Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Rahang Kecil - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: SEP 21, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.455.965 orang

Mikrognatisme atau Micrognathia adalah suatu kondisi di mana seorang anak memiliki rahang bawah yang sangat kecil. Seorang anak dengan micrognathia memiliki rahang bawah yang jauh lebih pendek atau lebih kecil dari sisa wajah mereka.

Micrognathia dapat muncul sejak lahir, atau juga dapat terjadi seiring masa pertumbuhan. Kondisi ini paling sering terjadi pada anak-anak yang dilahirkan dengan kondisi genetik tertentu, seperti trisomi 13 dan progeria. Micrognathia juga dapat disebabkan oleh sindrom alkohol janin.

Dalam beberapa kasus, Micrognathia hilang ketika struktur rahang anak berubah seiring bertambahnya usia. Dalam kasus yang parah, micrognathia dapat menyebabkan masalah makan atau bernafas. Kondisi ini juga dapat menyebabkan maloklusi gigi, yang berarti bahwa gigi anak Anda tidak rapi dan sejajar.

Apa Penyebab micrognathia?

Beberapa kasus micrognathia disebabkan oleh kelainan bawaan. Dalam kasus lain, micrognathia adalah hasil dari mutasi genetik yang tidak diturunkan melalui keluarga.

Sindrom Pierre Robin

Sindrom Pierre Robin menyebabkan pertumbuhan rahang bayi yang sangat lambat di dalam rahim, sehingga menyebabkan rahang bawah yang sangat kecil. Sindrom ini juga dapat menyebabkan lidah bayi jatuh ke belakang menutupi tenggorokan, sehingga dapat menghalangi saluran udara dan membuat sulit bernafas.

Trisomi 13 dan 18

Trisomi adalah kelainan genetik yang terjadi ketika bayi memiliki bahan genetik (kromosom) tambahan. Trisomi menyebabkan gangguan mental dan kelainan fisik yang parah. Menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional AS  Sekitar satu dari setiap 16.000 bayi memiliki trisomi 13 Menurut Yayasan Trisomi 18  Sekitar satu dari setiap 6.000 bayi memiliki trisomi 18 dengan pengecualian mereka yang lahir mati. Angka, seperti 13 atau 18, merujuk pada nomor kromosom yang mengalami penambahan yang tidak normal.

Achondrogenesis

Achondrogenesis adalah kelainan bawaan yang langka di mana kelenjar hipofisis anak Anda tidak menghasilkan hormon pertumbuhan yang cukup. Sehingga menyebabkan masalah tulang yang parah, termasuk rahang bawah yang kecil dan dada yang sempit. Kondisi ini juga menyebabkan beberapa tulang tumbuh tidak optimal, seperti pada tulang:

  • kaki
  • lengan
  • leher
  • Tubuh

Progeria

Progeria adalah kondisi genetik yang menyebabkan anak Anda menua lebih cepat dari anak normal. Bayi dengan progeria biasanya tidak menunjukkan tanda-tanda apapun ketika mereka lahir, tetapi mereka mulai menunjukkan tanda-tanda gangguan pada akhir tahun pertama mereka. 

Progeria disebabkan oleh mutasi genetik, tetapi kondisi ini bukan merupakan penyakit keturunan. Selain rahang yang kecil, anak Anda mungkin juga memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat, rambut rontok, dan wajah yang terlihat gepeng.

Sindrom Cri-du-Chat

Sindrom Cri-Du-Chat adalah kondisi genetik langka yang menyebabkan cacat perkembangan dan kelainan bentuk fisik, termasuk rahang yang kecil dan posisi telinga yang rendah. Nama ini berasal dari tangisan bernada tinggi, seperti kucing yang dibuat bayi yang menderita kondisi ini. Sindrom Cri-Du-Chat biasanya bukan penyakit keturunan.

Sindrom Treacher Collins

Sindrom Treacher Collins adalah suatu penyakit keturunan. Kondisi keturunan ini menyebabkan kelainan wajah yang parah. Selain rahang yang kecil, Sindrom ini juga bisa menyebabkan langit-langit mulut sumbing, tulang pipi tidak ada, dan telinga yang cacat.

Kapan saya harus pergi ke dokter?

Segera hubungi dokter anak Anda jika rahang anak Anda terlihat sangat kecil atau jika bayi Anda kesulitan makan. Beberapa kondisi genetik yang menyebabkan rahang bawah kecil adalah kondisi serius dan perlu diagnosis sesegera mungkin agar dapat memulai penanganan.

Beri tahu dokter atau dokter gigi anak Anda jika anak Anda kesulitan mengunyah, menggigit, atau berbicara. Masalah-masalah seperti ini bisa menjadi tanda gigi yang tidak selaras, yang mungkin bisa ditangani oleh ahli bedah ortodontis atau ahli bedah mulut.

Apa Pilihan Perawatan untuk mengatasi Micrognathia?

Rahang bawah anak Anda mungkin tumbuh secara perlahan dengan sendirinya, terutama saat pubertas. Dalam hal ini, micrognathia tidak membutuhkan penanganan khusus.

Secara umum, perawatan untuk micrognathia meliputi metode makan yang dimodifikasi dan peralatan khusus jika anak Anda mengalami kesulitan makan. Dokter Anda dapat membantu Anda menemukan rumah sakit setempat yang menawarkan kelas untuk melatih anak Anda melakukan hal ini. Anak Anda mungkin perlu pembedahan korektif yang dilakukan oleh ahli bedah mulut. 

Dokter bedah akan menambah atau memindahkan potongan tulang untuk memperpanjang rahang bawah anak Anda. Alat korektif, seperti kawat gigi, untuk memperbaiki gigi yang tidak selaras karena rahang yang pendek juga bisa membantu.

Perawatan khusus untuk menangani kondisi yang mendasar pada anak Anda tergantung pada penyebabnya, gejala yang ditimbulkan, dan seberapa parah kondisi tersebut. Metode pengobatan dapat berkisar dari obat-obatan dan pemantauan ketat hingga operasi besar dan perawatan suportif.

Apakah pandangan untuk jangka panjang?

Jika rahang anak Anda tumbuh lebih lama dengan sendirinya, masalah saat makan biasanya berhenti.

Operasi korektif umumnya berhasil, tetapi perlu waktu sembilan hingga 12 bulan untuk membuat rahang anak Anda menjadi normal.

Pada akhirnya, hasil akhir dari micrognathia tergantung pada kondisi yang menyebabkan micrognathia itu sendiri. Bayi dengan kondisi tertentu, seperti achondrogenesis atau trisomi 13, hanya hidup untuk waktu yang singkat. 

Anak-anak dengan kondisi seperti sindrom Pierre Robin atau sindrom Treacher Collins dapat hidup relatif normal dengan atau tanpa pengobatan. Dokter anak Anda dapat memberitahu Anda mengenai prospek jangka panjang berdasarkan kondisi spesifik anak Anda.

Tidak ada cara langsung untuk mencegah micrognathia, dan banyak kondisi mendasar yang menyebabkannya juga tidak dapat dicegah. Jika Anda memiliki kelainan bawaan, konselor genetika dapat memberitahu Anda seberapa besar kemungkinan Anda menurunkannya kepada anak Anda.

Ditinjau secara medis oleh Universitas Illinois-Chicago, Fakultas Kedokteran pada 15 Maret 2016 - Ditulis oleh Amanda Delgado

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit