Sebaiknya, Berapa Kali Ibu Hamil Harus USG?

USG penting dilakukan bagi ibu hamil. Pedoman WHO menentukan pemeriksaan USG setidaknya 4 kali, dimulai dari usia 16 minggu
Dipublish tanggal: Agu 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Sebaiknya, Berapa Kali Ibu Hamil Harus USG?

Pemindaian ultrasound adalah tes medis yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menangkap gambar langsung dari bagian dalam tubuh Anda. Ini juga dikenal sebagai sonografi.

Ultrasonografi memungkinkan dokter melihat adanya masalah dengan organ, pembuluh, dan jaringan tanpa harus membuat sayatan.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Tidak seperti teknik pencitraan lain, USG tidak menggunakan radiasi. Untuk alasan ini, ini adalah metode yang disukai untuk melihat janin yang sedang berkembang selama kehamilan.

Bagaimana cara kerja USG?

Ultrasonografi aman dan tidak menyakitkan. Jenis pemeriksaan ini menghasilkan gambar bagian dalam tubuh menggunakan gelombang suara. Pencitraan USG juga disebut pemindaian ultrasonografi atau sonografi.

USG menggunakan probe transduser dan gel yang ditempatkan langsung di kulit. Gelombang suara frekuensi tinggi bergerak dari probe melalui gel ke dalam tubuh. 

Probe mengumpulkan suara yang bangkit kembali. Komputer menggunakan gelombang suara itu untuk membuat gambar. 

Ujian USG tidak menggunakan radiasi (seperti yang digunakan dalam x-ray). Karena gambar ditangkap secara real-time, USG dapat menunjukkan struktur dan pergerakan organ-organ internal tubuh. 

Mereka juga dapat menunjukkan aliran darah melalui pembuluh darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Dokter Anda mungkin dapat meminta Anda untuk berpuasa selama delapan hingga 12 jam sebelum USG Anda, terutama jika perut Anda sedang diperiksa. Makanan yang tidak tercerna dapat menghalangi gelombang suara, sehingga menyulitkan teknisi untuk mendapatkan gambar yang jelas.

Untuk pemeriksaan lain, Anda mungkin diminta untuk minum banyak air dan menahan urin Anda sehingga kandung kemih Anda penuh dan terlihat lebih baik.

Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda tentang obat resep, obat bebas, atau suplemen herbal yang Anda gunakan sebelum ujian.

Penting untuk mengikuti instruksi dokter Anda dan mengajukan pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki sebelum prosedur. Minum air putih dan minum obat apa pun sesuai petunjuk. 

Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda tentang obat resep, obat bebas, atau suplemen herbal yang Anda gunakan sebelum dilakukan pemeriksaan. 

Apa manfaat USG pada kehamilan?

Berikut adalah manfaat USG pada kehamilan, termasuk:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1
  1. Untuk memastikan Anda hamil
  2. Untuk memeriksa usia dan pertumbuhan bayi Anda. Ini membantu penyedia Anda mengetahui hari perkiraan lahir.
  3. Untuk memeriksa detak jantung, nada otot, gerakan, dan perkembangan keseluruhan bayi Anda
  4. Untuk memeriksa apakah Anda mengandung anak kembar, kembar tiga atau lebih 
  5. Dapat memastikan adanya cacat lahir, seperti spina bifida
  6. Untuk membantu dengan tes prenatal lainnya, seperti pengambilan sampel chorionic villus
  7. Untuk memeriksa ovarium dan rahim Anda. Ovarium adalah tempat telur disimpan dalam tubuh Anda.
  8. Untuk memeriksa komplikasi kehamilan, termasuk kehamilan ektopik, kehamilan molar dan keguguran.

Kapan ibu hamil memerlukan USG?

USG penting dilakukan bagi ibu hamil. Pedoman WHO menentukan pemeriksaan USG setidaknya 4 kali, dimulai dari usia 16 minggu. 

Ultrasonografi trimester pertama

Pada trimester pertama kehamilan, USG dini adalah bagian rutin dari perawatan prenatal pada 6 hingga 9 minggu dan sebanyak 1 kali. USG ini digunakan untuk:

  1. Mengkonfirmasikan perkiraan tanggal jatuh tempo Anda lebih akurat dengan mengukur janin (setelah trimester pertama, pengukuran ultrasonografi janin kurang akurat)
  2. Menentukan detak jantung janin.
  3. Memastikan kehamilan terjadi di tempat yang seharusnya, di dalam rahim (dan untuk menyingkirkan kehamilan ektopik)
  4. Menentukan jumlah janin

Ultrasonografi trimester kedua

Pertengahan kehamilan Anda, biasanya antara minggu ke 24 dan minggu ke 28, dilakukan pemindaian anatomi terperinci yang disebut USG. Manfaat USG pada trimester kedua: 

  1. Melihat bagaimana bayi tumbuh dan menawarkan kepastian bahwa semuanya berjalan persis seperti seharusnya, dengan mengukur ukuran bayi dan memeriksa semua organ, mengukur tingkat cairan ketuban untuk memastikan ada jumlah yang tepat, dan melihat lokasi plasenta Anda.
  2. Mengetahui jenis kelamin bayi Anda, menunjukkan tangan, kaki, wajah, dan organ kecil bayi Anda seperti perut dan ginjal

Ultrasonografi trimester ketiga

USG ketiga dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pada minggu 30 hingga 32, dan 36 hingga 38 minggu untuk memastikan keadaan serta posisi janin.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Placenta Previa.(2011, September 12). National Institutes of Health. Retrieved July 9, 2012, from : (http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000900.htm)
Pregnancy ultrasound. (2010, February 21). National Institutes of Health. Retrieved July 4, 2012, from : (http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/003778.htm)
Pregnancy and Childbirth - Common Tests During Pregnancy. (n.d.). Johns Hopkins Medicine Health Library. Retrieved July 4, 2012, from : (http://www.hopkinsmedicine.org/healthlibrary/conditions/adult/pregnancy_and_childbirth/common_tests_during_pregnancy_85,P01241/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app