Pilihan Pengobatan Kanker Usus Besar Stadium Lanjut

Dipublish tanggal: Agu 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Pilihan Pengobatan Kanker Usus Besar Stadium Lanjut

Kanker usus besar merupakan kanker ketiga yang paling sering didiagnosis untuk pria dan wanita. Seperti yang Anda ketahui kelangsungan hidup seseorang dengan kanker usus besar tergantung pada seberapa jauh stadiumnya. 

Perlu Anda ketahui, tingkat kelangsungan hidup ntuk kanker usus besar stadium lanjut yang telah menyebar ke tempat yang jauh, seperti hati, otak, atau paru-paru, hanya sekitar 13,8 persen.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Oleh karena itu pada artikel di bawah ini akan membahas lebih lanjut mengenai pengobatan kanker usus besar stadium lanjut. Berikut penjelasannya.

Pilihan pengobatan Kanker Usus Besar Stadium Lanjut

Pengobatan kanker usus besar stadium lanjut terdiri dari kemoterapi, obat-obatan kanker, dan imunoterapi berdasarkan pemeriksaan genom-biomarker kanker. 

Beberapa orang hanya dirawat dengan terapi yang ditargetkan dan dapat menghindari kemoterapi secara bersamaan. 

Orang dengan kanker yang telah bermetastasis ke satu atau dua area juga dapat dirawat dengan operasi atau radiasi ke area tersebut. Pemilihan pengobatan umumnya didasarkan pada:

  • Pemeriksaan biomarker genom
  • Lokasi kanker primer
  • Preferensi pasien

Kemoterapi Fluorouracil (5-FU) telah menjadi pengobatan standar untuk kanker usus besar stadium lanjut dan biasanya diberikan dengan leucovorin (LV), obat yang memiliki struktur dan fungsi yang mirip dengan asam folat vitamin esensial. 

Leucovorin dapat meningkatkan efek antikanker dari fluorouracil dengan membantu obat kemoterapi mengikat dan tetap berada di dalam sel untuk periode waktu yang lebih lama, sehingga menghasilkan efek antikanker yang lebih tahan lama.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Khusus pada kanker stadium 4, umumnya kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, tetapi kondisi tersebut masih dapat diobati. 

Dokter akan memiliki opsi untuk membantu hidup seseorang dengan kanker usus besar lebih lama. Pada beberapa orang, proses penyembuhan merupakan suatu hal yang mungkin terjadi. 

Untuk mendapatkan pengobatan terbaik, temui dokter yang berspesialisasi dalam mengobati kondisi pada stadium tersebut.

Pengobatan kanker yang akan didapatkan tergantung pada di mana lokasi kanker yang telah menyebar. Lokasi metastasis kanker biasanya sering menyebar ke hati. 

Kanker yang bermetastasis juga dapat mencapai paru-paru, lapisan perut, atau kelenjar getah bening di bagian lain dari tubuh. Seseorang dengan kanker usus besar stadium 4 umumnya akan mendapatkan pengobatan yang dapat meliputi:

  • Operasi
  • Kemoterapi
  • Radiasi
  • Ablasi dan cryotherapy
  • Terapi yang ditargetkan
  • Imunoterapi

Harapan untuk Kanker Usus Besar Stadium Lanjut

Ketika dokter memberi tahu bahwa Anda memiliki kanker usus besar yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, Anda secara alami akan memiliki banyak pertanyaan, termasuk apa artinya kondisi tersebut bagi masa depan Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Setiap orang yang mengalami kanker umumnya akan melalui hal yang berbeda-beda. 

Bahkan jika penyakitnya tidak dapat disembuhkan, ada perawatan yang dapat membantu hidup lebih lama dan dengan lebih sedikit rasa sakit sehingga memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Setelah proses pengobatan Kanker Stadium Lanjut

Dokter akan mengobati kanker usus besar dengan melakukan tindakan operasi, kemoterapi, target terapi, radiasi, atau kombinasi dari pengobatan tersebut. 

Jika satu pengobatan tidak berhasil atau berhenti bekerja, Anda mungkin dapat mencoba pengobatan yang lain.

Setelah proses pengobatan selesai, Anda akan memiliki kunjungan tindak lanjut dengan dokter setiap beberapa bulan. Salah satu alasan untuk menemui dokter adalah mengelola segala efek samping pengobatan yang Anda gunakan.

Dokter juga akan melakukan tes untuk memastikan kanker Anda belum kembali. Kanker yang kembali disebut kekambuhan (recurrent). 

Kanker usus besar kemungkinan besar akan kambuh dalam 5 tahun pertama setelah Anda dirawat.

Jika kanker muncul kembali, mengunjungi dokter secara teratur akan membantu menemukan kanker lebih awal, ketika kondisi tersebut lebih awal ditemukan, maka kondisinya akan lebih mudah untuk diobati. 

Tanyakan kepada dokter seperti apa gejala kekambuhan nantinya. Hubungi segera jika Anda melihat gejala-gejala tersebut.

Anda akan mendapatkan hasil terbaik dari pengobatan kanker usus besar jika Anda tetap sehat/ fit selama masa pemulihan. Oleh karena itu Anda dapat melakukan beberapa tips berikut:

  • Makanlah makanan yang seimbang
  • Tetap dengan berat badan yang sehat dan ideal
  • Berolahragalah beberapa kali dalam seminggu
  • Jangan merokok
  • Lakukan semua tes skrining kanker yang direkomendasikan dokter 

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app