keringnya tak kunjung sembuh dalam hitungan minggu, sebaiknya Anda segera periksa ke dokter. 

22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
That nagging cough: Common causes, cures for persistent cough. (2019). (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/that-nagging-cough)
Decongestants: OTC relief from congestion. (2017). (https://familydoctor.org/decongestants-otc-relief-for-congestion/?adfree=true)
Cough medicines: Understanding your OTC options. (2013). (https://familydoctor.org/cough-medicine-understanding-your-otc-options/?adfree=true)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app