Pistachio: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Jan 19, 2020 Waktu baca: 3 menit

Pistachio yang merupakan anggota keluarga jambu mete, adalah pohon kecil yang berasal dari Asia Tengah dan Timur Tengah. Pohon tersebut menghasilkan biji yang banyak dikonsumsi sebagai makanan.

Bukan hanya rasanya yang enak, kacang pistachio juga sangat sehat bagi kesehatan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Dapatkan Obat Alergi Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 11

Secara teknis buah, biji yang dapat dimakan dari pohon Pistacia vera ini mengandung lemak sehat dan merupakan sumber protein, serat, dan antioksidan yang baik.

Kacang tersebut juga mengandung beberapa nutrisi penting dan memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, serta kesehatan jantung dan usus.

Yang menariknya, orang-orang telah mengkonsumsi kacang pistachio sejak 7.000 SM. Saat ini, kacang pistachio sangat populer di berbagai macam hidangan, termasuk es krim dan makanan penutup.

Berikut artikel dibawah ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai kacang pistachio. Selamat membaca.

Mengenai Pistachio

Golongan

Herbal

Kemasan

Kacang-kacangan

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Dapatkan Obat Alergi Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 11

Kandungan

Pistachio merupakan kacang yang sangat bergizi, dengan satu ons (28 gram) porsi sekitar 49 pistachio yang mengandung beberapa kandungan sebagai berikut:

  • Kalori: 156
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 6 gram
  • Lemak: 12 gram (90% adalah lemak sehat)
  • Kalium: 8%
  • Fosfor: 14%
  • Vitamin B6: 24%
  • Thiamin: 16%
  • Tembaga: 18%
  • Mangan: 17%

Manfaat Pistachio

  • Pistachio adalah kacang yang paling kaya antioksidan. Kacang tersebut kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin, keduanya kandungan tersebut dapat meningkatkan kesehatan mata.
  • Pistachio memiliki lebih sedikit kalori dan lebih banyak protein daripada kebanyakan kacang-kacang lainnya. Kandungan asam amino esensial kacang pistachio juga lebih tinggi daripada kacang lainnya.
  • Mengonsumsi kacang pistachio dapat membantu menurunkan berat badan.
  • Studi telah menunjukkan bahwa makan pistachio dapat membantu menurunkan kolesterol darah. Pistachio juga dapat menurunkan tekanan darah lebih dari kacang-kacang lainnya.
  • Kacang pistachio dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Hal tersebut karena pistachio kaya akan L-arginin, yang, ketika dikonversi menjadi oksida nitrat, kandungan tersebut dapat membantu melebarkan pembuluh darah.
  • Pistachio memiliki indeks glikemik rendah, yang dapat mengatur menurunkan kadar gula darah.
  • Selain menjadi camilan yang enak, pistachio dapat digunakan saat memanggang dan memasak, dan menambahkan warna hijau atau ungu ke berbagai hidangan.

Dosis Pistachio

Dosis pistachio yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia, faktor kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis penggunaan pistachio yang tepat.

Efek samping Pistachio

Meskipun kacang pistachio relatif menyehatkan, makan terlalu banyak pistachio juga dapat memiliki efek samping sebagai berikut:

  • Menaikkan berat badan. Kandungan protein dan serat yang tinggi membuat kacang pistachio menjadi camilan yang memuaskan dan nyaman bagi banyak orang. Namun, jika Anda berlebihan saat makan pistachio, maka hal tersebut dapat menambah berat badan Anda.
  • Meningkatkan tekanan darah. Mengonsumsi 1/2 cangkir hingga 1 cangkir kacang pistachio asin dapat meningkatkan asupan natrium dari 263 hingga 526 mg, dan sebagai efek sampingnya dapat meningkatkan tekanan darah Anda .
  • Masalah saluran pencernaan. Kacang pistachio dapat memiliki efek samping pada saluran pencernaan pada beberapa orang yang bereaksi terhadap senyawa yang disebut fructans. Fructans tidak berbahaya, tetapi dapat mengganggu sistem pencernaan, menyebabkan, diare, sembelit, perut kembung dan sakit perut.
  • Pistachio juga dikategorikan sebagai kacang-kacangan dan mengandung asam anakardat yang merupakan senyawa kimia penyebab alergi. Dengan demikian, kemungkinan reaksi alergi tidak dapat dikesampingkan terutama jika Anda alergi terhadap beberapa jenis kacang lainnya.

Interaksi Pistachio dengan obat lain

Sampai saat ini masih tidak ada informasi data yang cukup mengenai interaksi pistachio dengan penggunaan obat-obatan lain.

Perhatian

Mengkonsumsi pistachio masih dianggap aman jika dimakan dalam jumlah yang cukup selama kehamilan dan menyusui. Makan terlalu banyak pistachio selama kehamilan dapat mengakibatkan efek samping tertentu pada beberapa wanita. 

Hal inilah sebabnya mengapa harus dikonsumsi sesuai dengan jumlah yang disarankan.

Pada wanita hamil, terlalu banyak mengkonsumsi pistachio juga dapat menyebabkan relaksasi otot yang dapat menyebabkan kelahiran bayi prematur.

Sebelum Anda mengkonsumsi pistachio ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau profesional kesehatan lainnya mengenai manfaat dan efek samping penggunaan dari kacang tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi dari penggunaannya. 

Konsumsilah dalam jumlah yang cukup dan disarankan.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pistachios and heart health. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/news/heart-and-lungs/pistachios-and-heart-health/)
3 Reasons Why Pistachios Can Boost Your Health. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/3-reasons-why-pistachios-can-boost-your-health/)
Pistachios: Nutrition, Benefits, Risks, & Preparation. WebMD. (https://www.webmd.com/food-recipes/benefits-pistachios#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app