Poison Ivy: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Poison ivy mengacu pada beberapa anggota genus Toxicodendron radicans atau Rhus radicans. Poison ivy memiliki akar yang berwarna kemerahan dan bercabang. Daunnya agak besar dan memiliki tiga bagian di setiap cabangnya. 

Poison ivy biasanya ditemukan di daerah berkayu, semak belukar, dan tempat lembab. Umumnya ditemukan di seluruh Amerika Utara bagian Timur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Karakteristik lain poison ivy yaitu dari bentuk pertumbuhannya. Poison ivy dapat berupa tanaman rambat yang berupa tunas pendek, tegak, atau tanaman yang merambat di pohon dan berbulu.

Pada kebanyakan orang poison ivy merupakan tanaman berbunga yang beracun yang terkenal dapat menyebabkan dermatitis kontak yang disebabkan oleh urushiol, ruam gatal, iritasi, dan kadang-kadang menimbulkan rasa nyeri. 

Ruam akibat poison ivy umumnya disebabkan oleh urushiol, senyawa cair bening yang berasal dari getah tanaman.

Kebanyakan orang mengingat poison ivy sebagai tanaman yang dapat menyebabkan ruam yang serius dan tahan lama, jika disentuh. Namun daun dari poison ivy biasanya dapat digunakan untuk membuat obat.

Mengenai Poison Ivy

Golongan

Herbal

Kemasan

Daun segar, ekstrak cair

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Kandungan

Toxicodendrol

Manfaat Poison Ivy

Sediaan homeopati Poison ivy umumnya digunakan untuk mengobati rasa nyeri, rheumatoid arthritis, masalah siklus menstruasi, pembengkakan, dan masalah kulit gatal.

Ekstrak cairan yang dibuat dari daun segar, sebagian besar diberikan dalam bentuk larutan, dalam dosis 5 hingga 30 tetes. 

Dalam dosis kecil tersebut poison ivy dapat digunakan sebagai obat penenang yang sangat baik untuk sistem saraf, tetapi harus diberikan dengan hati-hati, karena secara internal dapat menyebabkan iritasi usus lambung, mengantuk, pingsan dan mengigau.

Tidak diketahui bagaimana poison ivy bekerja dalam pengobatan homeopati. Namun tanaman tersebut dapat menyebabkan efek samping yang parah karena dapat mengiritasi kulit dan merangsang sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan reaksi alergi.

Dosis Poison Ivy

Dosis yang tepat dari poison ivy tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk poison ivy. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan penggunaan dosis bisa menjadi sangat penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan poison ivy.

Efek samping Poison Ivy

Poison ivy mungkin tidak aman saat diminum atau disentuh. Bahan kimia dalam poison ivy dapat menyebabkan reaksi alergi dengan gejala yang luas. 

Ketika diminum, poison ivy dapat menyebabkan iritasi parah pada mulut, tenggorokan, dan lapisan lambung dan usus, mual, muntah, sakit perut, diare, pusing, darah dalam urin, demam, dan koma.

Kontak kulit pada poison ivy dapat menyebabkan kulit kemerahan, pembengkakan, lepuh, kerusakan kulit yang parah, pembengkakan mata (kornea), atau kehilangan penglihatan

Untuk mencegah poison ivy menyebabkan iritasi kulit, cuci area yang terkena dengan sabun dan air dalam 5 hingga 10 menit setelah terjadi kontak. Penggunaan alkohol juga bisa digunakan.

Air panas juga tidak boleh digunakan, karena menyebabkan pori-pori seseorang terbuka dan masuknya minyak dari tanaman. Selama reaksi alergi, lotion kalamin atau diphenhydramine dapat membantu mengurangi gejala. 

Obat kortikosteroid, baik dioleskan pada kulit atau diminum, mungkin sesuai untuk kasus-kasus yang ekstrem. Astringent yang mengandung aluminium asetat (seperti larutan Burow) juga dapat meredakan dan meredakan gejala ruam yang tidak nyaman.

Menghirup asap dari tanaman poison ivy yang terbakar dapat menyebabkan demam, infeksi paru-paru, dan kematian karena pembengkakan pada tenggorokan.

Interaksi Poison Ivy dengan obat Lain

Sampai saat ini masih belum ada informasi yang cukup mengenai interaksi poison ivy dengan penggunaan obat-obatan. Namun sebelum menggunakan poison ivy sebaiknya Anda konsultasikan kembali ke dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda gunakan. 

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya reaksi yang tidak diinginkan.

Perhatian

Kehamilan dan menyusui: Poison ivy sangat tidak aman untuk diminum atau disentuh. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil dan menyusui menghindari penggunaan tanaman tersebut.

Sebelum Anda menggunakan poison ivy ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau profesional kesehatan lainnya mengenai manfaat dan efek samping penggunaan dari tanaman tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi dari penggunaannya.


19 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Poison ivy. Nursing. 2014;6:47.
Patient education: Poison ivy. American Academy of Family Physicians. http://www.clinicalkey.com.
Outsmarting poison ivy and other poisonous plants. U.S. Food and Drug Administration. http://www.fda.gov/forconsumers/consumerupdates/ucm049342.htm.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app