Ramuan Sederhana Untuk Menyamarkan Noda Bekas Jerawat

Tanpa perlu ke dokter, Anda dapat meracik sendiri ramuan sehat dan alami untuk menghilangkan noda bekas jerawat.
Dipublish tanggal: Agu 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 15, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ramuan Sederhana Untuk Menyamarkan Noda Bekas Jerawat

Ketika jerawat muncul, terkadang seseorang akan melakuakn suatu tindakan yang pada akhirnya akan menimbulkan masalah baru yaitu noda hitam bekas jerawat.  Tak berbeda dengan jerawat, adanya noda hitam bekas jerawat dan flek hitam akan mengganggu penampilan. 

Tak seperti jerawat yang bisa hilang jika sudah diobati, flek hitam dan noda hitam bekas jerawat dapat terlihat di wajah dalam jangka waktu yang lama. Namun Anda tak perlu khawatir karena terdapat beragam ramuan alami yang bisa Anda aplikasikan untuk menghilangkannya. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Bahan-bahannya bisa Anda dapatkan dengan mudah di sekitar Anda:

Ramuan sederhana dan alami penghilang  noda bekas jerawat

Tanpa perlu ke dokter, Anda dapat meracik sendiri ramuan sehat dan alami untuk menghilangkan noda bekas jerawat. 

1. Masker lemon

Lemon merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan kulit. Air perasan lemon mengandung keasaman yang alami. 

Air perasan ini biasa digunakan untuk menghilangkan flek hitam di kulit. Untuk mendapatkan kulit yang cerah alami, Anda bisa minum air perasan lemon setiap hari saat pagi dan sore hari. Manfaat minum air lemon adalah untuk memecah racun dan lemak yang mengendap di dalam tubuh. 

Jika tak ingin minum air perasannya, Anda bisa mengoleskan air perasan lemon pada bagian wajah yang bermasalah sebanyak dua kali sehari. Tunggu hingga 30 menit agar kandungan air meresap ke dalam kulit. Kemudian segera bilas dengan air dingin hingga bersih. 

Saat akan beraktivitas di luar ruangan, pastikan wajah Anda telah bersih dari air lemon agar kulit tidak terbakar karena air lemon dapat meningkatkan sensitivitas kulit.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Air perasan lemon juga bisa digunakan sebagai masker wajah dengan mencampurkan jus tomat. Diamkan masker hingga mengering kurang lebih selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

Manfaat lain dari air lemon adalah untuk meredakan peradangan jerawat dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Caranya dalah dengan mencampurkan air perasan lemon dengan ketimun yang telah ditumbuk kasar. Gunakan adonan sebagai masker wajah, diamkan hingga mengering kemudian bilas hingga bersih.   

2. Masker yogurt dan madu

Bahan lain yang bisa Anda gunakan untuk menyamarkan noda bekas jerawat adalah dengan membuat masker yogurt dan madu. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh yogurt tawar, 1 sendok teh madu, dan 1 hingga 2 sendok teh bubur oatmeal. 

Campur bahan-bahan tersebut kemudian gunakan sebagai masker. Diamkan selama 10-15 menit kemudian bersihkan dengan air hangat. Masker ini dapat dipakai saat malam hari sebelum tidur. Fungsi masker ini untuk melembabkan kulit. Masker ini sangat bagus untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering.

3. Minyak lavender dan mawar

Minyak lavender dan minyak mawar memiliki khasiat untuk menghaluskan luka bekas jerawat dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu minyak mawar mengandung kandungan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, menghaluskan keriput, dan membantu mendorong regenerasi kulit. 

Cara pakai kedua bahan ini adalah dengan mengoleskan minyak pada wajah secara merata dan pijat secara perlahan. Lakukan perawatan ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kesehatan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 2

4. Bawang merah

Tak banyak orang tahu bahwa bawang merah ternyata dapat digunakan sebagai bahan penghilang noda bekas jerawat. Bawang merah memiliki kandungan antibakteri yang dapat membantu mengikis noda hitam dan luka bekas jerawat. 

Anda cukup menghaluskan bawang merah kemudian peras dan ambil sarinya. Usapkan secara merata ke seluruh wajah dan diamkan hingga mengering, lalu bilas hingga bersih.

5. Minyak vitamin E

Penggunaan minyak vitamin E untuk menyembuhkan luka dan menghilangkan flek hitam sangat mudah. Anda cukup mencampurkan minyak vitamin E dan minyak castor, kemudian mengoleskan pada bagian wajah yang memiliki noda hitam dan bekas luka.

6. Air putih

Air merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat termasuk untuk kesehatan kulit. Air dapat membantu membuang racun dan partikel-partikel asing yang masuk ke tubuh. Selain itu, air juga dapat mengangkat sel kulit mati dan mengembalikan elastisitas kulit. Perbanyak asupan minum air putih setiap harinya agar tubuh tercukupi terutama pada pagi hari.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vijaya, K., Nishteswar, K. (2012). Wound healing activity of honey: A pilot study. AYU, 33(3), 374-377 (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3665090/)
Valeron-Almazan, P., Gomez-Duaso, A., Santana-Molina, N., Garcia-Bello, M., Carretero, G. (2015, June). Evolution of post-surgical scars treated with pure rosehip seed oil. Journal of Cosmetics, Dermatological Sciences and Applications, 5(2), 161-67 (http://www.scirp.org/journal/PaperInformation.aspx?paperID=57497)
Oryan, A., Mohammadalipour, A., Moshiri, A., Tabandeh, M. (2014, July 4). Topical application of aloe vera accelerated wound healing, modeling and remodeling: An experimental study with significant clinical value. Annals of Plastic Surgery (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25003428)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app