Saat Menstruasi, Tubuh Mengalami 6 Perubahan Ini

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 26, 2019 Waktu baca: 2 menit
Saat Menstruasi, Tubuh Mengalami 6 Perubahan Ini

Ketika wanita mengalami menstruasi, wanita tidak hanya merasakan kram pada bagian perut, merasakan nyeri pada bagian pinggulnya dan mengalami hal yang tidak mengenakan lainnya. 

Akan tetapi, secara tidak langsung, tubuh akan mengalami perubahan yang mungkin tidak sedang Anda sadari. Sedangkan perubahan tersebut tidak terjadi begitu saja, sehingga hal ini membuat para wanita yang sudah mengalami menstruasi kurang menyadari akan perubahan tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Untuk mengetahui apa saja perubahan yang terjadi sebelum dan saat menstruasi, Anda bisa mengetahuinya melalui ulasan berikut:

Terjadi permasalahan dengan BAB

Saat menstruasi, Anda akan mengalami permasalahan terhadap BAB. Hal ini dikarenakan bahan kimia yang ada di dalam tubuh membutuhkan beberapa waktu untuk bisa bekerja dalam rahim wanita. 

Oleh karena saat menstruasi menyebabkan adanya kontraksi di dalam perut Anda. Kandungan hormon progesteron yang ada di dalam tubuh selama menstruasi dapat menimbulkan sembelit dan perut terasa mules.

Tubuh lebih mudah merasakan lelah

Kondisi menstruasi dapat menimbulkan rasa lelah pada wanita. Hal ini menjadi hal yang wajar, karena saat masa menstruasi terdapat peningkatan kelelahan dan retensi cairan yang dapat mempengaruhi otak. Hal ini pun secara langsung juga akan mempengaruhi pada keseimbangan Anda.

Tidak bisa tidur nyenyak seperti biasanya

Ketika Anda sedang menstruasi, maka tubuh akan mengalami gangguan yang menyebabkan kualitas tidur Anda tidak bisa berjalan seperti biasanya. Anda akan merasa kesulitan untuk tidur karena rasa sakit pada kram perut, rasa mual, sakit kepala dan suasana hati yang sedang tidak baik. 

 Gangguan tidur tersebut biasanya terjadi seminggu sebelum wanita mengalami siklus haid.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Darah akan menghilang sedikit demi sedikit

Apabila Anda sudah melewati menstruasi Anda lebih dari 3 hari, maka darah yang keluar pun akan semakin berkurang dan tidak sebanyak pada hari pertama atau hari kedua. Hal ini dikarenakan kadar estrogen akan mulai meningkat kembali dan indung telur mulai melepaskan telurnya kembali.

Saat menstruasi, Anda memiliki gairah seks yang lebih tinggi

Saat wanita mengalami menstruasi, maka gairah seks akan semakin tinggi. Hal ini dikarenakan tubuh melepaskan sel telur dan hal ini sangat umum terjadi. Sedangkan melakukan hubungan seks pada saat ovulasi bisa meningkatkan kesempatan untuk bisa hamil. 

Waktu ovulasi dapat ditandai dengan perubahan lendir yang ada di mulut rahim, suhu tubuh sedikit mengalami peningkatan.

Selain itu lendir yang ada di mulut rahim pun juga terlihat jauh lebih mengental, elastis dan transparan seperti putih telur. Wajar saja bila gairah seks Anda akan meningkat saat perubahan ini terjadi.

Gejala-gejala yang mengganggu tubuh

Menjelang menstruasi, wanita akan mengalami gejala-gejala perubahan yang dapat mengganggu tubuh, misalnya seperti kulit menjadi lebih berminyak, sehingga menimbulkan tumbuhnya jerawat, tubuh merasa lebih cepat lelah, payudara mengencang dan nyeri, mudah terpancing emosi, sakit kepala, perubahan mood, nyeri pada bagian pinggul dan sering kali mengalami perut kembung.

Hampir semua wanita memiliki perubahan yang sama pada saat menjelang menstruasi maupun pada saat menstruasi. Karena perubahan tersebut terjadi secara umum. 

 Meskipun ada beberapa wanita yang tidak merasakan perubahan tersebut, namun perubahan seperti di atas dialami kebanyakan wanita. Dengan demikian saat Anda merasakan perubahan tidak seperti biasanya, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini, karena hal ini menjadi hal yang umum terjadi pada wanita.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Carr-Nangle, Rebecca & Johnson, William & Bergeron, Kimberly & Nangle, Douglas. (1994). Body image changes over the menstrual cycle in normal women. The International journal of eating disorders. 16. 267-73. 10.1002/1098-108X(199411)16:3<267::AID-EAT2260160307>3.0.CO;2-Y. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/15365182_Body_image_changes_over_the_menstrual_cycle_in_normal_women)
Body Changes During the Menstrual Cycle. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-menstrual-cycle-3520919)
Body image changes over the menstrual cycle in normal women. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7833960)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app